10 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Indonesia merupakan salah satu negara dimana banyak ditemukan berbagai jenis tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal yang cukup terkenal keberadaannya adalah temulawak. Temulawak merupakan sejenis rimpang tanaman yang berbentuk hampir sama seperti rimpang lainnya seperti jahe, laos, kunyit dan lainnya. temulawak ini sudah banyak dikenal dijadikan sebagai jamu. Jamu temulawak ini sudah banyak manfaatnya bagi kesehatan dan sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat herbal.

Jamu temulawak ini rasanya enak dan tidak pahit, jadi bagi anda yang tidak suka dengan jamu pasti akan suka dengan rasa dari jamu temulawak ini. sudah banyak berbagai jenis penyakit yang mampu diredakan oleh jamu yang terbuat dari temulawak dan bisa anda dapatkan manfaatnya ya dengan mengonsumsi jamu temulawak tersebut.

artikel terkait manfaat jamu:

Manfaat yang terkenal dari jamu temulawak ini adalah untuk meningkatkan nafsu makan karena mengandung zat curcumin di dalamnya. biasanya jamu temulawak diberikan kepada anak-anak yang susah makan dan sedang sakit supaya nafsu makannya bertambah. Penambah nafsu makan ini juga biasanya diberikan kepada orang dewasa yang sedang dalam program penambahan berat badan dan mereka yang sedang sakit supaya cepat pulih kembali dan bisa melakukan berbagai aktivitas.

Kandungan nutrisi temulawak

Ada cukup banyak kandungan nutrisi di dalam temulawak diantaranya adalah kurkumionid, minyak lemak dan minyak astiri. Kandungan utama dan paling banyak di dalam temulawak adalah tepung dimana meliputi 48 hingga 54 persen di dalam temulawak. Kadar tepung dari temulawak ini sendiri akan tergantung dari ketinggian tempat penanamannya. Semakin rendah ketinggian tempat penanaman semakin sedikit pula jumlah tepung yang ada di dalam temulawak dan sebaliknya.

Selain tepung kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam temulawak adalah karbohidrat, lemak, mineral, protein, kalium, natrium, zat besi, magnesium, cadmium dan magnesium. Komponen utama dari temulawak ini adalah zat kurkumin atau zat kuning yang sangat khas ada di dalam temulawak serta kandungan minyak astiri yang sangat baik. adanya kandungan minyak astiri serta kurkumin inilah yang diduga menjadi rahasia dari khasiat yang dihasilkan oleh temulawak.

artikel terkait: manfaat jamu kunyit asammanfaat KJP kapsul jamu pelangsingmanfaat jamu pahitan

Manfaat jamu temulawak

Jamu yang terbuat dari akar atau rimpang temulawak ini sangat berkhasiat menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Pengobatan herbal memang saat ini menjadi perhatian banyak orang karena sudah terbukti lebih aman, sehat dan ampuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah manfaat jamu temulawak untuk kesehatan yang penting untuk anda ketahui.

  1. Menjaga kesehatan hati

Di dalam temulawak terdapat kandungan zat yang bernama katatoga. Katatoga ini sangat baik untuk kesehatan hati dan membantu memperbaiki sel hati yang rusak. Fungsi hati harus tetap dijaga karena jika tidak maka bisa menjadikan gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius lagi. Fungsi lain dari katatoga ini adalah sebagai bahan untuk memproduksi empedu serta mampu mengosongkan empedu jadi selain organ hati, organ empedu juga akan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat jamu kunyitmanfaat jamu

  1. Mengurangi radang sendi

Bagi anda yang sedang mengalami permasalahan pada radang sendi juga bisa diredakan dengan menggunakan jamu temulawak ini. di dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin dimana dapat membantu mengurangi radang sendi. Jangan lupa untuk mengonsumsi jamu temulawak secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan anda.

artikel terkait: manfaat akar terataimanfaat akar pepaya

  1. Menurunkan lemak darah

Darah yang mengandung lemak terlalu tinggi sudah pasti tidak baik dan sama halnya dengan adanya kolesterol dalam darah. dalam temulawak terdapat kandungan kurkuminoid dimana mampu menetralkan kadar lemak dalam darah. konsumsilah jamu temulawak ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi kesehatan anda. Kolesterol dalam darah juga bisa berkurang dengan mengonsumsi jamu temulawak ini secara rutin.

artikel terkait: manfaat rebusan daun kemangimanfaat air jahe

  1. Mengatasi penyakit maag

Bagi anda yang mengalami gangguan pada lambung dan asam lambung atau penyakit maag, ternyata juga bisa disembuhkan dengan menggunakan jamu temulawak ini lho. Meskipun pada umumnya tidak banyak orang yang mengetahui khasiat ini namun manfaatnya untuk mengatasi penyakit maag sudah cukup ampuh dan banyak orang yang sudah membuktikannya. Anda bisa mengonsumsi jamu temulawak jika perut terasa nyeri karena maag anda kambuh.

artikel terkait: manfaat asam jawa untuk dietmanfaat restevarol

  1. Melancarkan pencernaan

Jika anda saat ini juga sedang mengalami berbagai macam masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, perut kembung atau bahkan diare juga bisa menggunakan jamu temulawak sebagai obatnya. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengonsumsi jamu temulawak saja secara rutin setiap hari sampai masalah pencernaan anda menghilang.

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk hipertensimanfaat biji rambutan

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat lainnya yang ada di dalam jamu temulawak ini adalah mampu menyehatkan jantung. Khasiat ini tidak serta merta akan langsung muncul manfaatnya dan harus dilakukan secara terus-menerus dan kemudian anda akan mendapatkan jantung anda menjadi lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jamu temulawak secara rutin.

artikel terkait: manfaat salep benoson Mmanfaat super tetra

  1. Mengatasi gangguan ginjal

Organ ginjal merupakan salah satu jenis organ yang sangat penting keberadaannya bagi tubuh. fungsi utama ginjal dalam tubuh ini adalah sebagai penyaring berbagai racun dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh baik melalui makanan maupun hal lainnya. oleh karena itu kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga supaya tidak muncul berbagai gangguan. Dengan mengonsumsi jamu temulawak secara rutin dapat membuat ginjal menjadi lebih sehat dan otomatis tubuh juga akan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat green teamanfaat lemak nabati

  1. Mengatasi kanker

Di dalam kandungan temulawak juga ada zat yang bisa menghentikan peredaran darah kotor dimana darah ini bisa memicu pertumbuhan sel yang tidak normal dan berubah menjadi kanker. Manfaat yang cukup terkenal dari jamu temulawak ini adalah mampu mengatasi penyakit kanker prostat. Oleh karena itu bagi anda pria jangan sungkan untuk mengonsumsi jamu temulawak ya supaya kesehatan reproduksi anda menjadi lebih sehat.

 artikel terkait: manfaat cuka apel madu manfaat kina

  1. Meringankan osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan peradangan pada sendi. Radang sendi ini sendiri gejalanya akan hampir sama dengan penyakit asam urat atau rematik serta encok pada umumnya. Di india, penggunaan temulawak untuk mengatasi peradangan pada sendi ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Oleh karena itu jika anda merasa lelah dan badan terasa pegal serta linu jangan sungkan untuk mengonsumsi jamu temulawak ya.

artikel terkait: manfaat kacang hijau untuk dietmanfaat vitamin C untuk kulit

  1. Mengobati sakit limfa

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari temulawak ini adalah mampu mengobati penyakit limfa. Organ limfa ini juga sangat penting bagi tubuh dan harus tetap dijaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi jamu temulawak secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat gurahmanfaat kiranti untuk mencegah kehamilan

Ternyata manfaat dari jamu temulawak ini sangat banyak ya, dan bisa anda dapatkan manfaatnya secara maksimal dengan cara mengonsumsi jamu temulawak secara rutin.

Cara Membuat Jamu Temulawak

Banyaknya khasiat yang ada di dalam jamu temulawak mungkin membuat anda menjadi ingin membuat jamu temulawak sendiri. Sebenarnya saat ini jamu temulawak juga sudah banyak dijual dipasaran namun tidak ada salahnya juga jika anda ingin membuatnya sendiri supaya lebih yakin pada nutrisi dari temulawak. Cara membuat jamu temulawak ini tidaklah sulit dan bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Bahan:

  • Temulawak 100 gram
  • Asam jawa 40 gram
  • 200 ml air putih matang
  • 4 lembar daun pandan
  • 200 gram gula aren
  • 20 gram jinten
  • 2 liter air
  • 50 gram kencur

Cara membuat:

  • Pertama anda hanya perlu mengiris temulawak dan kencur tipis-tipis supaya mudah disaring sarinya
  • Setelah itu sangrailah kencur dan temulawak yang sudah diiris tipis sampai matang dan menghasilkan harum yang kuat
  • Kemudian haluskan temulawak dan kencur yang sudah disangrai bersama dengan asam dan jinten dengan air matang yang sudah disiapkan. Cukup haluskan menggunakan blender supaya lebih mudah
  • Di sisi lain rebuslah gula aren dan daun pandan dengan air yang sudah disialan sampai mendidih
  • Setelah itu masukan adonan yang tadi sudah dihaluskan menggunakan blender. Aduk sampai rata dan terus diaduk selagi masih dimasak
  • Setelah matang, dinginkan sebentar sampai hangat dan kemudian saring hingga terpisah dengan ampasnya.
  • Minumlah selagi hangat supaya lebih enak di badan atau anda juga bisa menambahkan es menjadi es jamu temulawak yang rasanya juga tak kalah enak dan pastinya menyegarkan

Resep jamu temulawak di atas juga merupakan resep supaya membuat jamu temulawak tidak terasa pahit sehingga anda bisa mengonsumsinya lebih enak tanpa rasa pahit. Simpan sebagai persediaan dan bisa menjadi hidangan minuman khas dari keluarga anda untuk para kerabat dan tamu.

artikel terkait: manfaat lemon untuk livermanfaat afiafit

Demikan ulasan mengenai manfaat jamu temulawak dan bagaimana cara membuatnya dengan mudah. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya yang membaca dan sampai jumpa pada ertikel selanjutnya. terima kasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal