Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Manusia

Sponsors Link

Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya sumber proteinnya. Beberapa orang menyebutnya sebagai ‘Makanan Pintar’. Hal ini disebabkan karena mengandung zat yang disebut Omega 3 yang mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi ikan laut dari pada ikan tawar.

Nutrisi Ikan Laut

manfaat ikan lautDibandingkan dengan ikan tawar, kandungan gizi ikan laut lebih banyak. Ikan laut memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya. Fungsinya adalah agar lemak tubuh tetap dalam keadaan cair jika berada di air laut. Adanya kemampuan tersebut membut kandungan omega 3 yang lebih tinggi.

Kandungan utama dari ikan laut adalah zat makro molekul tubuh, misalnya seperti protein tinggi, lemak, vitamin  dan mineral.

Manfaat ikan laut dapat kita rasakan setiap hari dengan mengkonsumsinya secara teratur, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Protein pada ikan berbeda dengan protein yang ada pada manfaat daging lainnya seperti daging sapi, ayam, atau kambing. Serat pada protein ikan hanya memiliki rantai penyusun protein yang pendek, Sehingga penyerapan lebih cepat dan lebih mudah. Tentu saja ini tidak memberatkan kinerja pada usus halus, sehingga dapat membantu proses pencernaan.

Beberapa menyarankan ikan laut cocok bagi yang sedang mengalami gangguan pada proses pencernaan. Bahkan disarankan untuk bayi yang belum memiliki proses pencernaan yang sempurna.

2. Merangsang Otak

Dalam protein ikan, terdapat kandungan zat yang mampu merangsang pertumbuhan otak, terutama untuk balita. Zat tersebut lebih dikenal taurine, yang bekerja dengan baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Zat lain yang mampu merangsang perkembangan otak adalah asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA). Karena sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, sehingga dipercaya untuk membantu perkembangan sel otak. Menurut penelitian terakhir, anak yang diberi manfaat minyak ikan akan memiliki daya ingat lebih kuat.

3. Mengontrol Kolesterol

Salah satu zat yang membantu proses pertumbuhan adalah asam lemak tak jenuh. Zat ini bertugas dengan baik dalam menjaga stamina tubuh agar tetap fit. Salah satu zat yang mampu mengontrol kolesetrol tubuh agar tetap normal berasal dari manfaat omega 3. Kandungan zat di dalamnya terdapat EPA dan DHA mampu menurunkan kolestrol tinggi dan mengikat lemak.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi dan balita sangat rawan terkena penyakit, untuk itu perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kondisi agar tetap stabil. Salah satunya dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 yang banyak terdapat dalam manfaat ikan laut. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kondisi tubuh. Sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.

5. Menurunkan Resiko Penyakit Degeneratif

Fungsi lainya dari asam lemak omega 3 adalah membantu untuk menurunkan resiko penyakit degeneratif. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, dan kanker. Selain menggunakan omega 3, kandungan mineral selenium mampu membantu metabolisme tubuh. Manfaat antioksidan di dalamnya juga dipercaya untuk mengatasi masalah penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul di usia tua, misalnya jantung koroner. Penyebabnya adalah karena kolestrol yang tidak terkontrol. Ikan laut memiliki kolestrol yang lebih rendah dari daging seperti iga, gajih, dan kerang. Namun lebih tinggi dari ikan tawar. Selain itu, jantung koroner biasanya berimplikasi pada tekanan darah (hipertensi). Sehingga masalah hipertensi juga harus diselesaikan dahulu.

Asam lemak omega 3 mampu mengikat lemak jenuh dengan baik. Sehingga mengurangi resiko untuk terkena penyakit degenerative tersebut.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu fungsi penting yang terdapat dalam manfaat ikan laut adalah menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu, juga membantu mencegah kebutaan pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena dalam ikan laut terdapat banyak manfaat vitamin A dan B kompleks.

 7. Baik untuk Pertumbuhan

Ikan juga berperan dalam proses pembentukan tulang. Kandungan manfaat vitamin D dalam ikan laut, berperan untuk menjaga kekuatan tulang. Makanan jenis ini sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

8. Membantu Hasilkan Energi

Selain lemak dan karbohidrat, ada zat lain yang membantu menghasilkan energi. Salah satunya adalah manfaat vitamin B kompleks. Fungsi lain yang dihasilkan oleh vitamin ini adalah membantu proses metabolism karbohidrat tubuh. Kandungan tersebut ada di dalam ikan laut. Cocok untuk anda yang memiliki banyak aktivitas.

9. Mencegah Migrain

Ikan laut merupakan salah satu bahan pangan yang kaya vitamin. Adanya fungsi vitamin B kompleks membantu tubuh mengurangi dan mencegah migraine (sakit kepala sebelah).

 9. Baik untuk Anemia

Anemia atau kurang darah biasanya memiliki tubuh lemas dan pucat. Mereka harus mengkonsumsi banyak manfaat sayur-sayuran untuk membantu pembentukan sel darah merah. Jika anda adalah tipe orang yang kurang suka sayuran, dapat dikolaborasikan dengan ikan laut. Nutrisi dalam ikan laut terdapat vitamin B kompleks yang juga membantu untuk pembentukan sel haemoglobin. Dengan begitu eritrosit (sel darah merah) juga akan terbentuk.

Selain khasiat dalam vit B kompleks, dalam ikan laut terdapat juga manfaat zat besi. Fungsinya sama, yakni membantu pembentukan sel haemoglobin

10. Pembentukan Enzim dan Hormon

sponsored links

Manfaat ikan laut lainnya adalah untuk membantu pembentukan hormon tubuh yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis. Bantuan dari rangsangan vitamin B kompleks mampu mempercepat pembentukan hormon tersebut. Selain menggunakan vitamin B kompleks, kandungan mineral ikan laut seperti selenium juga digunakan untuk membantu pembentukan enzim serta hormon.

11. Mencegah Penyakit Gondok

Kandungan ikan laut yang cukup tinggi adalah yodium. Manfaat yodium sendiri baik untuk mencegah penyakit gondok. Bahkan garam yang pembuatanya berasal dari penyubliman laut, dinamai dengan garam beryodium.

12. Mencegah Penuaan Prematur

Penuaan prematur adalah suatu keadaan yang membuat orang lain terlihat lebih tua dari pada usia aslinya. Ini akibat jaringan kulit yang tidak elastis. Salah satu zat makro molekul yang paling berperan fungsinya adalah manfaat vitamin E. Dalam kasus INI, kinerja vitamin E akan lebih optimal jika dibantu oleh Selenium, Sehingga membantu elastisitas jaringan tubuh.

13. Menyehatkan Gigi

Kandungan mineral lai yang berguna untuk kesehatan gigi adalah Flour. Mineral ini juga bermanfaat untuk membantu memperkuat gigi.

Banyak sekali manfaat jika anda mampu menkonsumsi ikan laut namun bukan berarti harus mengkonsumsi setiap hari. Karena jika terlalu banyak memakan terlalu banyak zat protein, juga akan menyebabkan alergi. Setidaknya selama satu minggu cukup 3 kali.

Bahaya Ikan Laut

Namun sayangnya, ikan laut lebih memiliki banyak kandungan merkuri. Zat tersebut cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.  Ikan tawar pun juga demikian. Namun tingkat kandungan merkuri ikan laut lebih tinggi.  Untuk itu ibu hamil dianjurkan tidak mengonsumsi ikan laut. Karena sangat riskan bagi janin yang dikandungnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 09th, April 2015 / 09:31 Oleh :
Kategori : Daging