10 Manfaat Taekwondo Bagi Kesehatan

Taekwondo juga sering disingkat TKD merupakan sebuah seni beladiri yang sudah berumur ratusan tahun . Taekwondo berasal dari negara Korea. Saat ini taekwondo sudah sangat terkenal di dunia dan merupakan sebuah seni beladiri yang digolongkan berdasarkan kecepatan dan tinggi tendangannya. Taekwondo saat ini sudah dipraktekan oleh berbagai kalangan dari semua umur. Ini karena taekwondo merupakan olahraga yang memang ditujukan bagi semua umur dari mulai usia anak-anak hingga mereka yang sudah dewasa bisa mempelajari olahraga yang satu ini.

Takwondo dari segi kesehatan sangat bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih bugar, lebih sehat dan masih banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Selain manfaatnya untuk kesehatan, taekwondo juga memiliki manfaat yang besar untuk kehidupan kita secara menyeluruh.

Manfaat Taekwondo untuk Kesehatan Dalam Tubuh

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berlatih taekwondo. Mulai dari untuk menyehatkan jantung, menjaga stamina hingga dapat juga untuk membantu menghilangkan stress. Taekwondo selain merupakan sebuah olahraga yang bisa digunakan untuk tujuan membela diri, juga bisa berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menjadikan badan lebih ideal. Untuk lebih lengkapnya, akan dipaparkan dalam uraian di bawah ini:

  1. Menyehatkan Jantung

Berlatih taekwondo melibatkan semua otot di dalam tubuh kita. Termasuk otot-otot jantung, dan hal ini sangat bagus untuk meningkatkan fungsi kerja jantung, dan menyehatkan jantung secara menyeluruh. Melakukan taekwondo minimal selama 30 menit sehari dapat membantu tubuh lebih segar dan lebih fit untuk beraktifitas.

Sama seperti manfaat daun binahong yang dapat menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi makanan sehat yang rendah kolestrol juga dapat mencegah penyakit jantung yang lebih serius, seperti pada manfaat quaker oats. Makanan tambahan lainnya juga ada pada manfaat kacang panjang, dan manfaat susu kedelai.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Begitu otot-otot semuanya terlibat saat melakukan gerakan-gerakan taekwondo, maka peredaran darah pun akan terpacu. Sehingga melakukan taekwondo secara teratur bisa membantu memperlancar peredaran darah dan tubuh pun menjadi sehat. Hal ini juga karena banyak membutuhkan oksigen garena banyak bergerak dan mengatur pernapasan, seperti pada manfaat oksigen yang dapat mengalirkan darah secara teratur ke seluruh tubuh. Tidak lupa juga pada manfaat minum air hangat dan manfaat air putih yang dapat menyehatkan tubuh guna meningkatkan sistem peredaran darah dan melebarkan pembuluh darah agar lancar.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Begitu jantung terpacu, detak jantung meningkat, sirkulasi darah juga meningkat, serta otot-otot menjadi aktif sehingga tubuh pun dipaksa untuk membakar lebih banyak kalori dan berat badan pun menjadi turun. Sehingga, melakukan olahraga taekwondo secara teratur dan konsisten dapat menjaga berat badan ideal anda.

Untuk membuat tubuh lebih idel dengan cara yang baik, tidak lupa gunakan juga manfaat daun salam dan manfaat daun ceremai sebagai obat herbal dalam menurunkan berat badan. Dan sebagai makanan pelengkap sebaiknya mengkonsumsi beras merah, sebab manfaat beras merah baik untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh.

  1. Membantu Menjadikan Otot Lebih Kuat

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan di laman taekwondo-information.org, dikatakan jika salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berlatih taekwondo adalah untuk menguatkan otot-otot, tulang, tendon dan juga ligamen. Dan dari kesemua itu kekuatan otot yang bertambah lah yang paling dapat dirasakan.

Dan perubahannya pun lebih signifikan. Walaupun sebenarnya berolahraga taekwondo tidak dapat meningkatkan massa otot, tetapi taekwondo bisa menguatkan otot-otot karena pembakaran lemak yang terjadi saat melakukan gerakan taekwondo. Tambahkan juga untuk melakukan gym yang ringan seperti push up, dan sit up. Manfaat push up dapat membuat lengan memiliki otot yang besar, sedangkan manfaat sit up dapat membuat otot pada perut.

  1. Meningkatkan Stamina

Jika otot-otot menjadi lebih kuat, jantung pun menjadi lebih aktif, maka stamina tubuh anda secara keseluruhan pun akan meningkat. Hal tersebut bisa membantu tubuh untuk bekerja lebih lama dan menjadi tidak mudah capek. Untuk menambah stamina ada banyak suplemen yang dapat meningkatkan stamina dalam tubuh, salah satunya adalah ester c. Manfaat ester c dapat meregangkan otot yang kaku sehingga tubuh menjadi lebih relaks.

