7 Manfaat Masker Kunyit untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kunyit merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara yang kemudian tersebar hingga ke benua Eropa. Rempah ini berasal dari keluarga jahe-jahean yang umumnya masyarakat Indonesia menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan dan pewarna makanan. Tetapi bukan hanya berguna sebagai rempah masakan saja, ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai masker kecantikan.

Yap! manfaat kunyit selain sebagai bumbu masakan, juga bisa gunakan kunyit sebagai bahan dasar pembuatan obat, dan ramuan-ramuan kecantikan. Caranya bagaimana? Gampang saja, kunyit bisa digunakan sendiri maupun dipadukan dengan bahan lain atau bisa juga langsung diminum dan tidak jarang digunakan dalam bentuk masker. Untuk menggunakan kunyit dalam bentuk masker, ada beberapa variasi. Semuanya disesuaikan dengan kadar dan kebutuhan kulit anda. Setelah dicoba semua, nanti anda akan merasakan masker kunyit yang mana yang sesuai dengan jenis kulit anda.

Selain kunyit yang telah digunakan sebagai bumbu dan jamu, ternyata ada juga manfaat masker kunyit untuk wajah. sebagai ramuan kecantikan yang alami. Selain kulit bersih, kencang dan lembut, berikut ini manfaat dan kelebihannya !

1. Menghilangkan Jerawat

Kandungan antioksidan pada kunyit ternyata sangat ampuh untuk mengatasi masalah jerawat yang timbul pada kulit wajah anda.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan momok yang sangat menakutkan terutama bagi wanita. Akibat yang ditimbulkan dari penuaan dini adalah timbulnya kerutan-kerutan di wajah, garis halus disekitar mata. Dengan penggunaan masker kunyit secara teratur, ini bisa membantu mengatasi masalah penuaan dini pada kulit wajah anda.

3. Anti Pigmentasi

Gunakanlah masker kunyit untuk mencegah pigmentasi. Kandungan antiseptic dan anti inflamasi bisa diandalkan dalam gunanya mengatasi pigmentasi.

4. Mengangkat sel kulit mati

Jika sel kulit mati terangkat maka efeknya adalah kulit menjadi terlihat  segar dan bersih. Anda dapat melakukannya sendiri dengan membuat scrub di rumah menggunakan bahan dasar kunyit.

5. Menghilangkan Rambut pada wajah

Kunyit juga bisa digunakan untuk scrub wajah, dan ini sangat berkhasiat untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah.

6. Pengobatan untuk kondisi kulit

Kunyit merupakan anti septik alami, ini bisa digunakan untuk pengobatan kondisi kulit seperti poison ivy, eksim dan psoriasi. Kita tahu bahwa Eksim adalah kondisi kulit yang gatal dan menyakitkan, biasanya ditandai dengan bercak merah dan bersisik pada kulit. Kunyit berkhasiat membantu mengurangi gejala kondisi pada kulit semacam itu.

7. Pengobatan Keriput

Kunyit yang dipadukan dengan bahan alami lainnya juga berkhasiat mengurangi garis-garis halus, dan kerutan pada kulit wajah anda.

Cara Membuat Variasi Masker Kunyit

Ini dia beberapa variasi dan cara memanfaatkan kunyit sebagai masker wajah.

1. Masker kunyit dasar

Untuk membuat masker kunyit dasar ini sangat gampang

  • Pertama, campurkan madu, yoghurt atau susu, dengan beberapa sendok makan bubuk kunyit kedalam mangkuk.
  • Kedua, aduk perlahan bahan ini sampai membentuk pasta halus,
  • Ketiga, oleskan secara merata pada kulit wajah dan leher.
  • Biarkan masker ini selama setidaknya 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Masker kunyit untuk perawatan jenis kulit umum

Untuk membuat masker kunyit jenis ini

  • Pertama, 2 sendok makan yoghurt tanpa rasa, ½ sdt bubuk kunyit,  dan 1 sdm minyak mustard yang dicampur sampai menjadi lembut.
  • Kedua, Oleskan sebagai masker ke area wajah dan sekitar leher.
  • Kemudian diamkan sampai mengering, dan bilas dengan air sampai bersih.

Manfaat: masker ini mengandung minyak mustard yang banyak mengandung vitamin dan mineral,  dan juga memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri. Masker kunyit ini tidak dianjurkan untuk anda yang memiliki kulit sensitif.

3. Masker kunyit agar kulit cerah

Untuk membuat masker kunyit ini langkah yang harus dilakukan.

