14 Manfaat Kolagen untuk Tubuh

Kolagen merupakan sejenis protein terdiri dari asam amino yang menghubungkan dan mendukung jaringan tubuh manusia. Sekitar 33% protein dalam tubuh merupakan kolagen, sementara untuk jaringan kulit manusia sendiri 75 persennya ialah terbentuk daripada kolagen.

Berikut dijelaskan mengenai manfaat kolagen bagi tubuh manusia, yakni:

1. Kulit

Telah disebutkan bahwa 75% kulit manusia terbentuk daripada kolagen. Selain sebagai bahan penyokong dan membantu menjaga kesehatan kulit, konsumsi  kolagen ternyata juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit karena kandungan kolagen membantu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, kolagen juga bisa mencegah penuaan dini karena mampu menghidupkan kembali sel-sel kulit sehingga, terlihat lebih muda. Apabila merasa bermasalah dengan garis keriput yang biasanya muncul di sekitaran wajah, mengkonsumsi kolagen adalah solusinya, sebab kekurangan kolagen pada kulit sendiri ialah penyebab munculnya garis-garis keriput tersebut.

2. Otak

Jaringan kolagen merupakan jaringan yang sangat penting dengan tugasnya sebagai pendukung untuk memberikan nutrisi bagi otak kita. Pusing, pelupa, kehilangan ingatan, bahkan insomnia merupakan tanda yang menunjukkan kemungkinan kekurangan jaringan kolagen sehingga otak tidak mendapat nutrisi yang cukup. Selain itu, kekurangan jaringan kolagen pada otak bisa menghambat saraf pusat pada sel-sel otak yang kemudian dapat menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi sampai depresi.

3. Mata

Kolagen membantu melenturkan otot mata sehingga mata kita bisa bekerja dengan baik. Terutama saat masih muda, dimana pada kornea seseorang terdapat banyak kolagen yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga mata. Kolagen membantu mengoptimalkan penglihatan sehingga bisa berfungsi dengan normal. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan mata kering, kelehahan, sampai katarak dan penyakit mata  lainnya.

4. Rambut

Konsumsi kolagen ternyata juga memberikan manfaat bagi pertumbuhan rambut kita. Bagaimana tidak, kolagen ternyata mampu membantu mengatasi masalah rambut rontok. Kolagen membantu memperkuat kesehatan rambut serta mempercepat pertumbuhan rambut sehingga masalah rambut rontok Anda akan segera teratasi dengan rambut yang segera tumbuh kembali sekaligus merupakan yang memberi nutrisi bagi rambut.

5. Sistem Kekebalan Tubuh

Demi meningkatkan daya tahan tubuh, Anda tidak hanya membutuhkan vitamin saja. Kolagen ternyata juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga tidak mudah terserang penyakit. Bahkan, kandungan kolagen yang dikonsumsi mampu meningkatkan 100 kali daya imun Anda. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen secara teratur.

6. Sistem Pencernaan

Kekurangan kolagen dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan Anda seperti perut kembung hingga diabetes.

7. Sistem Sirkulasi Tubuh

Kekurang kolagen dalam tubuh bisa berdampak pada sistem sirkulasi sehingga bisa mengganggu stabilitas tekanan darah, meningkatnya kolesterol darah, serta sirkulasi darah menjadi lambat. Kekurangan kolagen membuat Anda rentan terkena penyakit kardovaskuler maupun serebrovaskuler.

8. Sistem Endokrin

Kolagen memiliki peran penting dalam menjaga sistem endokrin manusia. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan gangguan pada wanita berupa payudara menjadi kendur, gangguan saat menstruasi, serta meningkatkan risiko terkenan kanker payudara. Sedangkan pada laki-laki, kekurangan kolagen bisa berdampak pada masalah ejakulasi dini dan impotensi.

9. Kuku

Bagi Anda yang bermasalah pada kuku di mana muncul bintik-bintik putih pada kuku, kolagen membantu menghilangkan bintik-bintik tersebut karena bintik itu sendiri muncul jika seseorang kekurangan kolagen. Selain itu, kolagen juga membantu memperkuat kuku Anda sehingga tidak mudah patah.

10. Otot

Serat kolagen berperan dalam membantu memperkuat otot dan strukturnya agar dapat berfungsi dengan baik. Kolagen tidak hanya membantu memperkuat otot rangka saja tetapi juga berperan penting bagi otot polos pada organ manusia seperti otot jantung, otot pada organ reproduksi, serta otot yang ada pada kandung kemih. Nyeri punggung, kesemutan pada bahu serta kontraksi otot yang minim merupakan tanda seseorang kekurangan kolagen pada ototnya.

