6 Manfaat Gelombang Mikro Dalam Kehidupan

Sebelum kita membahas berbagai manfaat gelombang mikro, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari gelombang mikro itu sendiri. Gelombang mikro (micro wave ) merupakan salah satu jenis gelombang elektromagnetik yang memiliki efek pemanasan jika diserap oleh suatu benda. Gelombang ini memiliki panjang gelombang antara 1 mm – 1 meter. Dengan memasukkan nilai c = 3×108(cepat rambat gelombang elektromagnetik di dalam ruang hampa) kedalam persamaan kecepatan akan didapatkan frekuensi sebesar300 GHz – 300 MHz. Adapun energi foton yang dimiliki oleh gelombang ini sebesar 1,24 meV – 1,24 µeV.

Panjang gelombang yang dimiliki oleh gelombang mikro berada dibawah gelombang radio dan diatasnya gelombang ultraviolet, sebaliknya frekuensinya berada diatasnya gelombang radio dan dibawahnya gelombang ultraviolet. Hal ini menandakan bahwa gelombang panjang gelombang dan frekuensinya berbanding terbalik.

Baca juga:

Sebuah benda yang diberi pancaran gelombang elektromagnetik berupa gelombang mikro akan memiliki efek pemanasan. Efek pemanasan yang dimiliki oleh gelombang mrikro lebih merata dibandingkan pemanasan dengan api, haldikarenakan tranfer panas tidak dilakukan dari luar tetapi dibangkitkan dari dalam bahan tersebut. Pemanasannya bersifat selektif sehingga tergantung dari bahan dielektrik yang digunakan. Hal ini memungkinkan penggunaan energi lebih hemat dan efisien. Berbagai kelebihanefek pemanasan yang ditimbulkan olehgelombang mikro membuat gelombang ini dimanfaatkan untuk food processing, kesehatan,maupun dalam bidang industri.

Baca juga:

1. Food Processing

Pada food processing gelombang ini dimanfaatkan untuk membuat peralatan dapur seperti microwave oven. Alat ini diperkenalkan pertama kali kepada masyarat di awal tahun 1947 oleh Spencer. Ada sejarah unik sebelum Spencer membuat alat dapur yang masih kita gunakan sampai sekarang, walaupun pada masa itu ukurannya relatif lebih besar dari alat yang kita gunakan saat ini. Pada tahun 1945 Spencer meneliti kemampuan gelombang radar pada lembaga pertahanan Raytheon.

Ketika ia berdiri di dekat sebuah magnetron yang hidup, tiba-tiba coklat yang ada di sakunya meleleh. Spencer curiga lelehnya coklat yang ia miliki diakibatkan oleh gelombang elektromagnetik yang dipancarkan magnetron tersebut. Akhirnya ia melakukan penelitian dan membuat alat yang dikenal dengan microwave oven karena pemanasannya memanfaatkan gelombang mikro. Jadi penemuan ini diawali dari faktor ketidaksengajaan.

Baca juga:

2. Bidang Kesehatan

Pada bidang kesehatan gelombang mikro dimanfaatkan untuk mengobati pasien penderita kanker atau tumor yang dikenal dengan hyperthermia. Prinsipnya mirip dengan oven, gelombang mikro dipancarkan pada pasien tepat pada daerah yang mengidap kanker atau tumor. Lokasi tepatnya dapat ditentukan dengan pasti dengan menggunakan gelombang ini, prinsipnya mirip dengan radar.


Tumor menyerap gelombang mikro dan terjadi efek pemanasan sehingga terjadilah ektasi atom. Proses ini akan menghancurkan sel kanker atau tumor yang dimiliki oleh pasien tanpa merusak jaringan lain yang sehat. Karena tidak memerlukan pembedahan, gelombang mikro dapat menjadi alternatif penyembukan kanker atau tumor tanpa operasi.

