Sponsors Link

16 Manfaat Nasi Liwet dan Nutrisinya

Sponsors Link

Nasi liwet adalah sebuah jenis liwet khas dari kota solo,nasi liwet ini merupakan salah saju jenis nasi yang bercita rasa gurih karena terdapat campuran dari air kelapa dimana nasi tersebut dicampur dengan bahan-bahan lain seperti daun salam,sereh,sedikit lauk pauk juga sayuran. Nasi liwet merupakan jenis makanan yang dimasak dengan panci diatas api yang diperoleh dari kayu bakar dan tanpa dikukus. Alasan memasak menggunakan panci alah agar nasi yang berada didasar panci akan mengeras dan akhirnya akan berubah menjadi intip. (Baca juga: Manfaat Rice Cooker , Manfaat Mempelajari Bisnis Internasional)

ads

Ada kalanya kita bisa sulit membedakan antara nasi liwet dengan nasi uduk karena kedua jenis makanan ini sama-sama memiliki sebuah cita rasa masakan yang gurih, namun pada dasarnya kita tetap bisa membedakan antara nasi liwet dengan nasi uduk karena dilihat dari campuran nasinya saja sudah berbeda, dalam nasi uduk terdapat campuran air santan sedangkan pada nasi liwet tidak memakai santai. Cita rasa gurih yang didapatkan dalam nasi liwet di peroleh dari paduan rempah-rempah,berbagai bumbu,sayur-sayuran serta ikan. Dalam masakan nasi liwet juga terdapat keunikan yaitu terdapat pada penyajiannya. (Baca Juga: Manfaat Sayur Bening , Manfaat Sayur Lalapan)

Di masakan nasi liwet ini menggunakan tempat sajian daun pisang,mengapa menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya? Ini karena daun pisang dipercaya bisa menambah cita rasa gurih dalam masakan nasi liwet selain itu alasan mengapa lebih memanfaatkan daun pisang sebagai tempat penyajiannya karenadalam daun pisang tidak ada kontaminasi dari bahan-bahan kimia. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini dalam berbagai tempat makanan baik yang terbuat dari plastik ataupun bahan lain mengandung bahan kimia, walupun hanya sedikit. Namun tetap saja walupun hanya sedikit tetap saja mengandung bahan kimia dan hal tersebut tidak baik dalam kesehatan. (Baca Juga: Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur , Manfaat Pisang Hijau)

Dalam nasi liwet inipun terdapat berbagai macam khasiat dan manfaat. Kandungan yang terdapat dalam nasi liwet inipun sangatlah beragam sebagai contoh dalam nasi liwet biasanya disajikan dengan berbagai sayuran seperti sayuran labu siam yang dimana kita telah ketahui bahwa dalam labu siam mengandung berbagai khasiat. Berikuta dalah manfaat dari labu siam:

Manfaat Nasi Liwet

  1. Menurunkan darah tinggi

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam nasi liwet terdapat campuran dari bahan lain juga seperti labu siam. Dalam labu siam tersebut terdapat berbagai kandungan yang sangat menyehatkan bagi tubuh manusia karena dalam labu siam terkandung vitamin B serta kaya akan kandungan folat. Sehingga labu siam memiliki khasiat untuk menurunkan darah tinggi, menjaga kadar kolestrol serta memiliki manfaat untuk mencegah darah tinggi,mengapa bisa membantu untuk mencegah darah tinggi? Itu dikarenakan dalam labu siam mengandung kalium. Walaupun manfaat ini diperoleh dari labu siam yang seperti kita tahu labu siam merupakan sayuran pendamping nasi liwet namun tetap saja jika kita rutin dalam mengkonsumsinya hal tersebut akan tetap memberikan efek baik pada kita khususnya pada tekanan darah tinggi. (Baca Juga: Manfaat Mengkudu untuk Hipertensi , Manfaat Belimbing Untuk Hipertensi)

  1. Meningkatkan nutrisi dalam tubuh

Kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan nutrisi spade tubuh dalam nasi liwet berasal dari suiran ayam yang selalu ada da;lam nasi liwet ini. Dalam suiran ayam ini terdapat berbagai macam kandungan seperti lemak dan kaya akan kandungan gizi,sehingga nasi liwet ini akan bisa memperbaiki nutrisi atau meningkatkan nutrisi dalam tubuh seseorang. Selain dari suiran ayam kandungan gizi juga bisa diperoleh melalui beras sendiri, Karena nasi liwet dibuat dari beras maka nasi liwet mengandung energy,protein,karbohidrat,lemak,kalsium,fosfor dan zat besi. Selain itu juga mengandung vitamin A,vitamin B1 dan vitamin C. Dimana kandungan-kandungan tersebut merpakan kandungan dari nasi sendiri. (Baca Juga: Manfaat Udang Lobster , Manfaat Jagung Hitam)

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam meningkatkan kekebalan dibutuhkan vitamin diamana vitamin tersebut dapat melawan serta menjaga tubuh dari serangan bakteri dan virus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Vitamin yang digunakan untuk melindungi tubuh darai baktri dan virus ini diperoleh dari suiran ayam yang terdapat dalam nasi liwet. (Baca juga: Sistem Kekebalan Tubuh , Manfaat Jamur Enokitake)

  1. Meningkatkan daya ingat

Dimasa pertumbunhan ini daya ingat sangatlah penting dalam perkembangan anak apalagi menurut kesehatan meningkatkan daya ingat sangat direkomendasikan sekali untuk membangunnya dari dini seperti pada masa pertumbuhan karena dalam masa pertumbuhan ini sel-sel tubuh membutuhkan nutrisi untuk mengoptimalkan keraja oragan tubuh. Sehingga dalam masa pertumbuhan dibutuhkan protein serta vitamin B,dimana protein serta vitamin B  dapat diperoleh melalui masakan nasi liwet. (Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Laut , Manfaat Whey Protein)

  1. Mengurangi resiko kanker

Bagaimana mengkonsumsi masakan yang bernama nasi liwet ini dapat mengurangi resiko kanker itu diakarenakan dalam nasi liwet terdapat kandungan dimana kandungan tersebut  bisa menguranggi resiko terkena kanker . Dalam kandungan ini juga berfungsi untuk memberantas adanya sel-sel kanker seingga pada saat ada sel kanker dalam tubuh kandungan tersebut dapat memberantas sebelum sel tersebut benar-benar membesar. (Baca Juga: Manfaat Daun Belalai Gajah , Manfaat Keladi Tikus Untuk Kanker)

  1. Sebagai sumber energi

Pada saat kita mengkonsumsi nasi kita akan mendapatkan karbohidrat dimana karbohidrat tersebut meruapakan sumber energy untuk manusia. Karena nasi liwet juga dibuat dari nasi juga tentu saja kita akan memperoleh karbohidrat juga untuk memperoleh energy karena energy sangat lah penting bagi kehidupan manusia tak ada energy maka manusia tidak dapat hidup sesuai dengan sebagaimana mestinya.

ads
  1. Menguatkan struktur tulang.

Karena dalam nasi liwet mengandung kalsium,dimana kalsium sendiri mempunyai manfaat sebagai pembentuk serta penguat tulang. Tulang merupakan bagian yang sangat penting bagi manusia karena tulang berfungsi untuk menupang seluruh tubuh manusia,tak ada tulang maka manusia tidak akan pernah bisa berdiri. (Baca juga: Manfaat Kalsium Bagi Jantung , Manfaat Kalsium Bagi Tubuh)

  1. Menstabilkan gula darah

Pencegahan dalam tekanan gula darah amatlah sangat penting karena dalam menjaga tekanan gula darah maka kita akan terhindar dari segala penyakit. (Baca Juga: Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung , Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes Melitus)

  1. Mencegah serangan jantung

Didalam nasi liwet terdapat kandungan vitamin B,ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Seperti yang kitaketahui bahwa penyakit jantungmerupakan penyakit yang sangat mematikan sehingga hendaknya kita selalu menjaga kesehatan organ tubuh agar terhindar dari penyakit serangan jantung. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Jantung , Manfaat Nanas Untuk Jantung)

  1. Mendukung pertumbuhan

Karena bahan dasar dari pembuatan nasi liwet adalah dari nasi biasa maka dalam nasi liwet juga mengandung mineral dimana mineral merupakan zat ataupun kandungan yang bisa mendukung adanya pertumbuhan dalam tubuh seseorang. (Baca Juga: Manfaat Susu Boneto , Manfaat Susu Zee )

  1. Meningkatkan mood baik

Mengapa bisa meningkatkan mood baik,itu dikarenakan dalam kandungan nasi khususnya pada nasi liwet terdapat senyawa serotonim yaitu senyawa yang berguna untuk menimbulkan perasaan senang dalam otak. Mood juga dapat ditingkatkan dengan tertawa, karena itu memang merupakan salah satu dari manfaat tertawa . (Baca Juga: Manfaat Olahraga Terjun Bebas)

  1. Menunjang untuk kegiatan diet

Nasi merupakan bahan pokok makanan yang sangat menunjang untuk kegiatan diet karena tidak mengandung lemak atau sodium sehingga sangat cocok untuk melakukan diet seimbang. Jadi saat kita melakukan diet kita tetap bisa makan enak namun tetap bergizi dan mendukung kelangsungan kegiatan diet. (Baca Juga: Manfaat Talas untuk Diet)

  1. Baik untuk gigi

Seperti halnya dengan meningkatkan pembentukan tulang nasi liwet juga bisa memperbaiki gigi karena dalam nasi liwet terdapat kandungan kalsium. (baca juga : manfaat air garam untuk mulut , Manfaat Bengkoang untuk Gigi)

  1. Mencegah adanya kerusakan jaringan otot

Kerusakan jaringan otot bisa disebabkan oleh kurangnya asupan karbohidrat bagi tubuh. Dalam nasi liwet ini memiliki kandungan karbohidrat untuk mencegah hal tersebut. (Baca Juga: Manfaat Handstand Push Up)

  1. Memperbaiki fungsi pencernaan

Ternyata mengkonsumsi nasi liwet juga bisa digunakan sebagai perbaikan untuk memperbaiki fungsi pencernaan selain itu juga bisa digunakan sebagai penyembuhan pada sakit perut. Selain nasi liwet, manfaat yakult dan manfaat vegeta juga baik untuk pencernaan

  1. Penyuplai vitamin pada tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dalam nasi liwet memiliki banyak manfaat karena memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan mineral. Vitamin serta mineral yang ada ialah niacin,vitamin D,kalsium,serat,zat besi,thimine dan ribovlafin. Banyak vitamin yang harus dikonsumsi seperti manfaat vitamin A, manfaat vitamin E dan manfaat vitain C

Sekian dari manfaat nasi liwet semoga kita dapat mengkonsumsi nasi liwet sebagai masakan yang kaya akan manfaat. Terima kasih!.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 06th, May 2017 / 23:47 Oleh :
Kategori : Makanan