Sponsors Link

10 Manfaat Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Ikan merupakan salah satu jenis lauk pauk yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setelah daging dan juga telur. Merupakan salah satu jenis favorit makanan, yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang tentu saja sangat menggiurkan dan juga menyehatkan. Ikan sendiri, merupakan salah satu lauk pauk yang sangat mudah diperoleh di Indonesia. Hal ini selain dikarenakan banyaknya sungai dan juga laut di Indonesia, kondisi bisnis dari pembibitan ikan juga merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan. Hal ini menyebabkan pasokan dari ikan yang terus berlanjut dan menyebabkan ikan merupakan salah satu bahan makanan yang tidak pernah habis.

ads

Ikan sendiri secara umum berdasarkan habitat tempat tinggalnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu ikan air tawar dan juga ikan air asin atau air laut. Sesuai dengan namanya, ikan air tawar merupakan jenis ikan yang hidup pada air tawar, yang tidak asin, biasanya berupa sungai, waduk, danau, dan juga empang atau kolam. Sedang ikan air asin, sudah dapat ditebak, merupakan ikan yang hidup di daerah air asin atau laut.

Jenis Ikan air tawar

manfaat ikan air tawarIkan air tawar, bagi masyarakat Indonesia merupakan salah satu jenis ikan yang paling sering dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena harga dan juga pasokannya yang cenderung lebih stabil dibandingkan ikan laut. Ikan air tawar dan juga ikan air laut memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama. Jenis ikan tersebut merupakan beberapa jenis ikan air tawar yang paling sering dikonsumsi dan paling mudah untuk diperoleh.

Berikut ini adalah beberapa jenis ikan air tawar tersebut, diantaranya :

Ikan air tawar sudah pasti memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaat dari ikan air tawar? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ikan air tawar :

1. Kaya akan protein

Ikan air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Meskipun kandungan proteinnya tinggi masih kalah tinggi dibandingkan dengan manfaat daging merah, namun demikian kandungan proteinnya lebih tinggi dari jenis kacang-kacangan. Protein ini tentu saja memiliki banyak sekali manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita, terutama pada perkembangan otot dan juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh kita. Selain itu, manfaat protein juga baik untuk membantu proses produksi enzim-enzim tubuh.

2. Dapat memperlancar peredaran darah

Manfaat ikan air tawar bagi kesehatan memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Manfaat zat besi ini memilki manfaat yang tentu saja sangat baik untuk membantu memperlancar peradaran darah. Dengan lancarnya peredaran darah, maka hal ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar bugar dan juga organ tubuh anda tidak akan kekurangan pasokan darah. Hal ini dapat mencegah terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan, seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah dan juga serangan stroke.

3. Baik untuk penderita kolestrol

Ikan air tawar juga memilki kandungan lemak, namun demikian, lemak yang terkandung dalam ikan air tawar merupakan jenis lemak tak jenuh, yang berarti merupakan salah satu jenis lemak baik. Hal ini tentu saja sangat baik unutk anda yang menderita kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh ini dpat membantu menyeimbangkan kandungan kolesetrol baik dan juga kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kolestrol jahat.

4. Baik untuk menjaga kesehatan mata

Ikan air tawar memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Pastinya manfaat vitamin A ini, selain dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, juga sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan organ mata anda. Asupan vitamin A yang cukup setiap harinya, maka kesehatan mata anda akan tetap terjaga. Hal ini tentu saja akan membantu untuk mencegah munculnya berbagai gangguan pada mata, seperti rabun dan katarak.

5. Menjaga dan meningkatkan kekuatan serta struktur tulang

Ternyata, ikan air tawar juga memilki kandungan vitamin D. Yap, manfaat vitamin D yang terkandung pada ikan air tawar ini merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat baik untuk membantu menjaga dan juga meningkatkan kekuatan serta struktur tulang kita. Bagi anda yang sudah berumur, konsumsi ikan air tawar dapat membantu mempertahankan struktur tulang anda dan mencegah osteoporosis. Bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan, konsumsi ikan air tawar dapat membantu untuk menambah tinggi badan.

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

ads

Manfaat ikan air tawar bagi kesehatan juga memiliki kegunaan yang sangat penting dan juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh ini sangat penting bagi anda, terutama yang sedang menjalani program diet, karena akan sangat membantu kesuksesan program diet anda.

7. Mencegah terjadinya gejala anemia

Kandungan zat besi pada ikan air tawar akan sangat baik untuk mencegah munculnyaanemia alias kekurangan darah. Baisanya, kekurangan darah atau anemia ini dapat menimbulkan gejala seperti rasa pusing, mual, tubuh yang terasa lemas, mudah merasa lelah dan letih, serta rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi ikan air tawar, maka anda dapat memperkecil terjadinya resiko munculnya anemia tersebut.

8. Melindungi jantung

Ikan air tawar juga memiliki berbagai macam kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat baik untuk melindungi jantung anda. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga dapat mengoptimalkan kerja dari jantung anda, sehingga anda dapat memperkecil resiko mengalami berbagai macam gangguan pada organ jantung anda sendiri.

9 Sebagai sumber energi

Makan ikan air tawar juga merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh kita. Ikan air tawar memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yang ditambah dengan adanya kandungan protein, sehingga dapat menjadi bahan bakar kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang membutuhkan energi besar.

10. Tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas

Dan jangan khawatir bagi anda yang takut kegemukan dan obesitas. Ikan air tawar tidak akan menimbulkan obesitas atau kegemukan, karena kandungan lemaknya yang merupakan lemak tak jenuh. Hal ini membuatnya lebih mudah dicerna dan juga tidak akan menumpuk di tubuh anda.

Itulah manfaat ikan air tawar bagi kesehatan kita. Semoga dengan adanya artikel ini, wawasan anda mengenai manfaat dari ikan air tawar bagi kesehatan menjadi semakin luas.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, August 2015 / 05:29 Oleh :
Kategori : Daging