  • Pertama, campurkan 2 sendok teh bubuk cendana, 2 sendok teh bubuk kunyit, ½ cangkir tepung kacang , dan  sedikit minyak almond atau mentega.
  • Kedua, tambahkan sedikit air dan diaduk perlahan sampai berbentuk pasta.
  • Ketiga, Oleskan masker ini pada wajah dan sekitar leher, dan
  • Biarkan sampai kering dan kemudian bilas hingga bersih dengan air.

4. Masker kunyit untuk kulit kering

Untuk membuatnya sangat sederhana

  • Pertama, campurkan 1 sendok teh kunyit, 1 sendok makan susu bubuk.
  • Kedua, tambahkan sedikit air dan diaduk perlahan sampai berbentuk pasta.
  • Ketiga, Oleskan masker ini pada wajah dan sekitar leher, dan
  • Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian cuci dengan air.

5. Masker kunyit untuk Kulit berjerawat

Untuk membuat masker kunyit untuk kulit berjerawat ini langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

  • Pertama, tambahkan 2 sendok makan dadih, ½ sendok teh kunyit, dan ½ sendok teh bubuk cendana ke dalam mangkuk.
  • Kedua, semua bahan yang tercampur diaduk perlahan hingga membentuk pasta halus.
  • Ketiga, Oleskan sebagai masker ke area wajah dan sekitar leher.
  • Kemudian diamkan selama 10-15 menit,  dan cuci bersih dengan air.

khasiatnya, Dadih dianggap sangat baik untuk kulit. sedangkan cendana diketahui bermanfaat bagi kulit, melembutkan, dan membuatnya cerah. Tidak hanya itu, cendana ini juga membantu mengobati jerawat. Akan tetapi pastikan anda menggunakan bubuk cendana murni.

6. Masker kunyit untuk kulit berminyak

Untuk membuat masker kunyit untuk kulit berminyak ini, beberapa langkahnya:

  • Pertama, ¼ sendok teh bubuk kunyit dicampur dengan minyak kelapa
  • Kedua, semua bahan yang tercampur diaduk perlahan hingga membentuk pasta halus.
  • Ketiga, Oleskan sebagai masker ke area wajah dan sekitar leher.
  • Kemudian diamkan selama 10-15 menit,  dan cuci bersih dengan air.

khasiatnya, Minyak kelapa telah lama dikenal bermanfaat bagi kulit. Minyak kelapa adalah salah satu pelembab alami terbaik, yang juga melindungi kulit dari mikroba. Menggunakan minyak kelapa juga akan membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan bintik-bintik lain pada kulit.

Tips Penggunaan Masker Kunyit

Sebelum anda menggunakan kunyit sebagai masker, alangkah baiknya anda baca dulu bebarapa tips ini

  • Anda pasti tau, bahwa selain sebagai penyedap masakan, kunyit juga dikenal dapat mewarnai pakaian, jadi anda harus benar-benar hati-hati saat menggunakannya. Karena warna kuning dari kunyit seringkali juga akan tertinggal di kulit. Namun anda jangan panik dulu, warna kuning yang tertinggal itu dapat dengan mudah diatasi dengan menghapusnya menggunakan beberapa tetes toner wajah ringan dan kapas.
  • Sebelum menerapkan masker wajah, kulit anda harus benar-benar bersih dan segar, serta bebas dari kosmetik, lotion wajah. Oleh karena itu, alangkah baiknya awali dengan mandi air panas atau mandi uap. Gunakan sabun mandi ringan berbentuk gel, atau sabun non-abrasif. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori dengan baik, agar masker lebih meresap efektif.
  • Setelah anda selesai mempersiapkan masker kunyit yang diinginkan, mulailah untuk menggunakannya pada wajah, kemudian berbaring sambil menutup mata anda. Selama menggunakan masker ini, buatlah fikiran anda serileks dan senyaman mungkin.
  • Bersantailah setidaknya selama 20 menit, dimana masker wajah anda sudah cukup untuk kering dan kaku. Sekarang anda sudah bisa membilasnya dengan air hangat.
  • Akhiri ritual kecantikan ini dengan percikan air dingin pada wajah anda dan keringkan. Anda akan merasakan sensai kulit anda yang akan terasa lebih bersih, kencang dan lembut.

Nah, itu dia beberapa variasi dan tips cara menggunakan kunyit sebagai masker kecantikan wajah anda. Bagi yang tertarik dengan perawatan dengan manfaat masker kunyit untuk kecantikan ini, ikuti berapa tips menggunakan masker kunyit dan anda bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 07:49 Oleh :
Kategori : kecantikan