14 Manfaat Rice Cooker Selain Memasak Nasi

Rice cooker mempunyai kegunaan utama untuk memasak beras menjadi nasi, akan tetapi ternyata masih banyak kegunaan dari rice cooker yang bisa membantu dalam kegiatan memasak anda sehari-hari.

Sejarah Rice Cooker

Rice cooker pertama kali ditemukan pada tahun 1937 oleh Yoshitada Minami dan para tentara Jepang mulai menggunakan rice cooker ini yaitu sebuah wadah kayu dan juga lempengan logam yang bertenaga listrik. (Baca juga : Manfaat Sumber Arus Listrik)

Lempengan logam ini kemudian membuat wadah kayu yang terisi air serta beras menjadi panas lalu matang, akan tetapi proses pematangan nasi berjalan lama sebab wadah kayu belum dilengkapi dengan penutup sehingga uap panas terbuang percuma dan menghambat proses pematangan nasi tersebut. (Baca juga : Manfaat Energi Listrik)

Cara kerja rice cooker

  • Saat rice cooker digunakan, maka saklar akan terhubung dengan elemen dari pemanas utama sehingga arus listrik akan langsung membuat elemen utama panas serta lampu rice cooker menyala.
  • Saat rice cooker sampai pada suhu maksimal, maka thermostat trip atau magnet yang ada pada rice cooker akan mati secara otomatis yang membuat tuas bergerak dan posisi saklar akan berubah menjadi elemen penghangat saja.
  • Pada posisi penghangat ini, maka suhu maksimal yang mengalir ke elemen penghangat rice cooker akan otomatis mati sehingga suhu panas akan berubah menjadi hangat, sesudah suhu semakin berkurang maka arus yang menghangatkan elemen tersebut akan kembali menyala secara otomatis untuk menghangatkan dan berjalan secara terus menerus.
  • Sekarang ini, rice cooker hadir dalam bentuk yang modern dengan aneka ragam kegunaan selain memasak nasi dan juga hadir dengan harga, warna dan juga ukuran yang bervariasi.

(Artikel terkait: Manfaat Ketan Merah)

1.Memasak mie instan

Untuk anda yang masih tinggal sendiri di kost atau mengontrak rumah serta tidak memiliki dapur, maka anda bisa menggunakan rice cooker untuk memasak mie instan dengan cukup cepat dan tidak memerlukan kompor. (Baca juga: Manfaat Mie Instan)

2.Menggoreng telur, tempe dan tahu

Anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk menggoreng telur, tempe atau tahu serta beberapa bahan lainnya. Akan tetapi, jika anda ingin menggunakan rice cooker untuk menggoreng, maka pastikan untuk memakai minyak yang cukup banyak serta sendok kayu supaya bahan makanan yang di goreng tidak lengket dan membuat bagian dasar rice cooker rusak.

Artikel terkait: Manfaat Telur Ayam Negeri

3.Membuat agar-agar atau jelly

Rice cooker bisa anda gunakan untuk membuat agar-agar atau jelly dan caranya cukup mudah, hanya perlu menuang air sesuai takaran beserta dengan bubuk agar-agar atau jelly ke dalam rice cooker. (Baca juga : Manfaat Agar-agar)

Sesudah matang dan mendidih, anda juga tidak perlu repot menuang atau mencetak agar-agar tersebut, hanya perlu mendinginkan agar-agar di dalam rice cooker sampai set serta mengeras.

4.Membuat bolu dan kue kering

Untuk anda yang hobi membuat kue namun tidak memiliki oven, maka bisa menggunakan rice cooker untuk membuat kue bolu ataupun kue kering serta memanggang bahan makanan lainnya. (Baca juga: Manfaat Vanili untuk Kue)

Saat anda ingin menggunakan rice cooker untuk membuat kue, maka pastikan untuk mengoles mentega atau margarin pada bagian dasar wadah rice cooker supaya tidak kue tidak mudah hangus dan juga tidak memakai rice cooker lebih dari 1 jam.

5.Merebus sayur

Rice cooker juga bisa anda gunakan untuk merebus berbagai macam sayur menjadi masakan berkuah atau tumis. Potong-potong sayur seperti biasa kemudian masukkan sayur serta bumbu dan air ke dalam rice cooker kemudian tutup dan tunggu selama beberapa menit sampai matang. (Baca juga : Manfaat Buncis Rebus)

6.Memasak air

Saat anda kehabisan gas atau dispenser rusak, sebagai gantinya anda bisa menggunakan rice cooker untuk memasak nasi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya perlu mengisi wadah rice cooker dengan air secukupnya lalu tutup rice cooker dan tekan tombol memasak atau cook kemudian tinggal tunggu sampai air panas dan mendidih.

Artikel terkait: Manfaat Uap Air Panas

7.Merebus telur

Untuk merebus telur, anda hanya perlu mencuci telur lalu letakkan pada wadah rice cooker untuk mengukus dan bisa anda gabungkan pada saat sedang memasak nasi.

8.Membuat pisang kukus

Untuk membuat pisang kukus memakai rice cooker, caranya hampir sama seperti membuat telur namun tidak bersamaan pada saat memasak nasi karena bisa membuat nasi berubah warna menjadi coklat. Rebus air di dalam rice cooker kemudian letakkan pisang pada wadah khusus di dalam rice cooker dan tinggal menekan tombol cook sampai air mendidih dan pisang matang.

Artikel terkait: Manfaat Pisang

9.Merebus kentang

Untuk merebus kentang, anda hanya perlu memasak air secukupnya di dalam rice cooker bersama dengan kentang yang sudah di cuci sampai bersih kemudian tekan tombol cook dan tunggu sampai air mendidih serta kentang matang dengan sempurna. (Baca juga : Manfaat Kentang Mentah)

10.Memasak nasi goreng

Untuk memasak nasi goreng, caranya juga cukup sederhana dan bisa dilakukan memakai rice cooker. Caranya adalah dengan menuang sedikit minyak kemudian masukkan telur dan di masak orak arik kemudian tinggal masukkan nasi beserta dengan bumbunya lalu masak sampai tercampur rata.

11.Memanggang roti

Rice cooker juga bisa anda gunakan untuk memanggang roti, caranya adalah dengan mengoles seluruh permukaan roti dengan mentega atau margarin kemudian berikan isian pada bagian dalam roti. Panaskan rice cooker kemudian masukkan roti kedalamnya, setelah satu bagian sisi roti matang jangan lupa di balik untuk mematangkan sisi lainnya.

Artikel terkait: Manfaat Roti Tawar

12.Membuat pancake

Untuk membuat pancake memakai rice cooker, anda hanya perlu menyiapkan adonan pancake instan kemudian buat adonan pancake dan tuang ke dalam rice cooker dan tunggu sekitar 5 menit sampai pancake matang kecoklatan.

13.Membuat sup ayam

Anda juga bisa membuat sup ayam dengan menggunakan rice cooker, caranya adalah dengan menuang sedikit minyak ke dalam rice cooker untuk menumis bumbu, kemudian tuang air, ayam, sayuran dan juga aneka macam bumbu dan tinggal tunggu sampai mendidih dan sup ayam matang.

14.Membuat bubur

Manfaat rice cooker berikutnya adalah untuk membuat bubur, caranya hampir serupa seperti memasak nasi namun dengan memakai air yang cukup banyak sehingga beras nantinya bisa lunak seperti tekstur bubur. Sesudah itu, tekan tombol cook pada rice cooker dan tunggu sampai bubur matang, jika tekstur bubur masih terlalu kasar bisa di tambah lagi dengan air dan masak kembali sampai lembut.

, , ,
Post Date: Wednesday 03rd, May 2017 / 04:02 Oleh :
Kategori : Teknologi