  1. Meningkatkan Kelenturan Otot

Pada awal sesi latihan taekwondo, para instruktur akan menyempatkan untuk melakukan sesi pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot-otot yang tadinya kaku. Jika dilakukan secara terus menerus, kegiatan tersebut dapat membantu meningkatkan kelenturan otot tubuh. Dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari adalah hal tersebut bisa membantu mencegah keseleo otot atau nyeri persendian saat melakukan aktifitas yang dijalani. Untuk lebih membuat otot menjadi releks dan cukup lentur, ada baiknya melakukan hal-hal yang ada pada manfaat latihan kelenturan tubuh, olahraga ini dipercaya baik untuk kesehatan.

  1. Meredakan Stress

Sama halnya aktifitas olahraga jenis lainnya, taekwondo bisa membantu meredakan stress dan melenturkan serta melemaskan otot – otot yang kaku, juga meredakan sakit kepala, dan sakit kronis yang lainnya. Taekwondo bisa menjadi alternatif yang efektif untuk meredakan stress sama halnya dengan aktifitas olahraga yang melibatkan mental.

Alternatif lainnya untuk meredakan stres dapat juga melakukan senam aerobik, atau meditasi. Manfaat senam aerobik dapat membuat tubuh menjadi aktif dan meningkatkan mood, sedangkan untuk manfaat meditasi dapat mereleksasikan tubuh dan juga pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Meningkatkan Refleks Tubuh

Gerak refleks berkaitan dengan sensor motorik tubuh yang bisa menjadi salah satu indikasi apakah seseorang bisa mengalami cedera atau tidak. Semakin bagus refleks tubuh, maka semakin kita terhindar dari cedera. Penelitian membuktikan bahwa mereka yang sering berlatih taekwondo lebih sering memiliki gerak refleks yang lebih cepat dan lebih baik.

  1. Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang

Penelitian di Korea menemukan jika anak-anak yang berlatih taekwondo memiliki kepadatan mineral tulang yang sangat baik. Dan hal tersebut menunjukan jika melakukan taekwondo bisa membantu memadatkan tulang dan menjadikannya lebih kuat. Olahraga lain yang dapat membuat tulang lebih padat antara lain terdapat pada:

  1. Meningkatkan Kendali Postural

Kontrol postural atau kendali postural berkaitan dengan kemampuan keseimbangan tubuh dan kemampuan motorik tubuh. Pada orang yang sering menjalani latihan taekwondo, terbukti lebih memiliki kemampuan kontrol postural yang jauh lebih baik.

Manfaat Taekwondo untuk Kesehatan Psikis

Selain berbagai manfaat kesehatan, taekwondo juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Dan hal tersebut sudah terbukti dengan adanya berbagai hasil penelitian yang menyatakan demikian. Lalu, apa saja kira – kira manfaat taekwondo bagi kesehatan mental kita yang berlatih olahraga ini?

  1. Meningkatkan Rasa Lebih Menghargai Diri Sendiri

Manfaat kesehatan mental yang pertama yang bisa didapat oleh mereka yang berlatih taekwondo adalah mereka akan lebih menghargai diri sendiri dan dapat menerima diri mereka sebagai mana adanya.

  1. Membangun Rasa Percaya Diri

Berlatih taekwondo juga bisa membantu membangun rasa percaya diri dan menghilangkan rasa minder. Ini karena berlatih taekwondo memacu anda untuk dapat berhasil dalam berlatih dan mengambil kendali terhadap hidup anda sendiri dengan terus berlatih dan berlatih tanpa kenal rintangan apapun.

  1. Membangun Kedisiplinan

Berlatih taekwondo tidak hanya melulu tentang latihan fisik untuk pertahanan diri semata. Tetapi berlatih taekwondo bisa melatih tubuh dan pikiran sekaligus sebagaimana yang ada di dalam prinsip-prinsip dan berbagai teknik yang diajarkan di dalam taekwondo. Sehingga kedisiplinan pun akan terbangun seiring sering berlatih olahraga taekwondo.

  1. Mengajarkan Cara Untuk Pertahanan Diri

Taekwondo melatih anda untuk mengenali berbagai situasi saat-saat dimana anda akan sangat membutuhkan pertahanan diri. Taekwondo juga mengajarkan bagaimana untuk bersikap dan mengambil alih situasi berbahaya tersebut menjadi lebih menguntungkan bagi kita.

  1. Menguatkan Tubuh dan Pikiran

Taekwondo merupakan olahraga yang tidak hanya mementingkan fisik, tetapi juga akan berdampak sangat positif bagi perkembangan mental. Dalam hal ini, taekwondo bisa membantu menguatkan tubuh serta pikiran kita karena dalam taekwondo sangat membutuhkan koordinasi antara fisik dan kedisiplinan mental. Namun terdapat olahraga lain yang dapat dilakukan guna menguatkan tubuh dan pikiran seperti pada: