10 Manfaat Agar-agar Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Kuliner

Agar agar dapat dengan mudah didapatkan banyak dijumpai dikemas salam bentuk serbuk kecil. Agar agar merupakan bahan makanan yang berasal dari ekstraksi alga merah jenis glacilaria sp dan gelidium sp yang banyak dijumpai di lautan di indonesia. Penggunaan agar agar telah dilakukan oleh masyarakat di beberapa negara di Asia Timur sebagai bahan pembuat kue dan yang lain. Pada abad ke 19, agar agar diperkenalkan oleh orang china kepada masyarakat Eropa dan Amerika Serikat.

Penggunaan agar agar untuk dimanfaatkan dalam berbagai bidang tentunya beralasan. Berikut adalah manfaat agar agar dan kandungan didalamnya.

Bidang Kesehatan

Tanpa disadari agar-agar dapat memberikan manfaat dalam bidang pengobatan seperti berikut :

1. Penutup luka – Agar agar bisa digunakan untuk bahan pembuat perban penutup luka. Sifat agar agar yang menyerap cairan berguna untuk mempercepat pembekuan darah pada luka, supaya menjadi lebih cepat kering.

2. Pembungkus kapsul – Agar agar juga digunakan untuk bahan dasar selaput pembungkus kapsul obat pengganti gelatin. Pada awal mula pembuatan kasul, gelatin hewani digunakan dalam selaput pelapis kapsul,namun sekarang telah mulai digantikan dengan bahan agar agar karena lebih mudah larut dalam tubuh sehingga tidak menggganggu sistem penyerapan obat yang ada di dalam kapsul agar agar.

3. Mengurangi Stres – Asam amino esensial yang terkandung dalam agar agar dipercaya dapat membantu menurunkan tingkat stres pada orang yang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi agar agar secara rutin dapat membantu mengurangi tingkat depresi pada manusia.

4. Mencegah Radang Sendi – Agar agar ternyata bisa membantu mengurangi sakit pada radang sendi ataupun mencegah radang sendi dengan mengkonsumsnya secara rutin. Kandungan kolagen dalam agar agar dipercaya dapat menambah pelumas pada sendi sehingga radang sendi dapat dicegah.

5. Mencegah Osteoporosis – Selain itu, kandungan kalsium dalam agar agar ternyata 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan kalsium pada segelas susu. Kandungan kalsium dalam agar agar juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

6. Menu Diet. Agar agar merupakan salah satu jenis makanan yang sangat ampuh untuk diet dan menjaga kesegaran tubuh agar tetap prima. Kaya akan serat dan vitamin, membuat agar agar sangat penting sebagai asupan diet anda.

Bidang Kuliner

Dalam bidang kuliner, agar agar telah banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis olahan makanan maupun minuman :

1. Makanan Pencuci Mulut – Bahan dasar agar agar sering dibuat menjadi puding, jelly, makanan pencuci mulut, pengental dalam sup, saus, hingga digunakan untuk pengental es krim.

2. Serat Untuk Nasi – Selain itu, agar agar juga dapat dicampur kedalam nasi ketika dimasak dengan tujuan agar nasi yang dimakan mengandung lebih banyak serat.

3. Cemilan Sehat – Penggunaan agar agar juga dapat untuk camilan tanpa kalori karena tidak mengandung kalori.

Bidang Kecantikan

1. Mencegah Penuaan Dini – Kadar kolagen serta asam amino esensial dalam agar agar ternyata dapat membantu mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan muda.

1. Melangsingkan Tubuh – Kandungan serat larut dan tidak larut dalam agar agar juga dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat digunakan dalam menu diet untuk membuat tubuh menjadi lebih ramping.

Demikian adalah manfaat agar agar yang dapat digunakan dalam bidang medis, kuliner, menjaga kesehatan serta kecantikan.

, , , ,
Post Date: Monday 15th, December 2014 / 05:32 Oleh :
Kategori : Makanan