11. Sendi

Mengkonsumsi kolagen secara teratur dapat membantu mengatasi masalah sendi seperti nyeri. Hal ini disebabkan karena kandungan kolagen membantu memberikan fleksibelitas pada bagian tendon sehingga kerja sendi bisa lebih ringan. Tidak hanya itu, kolagen juga berperan sebagai bahan pemebntuk tulang rawan pada sendi.

12. Tulang

Untuk tulang, kolagen berfungsi seperti lem perekat agar tulang bisa tersambung dengan kuat pada sendi. Kolagen juga merupakan bagian daripada penyusun tulang itu sendiri bersama dengan mineral hydroxyapatite yang membentu struktur tulang serta membuat tulang lebih fleksibel untuk membentuk tubuh yang baik. Demi menjaga kesehatan tulang, konsumsi kolagen sama pentingnya dengan konsumsi kalsium. Selain membantu mencegah osteoporosis, kolagen juga bisa membantu menghilangkan nyeri tulang.

13. Gigi

konsumsi kolagen membantu memperkuat gigi, sementara jika kekurangan kolagen akan membuat gigi mudah kehilangan manfaat kalsium yang kemudian menimbulkan berbagai masalah baik pada gigi maupun gusi.

14. Pembuluh Darah

Untuk membentuk dinding pembuluh darah baik itu pembuluh vena, arteri maupun kapiler,  tubuh memerlukan kolagen. Selain sebagai pembentuk, kolagen juga berfungsi untuk menjaga struktur serta kelenturan daripada pembuluh darah tersebut. Tidak hanya itu, kolagen juga diperlukan untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

Sumber Kolagen yang Mudah Didapat

Begitu pentingnya kolagen bagi tubuh manusia mulai ujung rambut sampai berbagai organ penting, sudah sepatutnya kita rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolagen dengan rutin setiap hari. Berikut adalah sumber kolagen yang bisa kita dapatkan, yakni:

  • Konsumsi bua yang mengandung Vitamin C dan Antioksidan

Pada buah-buahan yang mengandung vitamin C dan manfaat antioksidan seperti apel, stroberi, jambu merah, anggur, wortel, tomat, jeruk, pepaya, dan lain sebagainya. Selain mengandung vitamin dan antioksidan, buah-buahan tersebut juga merupakan sumber kolagen yang tinggi. Kandungan likopin pada manfaat tomat bahkan membantu tubuh melawan enzim kolagonase, yaitu suatu bentuk senyawa yang dapat menghancurkan kolagen di dalam tubuh. Mengkonsumsi tomat, berarti kita memiliki petarung untuk melawan enzim yang merugikan tersebut.

  • Konsumsi sayur yang mengandung vitamin C dan vitamin K

Tidak hanya pada buah-buahan, kolagen juga banyak terdapat pada sayuran yang mengandung vitamin C dan manfaat vitamin K seperti kubis, asparagus, kembang kol, bayam, bawang putih, brokoli, dan paprika. Jadi, saat mengkonsumsi sayuran tersebut tidak hanya mendapat manfaat dari vitamin tetapi juga memeroleh manfaat dari kolagen yang terkandung di dalamnya.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung Omega 3

Sumber Omega 3 ialah ikan tuna, ikan salmon, ikan mackarel, dan telur. Namun, makanan yang mengandung manfaat omega 3 juga terdapat banyak kandungan kolagen di dalamnya. Sementara omega 3 sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh karena merupakan jenis lemak yang baik, kolagen pun sama bermanfaatnya bagi tubuh seperti yang telah dijelaskan di atas.

  • Mengkonsumsi olahan kedelai

Untuk mendapatkan kolagen, kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai olahan dari manfaat kedelai seperti tempe, tahu, keju, dan susu. Bahkan diketahui bahwa tempe yang merupakan asli produk Indonesia telah dinobatkan sebagai salah satu jenis makanan yang paling sehat di dunia.

Sebenarnya kolagen sendiri sudah ada di dalam tubuh manusia. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, secara alami kadar kolagen dalam tubuh manusia juga akan berkurang sehingga, konsumsi makanan saja mungkin tidak akan cukup sehingga tidak jarang kita memerlukan asupan tambahan. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan kolagen dengan mengkonsumsi suplemen tambahan kolagen, dalam bentuk injeksi, bahkan kosmetik. Tapi tentu saja, yang paling disarankan dan paling dianjurkan adalah dengan mengkonsumsi kolagen dari sumber yang alami saja.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi