Sponsors Link

21 Manfaat Hula Hoop Untuk Wanita – Diet dan Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Manfaat hula hoop untuk diet sudah dijadikan sebagai olahraga dan permainan yang super ampuh. Namun efeknya ternyata dapat lebih banyak lagi. Di zaman yang semakin modern dengan berbagai macam perkembangan teknologi yang juga semakin maju dan canggih ini, sebenarnya masih banyak olahraga tradisional yang masih gemar dilakukan oleh sebagian orang sebagai rutinitasnya. Salah satu olahraga tersebut adalah olahraga menggunakan hula hoop. Meskipun terkadang hanya dianggap sebagai sebuah mainan, namun benda yang satu ini akan menjadi sebuah piranti olahraga yang serius bagi orang yang tahu terhadap fungsi tambahannya.


Tentang Hula Hoop

Secara umum hula hoop memang dianggap sebagai alat bermain anak-anak, namun benda ini sejatinya merupakan piranti olahraga yang memanfaatkan goyangan pinggul penggunanya. Tetapi melakukan olahraga hula hoop bukan hanya menggoyangkan pinggul dengan sebuah lingkaran yang dilingkarkan di bagian pinggul begitu saja. Melakukan olahraga hula hoop yang serius juga membutuhkan konsentrasi tentang bagaimana bisa menjaga putaran lingkaran bisa bertahan dan terus berputar di pinggul dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, faktor diameter dan jenis bahan untuk membuat sebuah hula hoop juga menjadi hal yang harus diperhitungkan oleh para penggunannya. Semakin besar diameter yang dimiliki, biasanya akan semakin mudah untuk dimainkan (diputar di pinggul) meskipun terkadang bobotnya menjadi semakin berat.

Dalam tingkat yang lebih serius lagi, hula hoop biasanya masuk dalam sebuah rangkaian latihan atau kelas aerobik di berbagai pusat kebugaran. Hal ini dikarenakan gerakan pinggul yang konstan ketika memutar hula hoop sangatlah baik untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus sebagai pembakar kalori, di mana hal tersebut merupakan tujuan utama dari kebanyakan orang yang mengikuti latihan atau kelas aerobik agar tubuhnya terlihat lebih ideal dan lebih langsing bila di kalangan para wanita.


Adapun beberapa manfaat yang sebenarnya bisa diperoleh dari seseorang yang secara teratur, rutin, dan serius melakukan olahraga hula hoop terutama bagi kaum wanita, antara lain:

1. Mengurangi Lemak Perut

Manfaat hula hoop bagi tubuh yang paling cepat terasa adalah dapat mengurangi lemak perut. Bagi Anda yang berkeinginan mengurangi lemak di bagian perut, salah satu olahraga yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan hula hoop. Hal ini dikarenakan saat Anda menggerakkan perut dengan gerakan melingkar menggunakan hula hoop, lemak di bagian perut akan terbakar dan hilang. Diantara waktu yang direkomendasikan agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan hula hoop minimal selama 30 menit setiap harinya.

2. Meluruhkan Lemak di Pinggang

Selain mengurangi lemak di bagian perut, melakukan olahraga dengan menggunakan hula hoop juga mampu mengurangi lemak di bagian pinggang. Hal ini karena goyangan pinggul selama memutar hula hoop secara konsisten dapat meluruhkan lemak di bagian pinggang. Meskipun sebenarnya lemak di bagian pinggang susah untuk dihilangkan, tetapi dengan melakukan olahraga menggunakan hula hoop secara teratur, rutin, dan serius terbukti ampuh. Oleh karena itu, olahraga hula hoop juga dijadikan bagian di berbagai pusat kebugaran pada kelas aerobik selain melakukan senam.

