Sponsors Link

7 Manfaat Sayur Alur Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Sayur alur ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tergolong dalam jenis rerumputan atau paku-pakuan yang dapat tumbuh dengan mudah di daerah pesisir pantai. Oleh penduduk sekitar tanaman alur ini seringkali digunakan untuk konsumsi sebagai lalapan atau sayuran. Meski begitu rupanya sayur alur juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, manfaat-manfaat tersebut antara lain adalah:

  1. Kaya akan nutrisi dan rendah lemak

Sayuran memang dikenal sebagai makanan yang rendah lemak namun mengandung banyak sekali nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap bugar dan sehat. Sayur alur termasuk dalam daun atau tumbuhan untuk konsumsi yang kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral namun rendah akan kandungan lemak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita setiap hari.

Baca juga: Manfaat Serat – Manfaat Vitamin C

  1. Antioksidan alami

Ternyata bukan hanya buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan loh. Sayuran pun sama halnya demikian. Antioksidan ini memang sangat dikenal di bidang kesehatan sebagai zat luar biasa yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul beracun yang dapat merusak bio molekul pada sel. Antioksidan juga dikenal karena kemampuannya melawan sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Baca juga:

  1. Kecantikan alami

Cantik alami adalah kecantikan yang dihasilkan oleh tubuh yang sehat. Apabila tubuh mendapatkan asupan nutrisi seperti vitamin, serat, dan mineral yang cukup tentu dapat terlihat dan terpancar dari tampilan fisik seseorang. Misalnya kulit yang sehat dan lembab, wajah yang cerah, rambut yang berkilau, dan lainnya.

Baca juga:

  1. Lancarkan pencernaan

Siapa yang tidak tahu kemampuan dari kandungan serat pada sayuran. Serat pada sayur alur juga dapat melancarkan pencernaan kita dan membuatnya lebih sehat. Kita juga dapat mengurangi resiko terkena gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan mengoptimalkan penyerapan gizi dari makanan oleh tubuh.

Baca juga:

  1. Baik untuk metabolisme

Metabolisme merupakan suatu proses kimiawi dimana zat yang masuk ke dalam tubuh dapat berubah menjadi energi sehingga kita dapat memiliki tenaga untuk menjalani aktifitas sehari-hari tanpa ada kendala berarti. Metabolime yang baik tentunya sangat penting apalagi bagi mereka yang memiliki rutinitas padat dan memerlukan banyak sekali energi. Sayur alur termasuk salah satu sayuran yang mampu berperan dalam membantu proses metabolisme tersebut.

Baca juga:

sponsored links

  1. Hindari kegemukan dan menjaga berat badan ideal

Dengan porsi konsumsi sayuran yang cukup tubuh dapat membakar energi dan mencerna makanan dengan lebih baik. Akibatnya resiko kegemukan pun dapat dihindari namun bukan berarti tubuh menjadi kekurangan berat badan. Kalori yang terdapat pada sayur alur ini termasuk rendah namun tinggi nutrisi sehingga apabila digabungkan dengan porsi karbohidrat yang tepat tentu saja dapat membantu kita mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Baca juga:

  1. Bantu jaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat yang terakhir ini bisa dikaitkan erat dengan kandungan antioksidan yang memang dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu apabila kita simak dengan baik kandungan serat, vitamin, dan mineral pada sayur alur ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga kondisi yang optimal.

Baca juga:

Itulah manfaat dari sayur alur yang biasaya dikonsumsi penduduk pesisir pantai. Bagi penduduk luar pantai mungkin agak sulit untuk mendapatkan tanaman yang satu ini namun bukannya tidak mungkin apalagi dengan adanya teknologi dan transportasi saat ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 26th, December 2016 / 04:32 Oleh :
Kategori : Sayuran