Baca juga:

3. Bidang Industri

Di bidang industri, gelombang mikro dimanfaatkan untuk memanaskan material. Pada industri makanan, gelombang ini digunakan untuk mematangkan makanan misalnya biskuit. Sehingga biskuit yang dihasilkan matang sempurna dengan tingkat kemungkinan hangus yang rendah karena pemanasan terjadi secara merata. Pada industri mobil, gelombang mikro dimanfaatkan untuk pemanasan body mobil. Hal ini dikarenakan gelombang mikro lebih hemat energi dibandingkan penggunaan sistem autoklaf yang konvensional.

Pemanasan pada sistem autoklaf lebih lama sehingga boros energi, dimana ruang pemanasan (chamber) harus dipanaskan terlebih dahulu. Berbeda dengan penggunaan gelombang mikro yang fokus pada bendanya saja.

Baca juga:

4. Bidang Telekomunikasi

Pada mulanya, gelombang mikro merupakan salah satu jenis gelombang radio. Hanya saja, gelombang ini beroperasi pada daerah berfrekuensi tinggi.Jika anda mengenal wifi atau bluetooth maka anda sudah tidak asing lagi penggunaan gelombang mikro dalam bidang telekomunikasi.Keduanya memanfaatkan gelombang mikro sebagai media transmisi data. Berbeda dengan oven dan pembuatan bodymobil karena efek pemanasan yang ditimbulkan oleh gelombang mikro, untuk telekomunikasi gelombang tersebut dimanfaatkan karena kelebihannya yang lain.

Adapun diantaranya adalah kemampuannya membawa jumlah data dalam jumlah yang besar, karena frekuensinya yang tinggi maka panjang gelombangnya pendek sehingga hanya butuh antena yang kecil dan perambatannya relatif cepat, akuisisi antar menara satu dengan yang lain tidak terlalu dibutuhkan, dan biayanya murah karena untuk pembuatan menara hanya membutuhkan lahan yang relatif sempit. Walaupun demikian transmisi data dengan gelombang mikro rentan terhadap cuaca. Inilah mengapa saat hujan sinyal ponsel atau wifi memburuk, sebaliknya jika cuaca cerah sinyalnya bagus.

Selain cuaca, transmisi dengan gelombang mikro juga dipengaruhi oleh kondisi wilayah seperti adanya gedung atau gunung yang menghalangi pengiriman data. Adanya pesawat terbang yang melintasjuga mengganggu komunikasi dengan gelombang mikro.

Baca juga:

5. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Radar sering digunakan pada pesawat tempur untuk mendeteksi musuh yang datang. Radar (Radio Detection and Ranging) merupakan suatu sistem yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mendeteksi suatu objek, mengukur jarak antara pemancar gelombang dengan objek, membuat map benda seperti kendaraan bermotor, pesawat dan cuaca.

Penggunaan gelombang mikro untuk mendeteksi suatu objek diperkenalkan pertama kali di tahun 1904 oleh Cristian Hulsmeyer. Ia mampu membuktikan bahwa gelomobang mikro mampu mendeteksi kehadiran suatu kapal di cuaca berkabut tebal. Namun, pada saat itu masih belum bisa mengukur jarak kapal yang datang. Baru pada tahun 1941dikenalkan secara resmi istilah radar yang pada mulanya diberi nama RDF (Radio Detection Finding).

Baca juga:

6. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, gelombang ini dapat dijadikan sebagai subjek peneletian, maupun menjadi media yang membantu penelitian. Sebagai subjek penelitian, gelombang mikro masih dapat dikembangkan lagi penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai media penelitian, gelombang mikro dapat membantu sebagai media transmisi data.Bagi yang melakukan penelitian di bidang kimia atau material, gelombang ini mampu menganalisa struktur atomik dan molekul suatu bahan.

Baca juga:

Nah, sudah jelas kan manfaat gelombang mikro dalam kehidupan kita? Walaupun kita tidak menyadari ada gelombang mikro di sekitar kita, ternyata banyak sekali manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Selain manfaatnya yang besar, terlalu sering terpampang oleh gelombang ini tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, gelombang mikro bisa saja digunakan oleh orang yang berniatuntuk melakukan kejahatan. Jadi, selalu bijaklah dalam menggunakannya. Semoga brmanfaat!

Baca juga:

, , ,
Post Date: Wednesday 07th, June 2017 / 11:37 Oleh :
Kategori : Teknologi