5 Manfaat Pisang Hijau Untuk Maag dan Kesehatan

pisang hijauSiapa yang tidak kenal dengan buah pisang? Pohon pisang tumbuh dengan sangat subuh di sepanjang pulau Indonesia. Jenis buahnya dan ukurannya sangat bervariasi dari yang berukuran kecil sampai besar. Tidak sulit menemukan buah ini di pasar atau supermarket. Harganya pun terjangkau semua kalangan masyarakat. Tidak heran buah pisang tergolong buah yang sering dikonsumsi di Indonesia.

Buah pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam buah pisang diantaranya adalah protein, gula, lemak, air, vitamin, dan juga mineral. Akan tetapi pada artikel kali ini penulis akan membahas lebih banyak mengenai manfaat pisang hijau yang mungkin tidak sepopuler buah pisang kuning pada umumnya.

Berikut adalah manfaat pisang hijau bagi kesehatan tubuh yang mungkin dapat dipertimbangkan untuk Anda rasakan sendiri khasiatnya:

  1. Mengobati Maag

Penderita maag atau gangguan asam lambung dapat menggunakan pisang hijau sebagai salah satu cara untuk mengobati penyakit lambung tersebut. Pasalnya dengan rutin mengkonsumsi pisang hijau selain maag dapat diatasi, pencernaan juga akan menjadi lebih sehat.

Baca juga:

  1. Mengobati Diare

Diare atau biasanya lebih dikenal dengan penyakit menret  biasanya bisa terjadi pada orang dewasa maupun anak kecil. Jika tidak ingin mengkonsumsi obat kimia, pisang hijau dapat menjadi solusi herbal alami untuk gangguan pencernaan ini. Pisang hijau rupanya memiliki kemampuan membantu menyerap air sehingga proses buang air besar dapat normal kembali.

Baca juga:

  1. Menguatkan Tulang

Siapa sangka pisang hijau memiliki kemampuan membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang kita. Hal tersebut dikarenakan pisang hijau dapat membuat tubuh menyerap kalium dengan lebih baik sehingga tulang menerima asupan yang tepat dan terjaga kekuatannya.

Baca juga:

  1. Mencegah Anemia

Anemia terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia biasanya tidak dianggap sebagai masalah yang terlalu serius namun apabila terus menerus dibiarkan tentu saja resiko komplikasi bisa terjadi. Untuk mencegah atau mengatasi anemia tubuh memerlukan zat besi. Zat besi tersebut akan memicu produksi sel darah merah pada tubuh sehingga tubuh tidak lagi kekurangan sel darah merah.

Baca juga:

  1. Sumber Energi

Buah pisang termasuk pisang hijau pada dasarnya memang memiliki kandungan karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Bagi sebagian orang yang sedang menjalani pola diet buah pisang merupakan salah satu menu sarapan yang cukup populer untuk dikonsumsi. Cukup dengan 2 porsi pisang hijau energi tubuh pun bisa terisi cukup banyak.

Baca juga:

Demikianlah manfaat dari pisang hijau yang sangat baik untuk kesehatan. Jika biasanya anda mengkonsum buah pisang yang sudah masak atau berwarna kuning Anda mungkin ingin mencoba mengkonsumsi buah pisang yang masih hijau. Bintik hitam pada pisang yang kuning merupakan tanda kematangan pisang. Diyakini bahwa semakin banyak bintik hitam pada pisang berbanding luruh dengan zat anti kanker yang dimiliki pisang tersebut. Anda mungkin bertanya-tanya, lalu apa bedanya memakan pisang hijau? Bukankah lebih baik jika memakan pisang yang memiliki lebih banyak zat anti kanker?

Jawaban dari pertanyaan tersebut terdapat pada kandungan zat pati pisang. Pada pisang hijau kandungan patinya dapat dengan mudah diserap oleh tubuh untuk selanjutnya difermentasi oleh bakteri di usus dan dijadikan sumber energi. Zat pati ini berperan sebagai karbohidrat yang tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Jadi zat pati pada pisang hijau sangat cocok bagi penderita diabetes atau siapapun yang ingin tetap menjaga kestabilan gula darahya.

, ,
Post Date: Monday 12th, December 2016 / 00:32 Oleh :
Kategori : Buah Buahan