11 Manfaat Latihan Pernafasan Tenaga Dalam Bagi Tubuh

Setiap makhluk yang hidup pasti bernapas, bahkan tumbuhan yang tidak bergerak juga bernapas. Dengan bernapas, banyak zat penting yang memang harus dihirup dan menjadi salah satu sumber energi. Hanya saja, cara bernapas setiap makhluk hidup berbeda. Pernapasan dilakukan untuk tetap hidup. Pernapasan juga dimanfaatkan untuk mempelajari tenaga dalam. Karena sebenarnya, di dalam tubuh manusia terdapat sumber energi yang dapat dikeluarkan dengan melakukan latihan olah pernapasan. Karena sebenarnya, tenaga dalam hanya berasal dari pernapasan saja.

artikel terkait:

Teknik Pernapasan

Bernapas dalam ilmu yang sering dipelajari yakni menghirup udara yang notabene adalah oksigen, dan menghembuskan karbondioksida. Meskipun umumnya sama, yakni menghirup dan menghembuskan, akan tetapi pernapasan memiliki beberapa teknik, yakni:

  1. Teknik Pernapasan Perut

Salah satu teknik pernapasan yakni pernapasan perut atau banyak disebut sebagai nafas abdomen bawah. Teknik pernapasan perut dilakukan dengan menghirup udara melalui hidung, kemudian menahannya pada perut dan mengeluarkannya kembali melalui hidung. . Biasanya, melakukan teknik pernapasan perut akan menjadikan perut mengembung atau sedikit mengeras ketika sedang melakukan pernapasan perut.

  1. Teknik Pernapasan Dada

Teknik pernapasan dada dilakukan dengan menghirup udara melalui mulut dan menahan udara pada dada dan kemudian dikeluarkan melalui hidung atau juga bisa melalui mulut. Teknik pernapasan perut banyak dilakukan oleh orang yang melakukan beladiri Kung Fu

  1. Teknik Gabungan Pernapasan Dada Dan Perut

Teknik gabungan ini dilakukan dengan melakukan metode pernapasan perut dan juga pernapasan dada.

Teknik pernapasan dilakukan sesuai dengan tenaga dalam yang akan dijalani. Pemilihan teknik pernapasan untuk tenaga dalam ini juga tergantung pada perguruan atau padepokannya. Ada padepokan yang menggunakan teknik pernapasan perut dan ada juga padepokan yang menggunakan teknik pernapasan dada.

artikel terkait: manfaat olahraga paintball

Manfaat Latihan Pernafasan Tenaga Dalam

Melakukan latihan pernapasan tenaga dalam memiliki beberapa manfaat yang dampaknya dapat dirasakan oleh tubuh. Beberapa manfaatnya yakni:

  1. Mencegah Kelelahan

Melakukan latihan pernapasan tenaga dalam dapat menguatkan tubuh dan mencegah terjadinya kelelahan. Oleh karena itu, biasanya orang yang memiliki tenaga dalam dan melatih pernapasan tenaga dalamnya dengan baik, tidak akan mudah lelah ketika melakukan aktivitas.

artikel terkait: manfaat olahraga terjun bebas


  1. Merelaksasi Otot

Melakukan banyak aktivitas seharian penuh dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah karena otot yang tegang karena seharian penuh beraktivitas. Melatih pernapasan tenaga dalam dapat membantu merelaksasi otot tubuh setelah lelah seharian bekerja.

  1. Mengatasi Pegal

Seperti halnya dengan mencegah kelelahan dan juga merelaksasi otot, melakukan latihan pernapasan tenaga dalam dapatmembantu mengatasi pegal yang terjadi akibat kelelahan dan otot yang tegang.

artikel terkait: manfaat olahraga jet ski

  1. Menghilangkan Stress

Terlalu banyak pikiran dapat menjadikan pikiran menjadi stress dan tertekan. Melakukan pernapasan tenaga dalam dapat membantu mereduksi stress. Tidak hanya untuk menjaga kekuatan, melakukan latihan pernapasan tenaga dalam dapat dengan efektif mengatasi stress yang dialami.

  1. Mneingkatkan Kekebalan Pasif

Tubuh akan terluka apabila terbentur terlalu keras atau terkena beberapa benda tajam. Latihan pernapasan tenaga dalam dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pasif yang berdampak pada kekebalan tubuh terhadap luka baik yang terjadi karena terkena benda tajam maupun karena terbentur benda tumpul. Secara langsung, pernapasan tenaga dalam dapat membantu reduksi rasa sakit yang ditimbulkan karena luka yang diialami.

artikel terkait: manfaat olahraga ATV

  1. Menghilangkan Rasa Cemas

Orang yang sudah terbiasa melakukan latihan pernapasan tenaga dalam, akan memiliki mental yang kuat. Rasa cemas yang dimiliki dapat dihilangkan, sehingga biasanya, orang yang sering melakukan latihan tenaga dalam memiliki sifat heroik dan tidak takut dengan apa yang dihadapinya.

  1. Menjaga Sirkulasi Oksigen

Bernafas tentunya menjaga suplai oksigen di dalam tubuh. Dengan melakukan pernapasan tenaga dalam, suplai oksigen ke dalam tubuh akan lebih optimal. Suplai oksigen akan lebih optimal kesemua organ tubuh, terutama suplai oksigen untuk otak. Sehingga semua organ tubuh dapat terhindar dari kekurangan suplai oksigen.

artikel terkait: manfaat olahraga setiap hari

  1. Melancarkan Aliran Darah

Meskipun bernapas lebih pada kadar oksigen di dalam tubuh, pernapasan tenaga dalam yang dilakukan juga dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Melakukan latihan tenaga dalam dapat membantu memperlancar aliran darah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol saja, melakukan latihan pernapasan tenaga dalam juga dapat membantu menormalkan detak jantung. Dengan detak jantung yang normal, risiko terkena penyakit jantung juga dapat dihindari.

artikel terkait: manfaat olahraga backup


  1. Mencegah Insomnia

Melakukan latihan pernapasan tenaga dalam dapat mengoptimalkan sirkulas oksigen dan juga darah ke seluruh organ tubuh. Hal ini juga berpengaruh untuk mencegah insomnia.

Dari beberapa manfaat latihan pernafasan tenaga dalam yang telah dilakukan, ada beberapa manfaat lain dari melakukan latihan pernapasan tenaga dalam, diantaranya:

  1. Meningkatkan Konsentrasi
  2. Menjadikan Tubuh Lebih Rileks
  3. Meningkatkan Kewaspadaan
  4. Meningkatkan Energi Tubuh

artikel terkait: manfaat olahraga untuk anak usia dini

Melakukan latihan pernapasan tenaga dalam memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Akan tetapi, melakukan latihan pernapasan tenaga dalam harus dalam pengawasan ahlinya. Selain itu, yang lebih penting adalah tetap menyadari bahwa semua kekuatan yang dimiliki adalah datang dari Tuhan Yang Maha Esa.

, ,
Post Date: Saturday 09th, September 2017 / 07:45 Oleh :
Kategori : Olahraga