3. Mengencangkan Pinggul

Bagi Anda, terutama kaum wanita yang kurang percaya diri dengan pinggulnya yang besar apalagi pasca melahirkan, dapat menggunakan hula hoop sebagai piranti olahraga yang juga mampu memberikan manfaat untuk mengencangkan pinggul. Hal ini dikarenakan olahraga menggunakan hula hoop bisa membakar lemak dan kalori tubuh, termasuk yang ada di pinggul hingga tampak kencang, di samping otot-otot pada pinggul yang juga terpengaruh ketika memutarkan hula hoop. Dari sekian banyak orang yang telah mencobanya, olahraga menggunakan hula hoop dalam jangka waktu sebulan secara teratur, rutin, dan serius terbukti ampuh untuk mengencangkan pinggul.

4. Melenturkan Tubuh

Hal ini dikarenakan kebiasaan bergoyang yang dilakukan saat melakukan olahraga hula hoop. Sedemikian sehingga akan membuat tubuh semakin lentur, terutama dalam hal bergerak di bagian perut, pinggul, dan paha. Tentunya olahraga menggunakan hula hoop ini harus dilakukan secara teratur, rutin, dan serius apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, termasuk dalam segi kelenturan tubuh.

5. Mengencangkan Payudara

Salah satu manfaat lain dari berolahraga menggunakan hula hoop adalah mampu untuk mengencangkan payudara. Hal ini dikarenakan saat melakukan olahraga memakai hula hoop akan lebih nyaman dengan kondisi lengan terangkat dikala melakukan gerakan melingkar untuk memutar hula hoop di pinggul. Gerakan memutar yang disertai lengan terangkat ini akan mampu memberikan manfaat bagi Anda dalam mengurangi lemak di bagian payudara sehingga payudara akan tampak lebih kencang.

6. Merampingkan Paha

Setiap wanita terutama, memiliki paha yang ramping dan kencang menjadi impian tersendiri yang sangat diinginkan. Selain untuk menunjang penampilannya agar tampak semakin seksi, tentu juga ingin memanjakan pasangannya bagi wanita yang telah berpasangan. Oleh karena itu, melakukan olahraga menggunakan hula hoop secara teratur, rutin, dan serius diyakini mampu untuk mengencangkan dan merampingkan paha. Hal ini dikarenakan saat Anda melakukan goyangan pinggul selama berolahraga menggunakan hula hoop, secara tidak langsung bagian paha (otot-ototnya) juga ikut bergoyang demi menjaga keseimbangan pada hula hoop yang berputar.

7. Meningkatkan Daya Fokus dan Konsentrasi

Goyangan atau gerakan berputar saat memutar hula hoop di pinggul bukanlah sekedar goyangan atau gerakam biasa yang bisa dilakukan begitu saja. Namun juga diperlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi dari penggunanya agar dapat menjaga hula hoop tetap dalam keadaan berputar di bagian pinggul dan tidak jatuh ke bawah. Oleh karena itu, berolahraga dengan menggunakan hula hoop juga bisa meningkatkan daya fokus dan konsentrasi. Jadi, bagi Anda yang mungkin mengalami susah fokus dan konsentrasi, cobalah untuk melakukan olahraga dengan menggunakan hula hoop.

8. Meningkatkan Hormon Endorfin di Otak

Hormon endorfin ialah semacam senyawa kimia yang diproduksi oleh kelenjar otak bagian bawah. Yang mana, hormon ini mampu memberikan dampak senang dan nyaman pada seseorang. Hal ini dikarenakan orang yang sedang melakukan olahraga memakai hula hoop tampak senang dan bahagia bahkan disertai dengan canda tertawa saat dilakukan bersama-sama. Itu artinya proses produksi hormon endorfin di otak sedang meningkat sehingga secara tidak langsung olahraga menggunakan hula hoop juga bisa menghilangkan stress dan depresi.

9. Memperoleh Tubuh Ideal dan Seksi

sponsored links
Dari sekian manfaat yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas, maka jelas dapat disimpulkan bahwa olahraga menggunakan hula hoop yang dapat mengurangi lemak di perut dan pinggang, mengencangkan pinggul dan payudara, serta merampingkan paha, akan membantu Anda untuk memperoleh tubuh yang ideal dan seksi. Yang mana, hal tersebut merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh kaum wanita.

10. Menjaga Kesehatan Punggung

Manfaat bermain hula hoop tidak kalah pentingnya adalah dapat menjaga kesehatan punggung. Berolahraga dengan menggunakan hula hoop juga akan dapat menjaga kesehatan punggung Anda. Hal ini dikarenakan ketika melakukan goyangan hula hoop, Anda akan dipaksa untuk menegakkan punggung supaya putaran hula hoop tetap terjaga dan tidak jatuh. Sedemikian sehingga secara tidak langsung akan menyehatkan bagian punggung dan terhindar dari masalah osteoporosis ataupun masalah punggung lainnya karena kebiasaan atau posisi punggung yang salah, seperti sering membungkukkan punggung.

Dengan demikian, dari berbagai manfaat yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas, maka olahraga menggunakan hula hoop merupakan salah satu cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Apabila dilihat dari jumlah kalori yang mampu dibakar, olahraga menggunakan hula hoop setara dengan berjalan kaki 7 km/jam, yaitu terlihat pada orang yang sedang terburu-buru. Pada kecepatan tersebut, pejalan kaki sudah mampu membakar energi sebanyak 210 kalori dalam jangka waktu 30 menit. Sedemikian sehingga apabila olahraga menggunakan hula hoop sudah mampu memberikan manfaat yang setara, maka bisa dikatakan bahwa olahraga ini sama efektifnya dalam hal membakar lemak, mengencangkan, dan melangsingkan tubuh.

Manfaat Lainnya

Selain Manfaat di atas, olahraga dan bermain hula hoop dapat penting bagi tubuh di antaranya :

  1. Membakar kalori
  2. Menyehatkan jantung
  3. Menurunkan berat badan
  4. Menjaga keseimbangan tubuh
  5. Meningkatkan metabolisme tubuh
  6. Meningkatkan stamina
  7. Melatih pernafasan
  8. Mencegah kanker
  9. Mencegah obesitas
  10. Meningkatkan fungsi organ paru paru
  11. Melakukan detoksifikasi secara alami.

Kesetaraan tersebut sudah dibuktikan melaui sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Porcari, seorang ahli kebugaran dari University of Wisconsin La Crosse. Yang mana, dalam penelitian yang telah dilakukannya tersebut, Porcari melibatkan 16 relawan wanita yang usianya bervariasi dari 16 hingga 59 tahun.

Dalam proses penelitian, para relawan wanita yang merupakan partisipan kelas koreografi hula hoop tersebut, melakukan semacam kolaborasi antara bermain hula hoop dengan sebuah seni tari. Yang mana di dalam salah satu sesinya, Porcari mengamati jumlah energi (kalori) yang mampu terbakar serta gerak denyut jantung selama 30 menit bermain hula hoop.

Selain dari hasil yang telah disebutkan di atas bahwa bermain hula hoop selama 30 menit dapat membakar energi (kalori) sebanyak 210 kalori, Porcari juga berhasil menemukan bahwa detak jantung yang mengalami peningkatan hingga 151 kali/menit. Sedemikian sehingga telah terbukti bahwa hula hoop juga dapat menjaga kebugaran otot jantung. Hasil penelitian tersebut dipersentasikan oleh Porcari dalam pertemuan tahunan American College of Sports Medecine yang digelar di Denver, Amerika Serikat (Sumber Penelitian: Facebook Fans Page Goyang Pinggul).

Bagaimana dengan Anda, terutama kaum wanita, tertarikkah untuk mencoba melakukan olahraga menggunakan hula hoop untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan seksi atau hanya sekedar untuk menurunkan berat badan? Bukankah hal tersebut (permainan hula hoop) sudah terbukti secara penelitian ilmiah.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 28th, January 2016 / 05:55 Oleh :
Kategori : Olahraga