10 Manfaat Ikan Kuniran yang Kaya Zat Besi

Mengkonsumsi ikan sangatlah penting terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ikan laut memang dianggap mengandung lebih banyak omega 3 dan DHA yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga perkembangan otak anak dan bahkan orangtua yang suka makan ikan dapat mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh degenerasi sel yang berakibat pada kepikunan, Alzheimer atau dementia. Salah satu ikan laut yang baik dikonsumsi secara rutin adalah ikan kuniran.

Apa Itu Ikan Kuniran?

Ikan kuniran merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki ciri fisik yang mencolok dibagian sirip dan ekornya yang berwarna kuning. Mungkin hal tersebutlah yang menyebabkan ikan ini diberi naka kuniran seperti halnya orang Jawa yang menyebut kunyit yang identik dengan warna kuning dengan kunir. Ikan kuniran sendiri merupakan spesies ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Selat Sunda dan dengan tingginya permintaan pasar, penangkapan terhadap ikan ini juga semakin tinggi.

Manfaat Ikan Kuniran Bagi Kesehatan

Tingginya permintaan pasar berbanding lurus dengan manfaat ikan kuniran bagi kesehatan. Saat ini sudah banyak yang tahu tentang manfaat gemar makan ikan seperti ikan kuniran ini yang memiliki banyak sekali manfaatnya.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat ikan bagi kesehatan yang utama adalah karena ikan mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Ikan mengandung asam lemak yang sangat baik dalam menjaga kesehatan kardiovaskular, mengoptimalkan kerja jantung dan mengurangi risiko-risiko penyakit akibat terganggunya fungsi jantung seperti stroke dan serangan jantung.

  1. Mengoptimalkan Sistem Pencernaan

Manfaat serat tak hanya didapatkan dari mengkonsumsi buah dan sayur saja tapi ternyata serat juga dapat ditemukan pada hewan seperti halnya ikan kuniran ini. Serat sangat penting bagi tubuh terutama dalam hal pengoptimalkan fungsi sistem pencernaan, mencegah konstipasi dan mengurangi risiko terjadinya infeksi pada lambung.

  1. Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Kandungan mineral yang terkandung pada ikan kuniran juga cukup banyak dan salah satunya adalah zat besi. Manfaat zat besi sangat baik dalam mengoptimalkan perederan darah sehingga masalah penyakit darah tinggi dapat diatasi dengan mudah asalkan pengolahan ikan kuniran juga tepat tidak boleh digoreng dengan menggunakan minyak berlebih.

  1. Membuat Tubuh Terasa Bugar

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mereka yang gemar makan ikan adalah tubuh terasa akan lebih bugar. Hal ini dikarenakan nutrisi alami yang dikandung oleh ikan terutama ikan kuniran sangat baik sebagai sumber energi dan dalam waktu bersamaan juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang serta Gigi

Selain zat besi, ikan kuniran juga mengandung mineral lain yaitu fosfor. Manfaat fosfor bagi tubuh sangatlah penting dimana sama dengan manfaat kalsium, fosfor juga membantu mengoptimalkan perlindungan pada tulang serta gigi. Oleh karena itu mengkonsumsi ikan bagi anak-anak sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan mereka.

  1. Tinggi Kandungan Omega 3 dan DHA

Ikan kuniran mengandung manfaat omega 3 dan DHA yang cukup tinggi karena tergolong dalam ikan laut. Omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf serta membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tidak mudah memilih makanan yang tepat serta tidak menyebabkan kadar kolesterol naik. Ikan kuniran merupakan salah satu makanan sehat yang boleh dikonsumsi oleh siapa saja karena walaupun mengandung kolesterol tapi diimbangi dengan mineral-mineral lain seperti potasium yang dapat mengatasi masalah pada kolesterol.

  1. Mendukung Pertumbuhan Anak

Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu memiliki kemampuan akademis lebih baik dari anak-anak yang hanya mengkonsumsi ikan dua kali sebulan. Ikan kuniran yang kaya nutrisi dengan rasa yang enak tentunya sangat disukai oleh anak-anak.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer dan Dementia

Ikan mengandung zat-zat yang penting bagi perkembangan otak dan saraf begitu juga dengan ikan kuniran yang kaya akan omega 3 dan DHA. Mengkonsumsi makanan tinggi omega 3 dapat mengurangi risiko penyakit seperti Alzheimer dan Dementia.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Saraf

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi ikan dapat berpengaruh penting pada sistem saraf terutama pada anak-anak. Mengkonsumsi ikan membantu anak-anak tidur lebih nyenyak di malam hari yang tentunya baik untuk sistem saraf. Anak-anak yang tidak mengalami gangguan tidur akan lebih ceria pada siang hari dan lebih fokus belajar.

Yang perlu diperhatikan ketika memilih ikan laut sebagai menu sehari-hari adalah adanya potensi terpapar oleh merkuri yang justru sangat berbahaya terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. Namun sejauh ini hasil laut Indonesia masih tergolong rendah dalam paparan merkuri sehingga sangat aman di konsumsi dan ikan kuniran yang banyak beredar di pasar ditangkap dari perairan Indonesia sehingga tidak perlu khawatir untuk diberikan pada anak.