20 Manfaat Batang Gaharu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pernahkah Anda mendengar pohon gaharu? Mungkin hanya sedikit dari masyarakat yang pernah melihat atau bahkan mendengar tentang tanaman yang satu ini. Pohon jati atau cendana mungkin terdengar lebih familiar karena banyak digunakan sebagai bahan bangunan atau furniture. Akan tetapi, meskipun tidak memiliki batang yang kokoh seperti batang jati, tapi batang gaharu tidak kalah populer untuk digunakan.

Baca juga : Manfaat Daun Gaharu

Namun rupa-rupanya tanaman gaharu merupakan salah satu kekayaan alam Indonesia yang memiliki begitu banyak maanfaat. Selain itu gaharu juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi dipasaran. Sayangnya, batang gaharu masih diperjual belikan dalam bentuk bongkahan atau bahan mentah. Padahal jika diolah menjadi barang jadi seperti parfum atau ekstrak ramuan herbal, nilai jualnya dapat melambung lebih tinggi karena gaharu juga populer di daerah Timur Tengah seperti Saudi Arabia, Yaman, hingga ke Asia seperti Cina, Korea, dan Jepang.

Manfaat Batang Gaharu Untuk Kosmetik

Pada tanaman gaharu terdapat kandungan resin atau yang lebih dikenal dengan damar wangi. Damar wangi inilah yang bisa mengeluarkan aroma wewangian yang khas dan sangat populer digunakan di dunia perindustrian parfum.

  1. Pembuatan kosmetik aromaterapi
  2. Membuat sabun dan shampo kecantikan
  3. Pembuatan parfum

Manfaat Batang Gaharu Untuk Kesehatan

  1. Menyehatkan ginjal

Di beberapa negara seperti Cina, Jepang, Korea, bahkan Amerika, gaharu digunakan sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal.

Baca juga:

  1. Mengobati sakit perut

Manfaat lainnya batang gaharu adalah dapat digunakan sebagai obat sembelit, kembung karena masuk angin, dan mencret.

  1. Mencegah hipertensi

Manfaat gaharu lainnya adalah melancarkan sirkulasi darah sehingga resiko terjadinya tekanan darah tinggi berkurang.

Baca juga:

  1. Mencegah penuaan dini

Hasil dari limbah proses destilasi batang gaharu rupanya dapat menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri ini sangat dikenal bermanfaat bagi perawatan kulit dan wajah.

Baca juga: Manfaat Olahraga Untuk Awet Muda

  1. Mencegah tumor dan kanker

Di negara-negara benua Eropa dan India rupanya gaharu sudah bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk penyakit tumor dan kanker.

Baca juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Tumor

  1. Meringankan sakit kepala

Gaharu diyakini dapat meringankan sakit kepala seperti nyeri, pusing, atau pening.

  1. Mengobati sesak nafas

Menurut suatu penelitian, gaharu dapat digunakan sebagai obat anti asmatik dan membantu melancarkan sistem pernafasan Anda.

Baca juga: Manfaat Semut Jepang Untuk Asma – Manfaat Daun Sirsak Untuk Asma

  1. Menyembuhkan insomnia

Aroma yang dihasilkan gaharu dapat membantu Anda tertidur dengan nyenyak di malah hari sehingga tubuh terasa bugar di pagi harinya.

Baca juga: Manfaat Susu Kunyit – Manfaat Mandi Air Panas

  1. Meningkatkan imunitas

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh adalah tembok yang membentengi antara virus dengan kesehatan tubuh. Jika seseorang memiliki imunitas yang baik, maka tentunya tubuh akan lebih kuat terhadap serangan  virus atau bakteri penyebab berbagai gangguan kesehatan.

  1. Mengontrol gula darah

Manfaat batang gaharu yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit diabetes.

Baca juga: Manfaat Bengkoang Untuk Diabetes – Manfaat Buncis Untuk Diabetes

  1. Merawat sistem limfa

Selain mengobati pembengkakkan limfa, gaharu juga dapat membantu merawat sistem limfa sehingga dapat bekerja dengan baik.

  1. Menguatkan fungsi jantung

Manfaat gaharu sebelumnya seperti mengontrol jumlah kolesterol dan tekanan darah sangat berkaitan dengan fungsi jantung. Karena jantung yang sehat adalah bekal hidup yang bahagia.

Baca juga:

  1. Membantu mengobati penyakit hati

Batang gaharu sangat berguna untuk mengobati penyakit hati seperti liver dan pembengkakkan liver dan limfa.

Baca juga: Manfaat Lemon untuk Liver

  1. Mengurangi stress

Aroma gaharu juga bisa dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk penderita stress. Aromanya yang khas dapat membantu tubuh terasa lebih ringan dan rileks.

  1. Anti-toxin

Batang gaharu dipercaya dapat mengeluarkan racun dan toksin yang masuk ke dalam tubuh sehingga membantu kerja hati dan ginjal.

  1. Mengobati asam urat dan stroke

Salah satu manfaat batang gaharu  adalah memperlancar sirkulasi darah. Hal tersebut terkait erat dengan penyakit asam urat dan stroke yang diakibatkan penyumbatan pada aliran darah. Dengan melancarkan sistem peredaran darah kita juga dapat terhindar dari penyakit asam urat dan stroke.

Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Asam Urat – Manfaat Pisang Untuk Asam Urat

  1. Mengontrol kolesterol

Batang gaharu diyakini dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang berlebih tentunya dapat mendatangkan berbagai macam penyakit pada tubuh salah satunya penyakit jantung.

Baca juga: – Manfaat Buncis Untuk Kolesterol – Manfaat Daun Pepaya Untuk Kolesterol

Manfaat Batang Gaharu Lainnya

  1. Digunakan dalam ritual keagamaan baik dalam agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, maupun Kongfucu. Pada agama Islam gaharu diyakini dapat digunakan sebagai penangkal ilmu sihir dan ilmu hitam akibat perbuatan setan. Sementara pada agama Budha gaharu biasa digunakan sebagai dupa saat berdoa.
  2. Digunakan untuk membuat aksesoris yang memiliki aroma terapi seperti tasbih, gelang, kalung, dan lainnya.

Setelah membaca begitu banyak manfaat batang gaharu, alangkah baiknya kita mulai melestarikan dan memanfaatkan tanaman ini dengan baik. Pohon gaharu biasanya banyak ditemukan di daerah yang panas seperti Kalimantan dan Papua. Meskipun lebih populer digunakan karena aromanya, belakangan penelitian membuktikan kegunaan gaharu dari mulai batang hingga daun untuk kesehatan secara klinis. Oleh karena itu marilah secara cerdas mengelola kekayaan alam yang ada di negeri kita ini sehingga kita tidak lagi tertipu oleh para investor asing yang ingin mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia.

, , ,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 03:43 Oleh :
Kategori : Tumbuhan