Manfaat Telur Omega Untuk Anak Hingga Orang Dewasa

Jika hanya dilihat sekilas, penampilan dari telur omega dengan telur lainnya tampak serupa. Akan tetapi dari nilai nutrisinya tentu saja sangat berbeda jauh. Kandungan dalam telur omge sudah diperkaya dengan omega 3 tersebut juga memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa. Omega tersebut juga banyak ditemukan dalam beberapa jenis ikan berlemak seperti salmon, tuna dan juga halibut. Selain itu, omega juga bisa ditemukan pada pada minyak bunga matahari yang tentu bisa memberikan banyak kegunaan bagi tubuh. Agar lebih jelas tentang manfaat telur omega, berikut akan kami berikan ulasan selengkapnya bagi anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

DHA yakni sejenis omega yang ada dalam telur omega merupakan komponen struktural yang sangat penting bagi otak dan retina mata. Mengkonsumsi telur omega tersebut nantinya bisa menurunkan risiko degenerasi makula yakni salah satu penyebab utama dari kerusakan mata permanen dan kebutaan yang serupa dengan manfaat vitamin A selain banyak juga manfaat telur untuk anemia.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Seperti yang kita ketahui jika serangan jantung dan stroke menjadi penyebab utama kematian di dunia. Dalam beberapa penelitian dibuktikan jika asam lemak omega yang terkandung dalam telur memiliki banyak manfaat untuk jantung. Telur omega bisa menurunkan trigliserida, tekanan darah, kolesterol jahat, pembekuan darah dan juga peradangan sehingga sangat disarankan dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Depresi menjadi salah satu gangguan mental paling umum yang  terjadi di seluruh dunia meliputi lesu, kehilangan minat dalam hidup dan juga selalu merasa sedih. Dalam penelitian dibuktikan jika seseorang yang banyak mengkonsumsi telur omega dengan teratur bisa mengalami penurunan depresi tersebut.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak Selama Kehamilan

Omega yang terkandung dalam telur juga sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Untuk itu sangat disarankan agar selama masa kehamilan, para ibu secara rutin mengkonsumsi telur omega untuk mendukung pertumbuhan otak bayi sejak dalam kandungan. Tidak hanya itu, namun ada begitu banyak manfaat telur omega yang dikonsumsi selama kehamilan seperti meningkatkan komunikasi dan keterampilan lebih baik, meningkatkan intelejen anak, menurunkan risiko hambatan perkembangan, menurunkan risiko ADHD, autisme dan juga cerebral palsy.

  1. Mengurangi Gejala Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik merupakan kumpulan dari kondisi seperti obesitas sentral atau lemak pada perut, tekanan darah tinggi, resistensi insulin dan masih banyak lagi. Masalah ini menjadi gangguan yang banyak dialami yang kemudian bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes dan jantung. Telur omega yang dikonsumsi dengan teratur terbukti bisa mengurangi resistensi insulin dan peradangan serta menurunkan faktor risiko penyakit jantung pada penderita sindrom metabolik tersebut.

  1. Mengatasi Peradangan

Selain banyak manfaat makan telur rebus untuk diet khususnya yang mengandung omega, telur omega juga baik dikonsumsi untuk mengatasi peradangan sekaligus memperbaiki kerusakan yang terjadi di dalam tubuh. Terkadang, peradangan di dalam tubuh bisa berlangsung lama bahkan tanpa diikuti dengan infeksi atau cedera yang disebut dengan peradangan kronis atau jangka panjang. Telur omega nantinya bisa mengurangi produksi molekul dan zat yang berhubungan dengan peradangan seperti eicosanoid inflamasi dan juga sitokin. Dengan mengkonsumsi telur omega tersebut, maka peradangan bisa dikurangi sekaligus mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mengatasi Penyakit Autoimun

Untuk penderita penyakit autoimun, maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan kesalahan yang menyerang sel sehat yang dianggap tubuh sebagai sel asing yang harus dimusnahkan. Diabetes tipe 1 menjadi contoh penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel yang memproduksi insulin pada pankreas. Mengkonsumsi telur omega ini sangat membantu untuk melawan beberapa penyakit tersebut termasuk juga untuk penyakit multiple sclerosis.

  1. Pencegahan Sel Kanker

Telur omega tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi namun ternyata juga bisa dijadikan solusi kanker alami. Dari penelitian dibuktikan jika seseorang yang mengkonsumsi makanan tinggi akan omega seperti telur, maka bisa menurunkan risiko kanker usus besar hingga mencapai 55%. Selain itu, mengkonsumsi telur ini juga bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan