Sponsors Link

15 Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Sponsors Link

Daun sirih memiliki jenis yang beragam tetapi memiliki kandungan kimia yang sama, antara lain sirih hijau, sirih kuning, sirih merah, dan sirih hitam. Semua jenis sirih memiliki kemampuan ajaib dalam merawat kecantikan kulit wajah selain ampuh mengobati beberapa penyakit, misalnya mampu menghilangkan bau badan yang tak sedap, melancarkan menstruasi, dan sebagai pembersih daerah kewanitaan.

ads

artikel terkait: manfaat rebusan daun sirihmanfaat daun sirih merah untuk pengobatan herbalmanfaat daun sirih bagi kesehatan

Kandungan Daun Sirih

Ada beberapa kandungan yang terdapat dalam daun sirih, antara lain:

  • Flavonoid
  • Senyawa aktif tanin
  • Minyak astsiri
  • Senyawa kuat Saponin
  • Zat Fenil propoda
  • Zat terpenana
  • Zat hidroksikaficol
  • Senyawa karvokrol
  • Senyawa Allylprokatekol
  • Zat P-Cymene
  • Zat Cineole dan Coryofelen

Semua senyawa yang ada di dalamnya bertindak sebagai antioksidan, antikanker, antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi yang alami tetapi ampuh dalam mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan kulit wajah termasuk memblokir aktivitas sel kanker yang menyerang kulit.

Keutamaan Daun Sirih

  • Tidak mempunyai efek samping. Pemakaian daun sirih untuk perawatan dan pengobatan pada kulit wajah relatif aman untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan semua senyawa yang ada di dalamnya bersifat menenangkan aliran darah di sekitar wajah, bersifat alami, bertindak sebagai antiinflamasi yang aktif, dan antibiotik yang kuat serta tidak merusak jaringan kulit di bagian terdalam sekalipun.
  • Dapat digunakan sebagai perawatan wajah di luar dan dalam tubuh. Ketika seseorang melakukan perawatan kulit wajah dari luar dengan menggunakan daun sirih maka disarankan untuk mengkonsumsi rebusan daun sirih yang telah ditambahkan gula aren dan air jeruk nipis yang bermanfaat untuk perawatan kulit wajah dari dalam sehingga mempercepat proses penyembuhan peradangan, pembengkakan, jerawat, ruam, dan gatal pada wajah. Selain itu, mencegah timbulnya sel kanker pada kulit wajah akibat sering terpapar sinar ultraviolet setiap hari.
  • Memiliki banyak manfaat selain untuk perawatan wajah. Rebusan daun sirih tidak hanya akan merawat kecantikan wajah dari dalam melainkan dapat mencegah dan mengobati penyakit lain yang berhubungan dengan bau badan yang tak sedap, melancarkan menstruasi, mengharumkan daerah kewanitaan, dan lain lain. Sebagai contoh, rajin mengkonsumsi rebusan daun sirih setidaknya seminggu 3 kali dapat menjaga kesegaran wajah dan mempertahankan kebersihan wajah dari serangan bakteri penyebab jerawat, komedo, dan bisul kecil yang sangat gatal.

Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk wajah, pada kecantikan dan kesehatannya :

1. Menyembuhkan jerawat yang meradang dan jerawat batu

Senyawa antiinflamasi dalam daun sirih membantu meredakan, mengempiskan, dan menyembuhkan peradangan atau jerawat batu yang terasa nyeri jika disentuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menghaluskan daun sirih lalu balurkan perlahan pada wajah yang sedang meradang. Lakukan cara ini setiap hari pagi dan sore hari agar mempercepat penyembuhan.

artikel terkait: manfaat natur Emanfaat sabun dettol

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Senyawa antiseptiknya dapat mengecilkan pori-pori kulit yang melebar akibat pemakaian make up setiap hari. Caranya dengan mengoleskan daun sirih yang telah dihaluskan sebelum berangkat tidur malam dan diamkan  selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, beristirahat dengan wajah yang terbebas dari pemakaian krim malam apapun.

artikel terkait: manfaat es batu untuk kulit wajahmanfaat tomat untuk wajah

3. Memudarkan flek hitam dan bekas jerawat

Semua senyawa yang ada pada daun sirih memiliki kemampuan untuk memudarkan warna kulit yang tidak rata akibat paparan sinar ultraviolet, akibat jerawat, atau karena pemakaian kosmetik. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengambil daun sirih yang sebelumnya dihaluskan dan ditambahkan air jeruk nipis lalu diperas airnya. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selam 20 menit. Lakukan sesering mungkin sampai flek hitam menghilang secara alami.

artikel terkait: manfaat melanox creammanfaat baking soda

4. Mengobati gatal pada kulit wajah

Rebusan air sirih yang telah didinginkan selama satu hari sangat bermanfaat untuk membasuh muka dipagi hari, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Cara ini dapat meredakan dan menyembuhkan ruam dan gatal pada wajah.

5. Mengeringkan luka pada wajah

Bagi seseorang yang mempunyai luka akibat memencet jerawat yang sembarangan, akibat tergores, terhantam, dan sebagainya dapat dihilangkan dengan menggunakan daun sirih. Cara ini dapat dilakukan dengan membalurkan daun sirih  yang telah dihaluskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit agar senyawa antiinflamasi dan antibiotik yang kuat mampu meresap dan mempercepat proses pengeringan luka.

6. Pengangkat kotoran dan debu di wajah

Rebusan air daun sirih dapat digunakan untuk mencuci muka di pagi hari setelah bangun tidur, diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Rebusan air daun sirih dapat mengangkat kotoran atau debu yang masih tersisa di wajah.

artikel trkait: manfaat air mawarmanfaat facial wajah secara teraturmanfaat pobling pore sonic cleanser

7. Membunuh bakteri penyebab bisul di wajah

Perasan air daun sirih yang telah dihaluskan dan ditambah dengan sedikit air kunyit yang kental dapat dioleskan perlahan dan diamkan selama 20 menit dapat membunuh bakteri penyebab bisul di wajah. Hal ini disebabkan kunyit dan daun sirih memiliki senyawa antiinflamasi yang jika digabungkan dapat membunuh bakteri sehingga tidak menyebar ke tempat yang lain dan meninbulkan jerawat.

artikel terkait: manfaat vitacidmanfaat daun ketumbar untuk kesehatan

8. Mencegah dan mengatasi panu di wajah

Panu adalah penyakit kulit yang disebabkan jamur akibat terpapar radikal bebas dan malas membersihkan kulit sebelum tidur malam. Panu dapat dihilangkan dengan penggunaan daun sirih yang telah dihaluskan yang sebelumnya telah ditambahkan sedikit air langkuas. Lalu oleskan pada wajah yang berpanu dan diamkan selama 20 menit. Lalukan cara ini sehari dua kali sampai panu menghilang.

artikel terkait: manfaat madu untuk kulitmanfaat bunga kamboja serta bagian lainnya

9. Mencegah munculnya komedo

Daun sirih yang telah dihaluskan lalu dibalurkan pada wajah yang ditumbuhi komedo maka komedo tersebut akan mampu mengeluarkan isinya secara alami tanpa pemencetan dengan menggunakan tangan. Komedo yang telah keluar dapat segera anda basuh dengan rebusan air daun sirih yang telah dingin agar wajah benar-benar terbebas dari pertumbuhan komedo kembali.

artikel terkait: manfaat tomat

10. Menghambat pergerakan aktif sel kanker pada kulit

Senyawa alkoloid pada sirih ampuh memblokir dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker yang ada di luar ataupun di permukaan kulit misalnya kanker kulit. Kanker kulit adalah kanker yang diawali dengan munculnya bintik hitam yang kemudian berubah hidup menjadi sel tumor jinak yang jika tidak segera diatasi maka akan berpotensi bermutasi dalam DNA menjadi sel kanker.

artikel terkait: manfaat anggurmanfaat buah manggis

11. Mengencangkan kulit wajah

Basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang hangat kuku setelah pulang dari aktivitas sehari-hari agar kulit senantiasa kencang dan terhindar dari kelelahan.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk kecantikanmanfaat uap nasi untuk kecantikan

ads

12. Menyeimbangkan minyak berlebih

Menjadikan daun sirih yang telah dihaluskan sebagai masker harian akan membuat kondisi wajah senantiasa segar, cerah, dan tidak berminyak. Senyawa astsiri yang ada pada daun sirih paling ampuh dalam menyeimbangkan kadar minyak berlebih terutama pada orang orang yang memiliki jenis kulit berminyak.

artikel terkait: manfaat sunblockmanfaat jeruk nipis

13. Mengobati pembengkakan akibat alergi kulit

Zat antiinflamasi dapat meredakan dan mengempiskan peradangan yang terjadi pada wajah akibat alergi. Banyak orang yang terserang alergi yaitu mendadak bengkak wajahnya setelah beberapa menit mengkonsumsi makanan hasil laut yang mengandung zat merkuri misalnya kepiting atau lobster.

14. Menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah

Untuk mencegah tampilan wajah yang lesu, kusam, dan kasar maka basuh wajah dengan rebusan daun sirih yang telah dingin yang sebelumnya telah ditambahkan dengan sedikit garam dapur secara rutin.

15. Menyembuhkan luka bakar pada wajah

Luka bakar dapat meninggalkan bekas yang dapat membuat rona wajah menjadi kurang menarik, untuk mempercepat penyembuhan dan menghilangkan bekas luka bakar sebaiknya basuh wajah dengan rebusan air daun sirih setiap hari. Lalu diamkan sejenak kemudian basuh kembali lalu diamkan selama 20 menit . Kemudian bilas dengan air bersih yang telah dibubuhi zat antiseptik rekomendasi dokter kulit.

Pengobatan herbal daun sirih untuk perawatan harian wajah

1. Daun Sirih + Garam

Cara penggunaan:

  • Cuci dan haluskan daun sirih
  • Tambahkan garam dapur biasa yang tidak mengandung iodium
  • Kemudian remas sesaat agar kedua bahan alami tersebut tercampur merata menjadi satu
  • Setelah itu balurkan perlahan pada wajah

Ramuan tradisional yang sederhana ini dapat diaplikasikan setiap hari karena mampu mencegah timbulnya komedo pada kulit yang jika dibiarkan berpotensi menjadi jerawat. Bagi seseorang yang tmemiliki komedo ramuan ini dapat mempercepat keluarnya komedo tanpa ada pemencetan.

2. Daun Sirih + Air Jeruk

Cara penggunaan:

  • Daun sirih dicuci terlebih dahulu lalu haluskan hingga benar benar halus
  • Kemudian tambahkan secukupnya perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis
  • Remaslah perlahan-lahan
  • Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit

Ramuan unik ini dapat dipakai setiap pagi sebelum berdandan atau menggunakan kosmetik. Ramuan ini terbukti mampu menghilangkan kelebihan minyak pada wajah yang memiliki jenis kulit berminyak. Selain itu, cara ini dapat menyeimbangkan kadar minyak berlebih dan membuat bedak yang telah diaplikasikan pada wajah lebih tahan lama dan tidak luntur atau wajah cepat menjadi mengkilat karena berminyak.

3. Daun Sirih + Madu Asli

Cara penggunaan:

  • Daun sirih dicuci terlebih dahulu kemudian haluskan sampai halus
  • Tambahkan madu asli secukupnya
  • Oleskan pada wajah yang sedang mengalami peradangan akibat tersengat matahari, akibat pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya atau sedang meradang akibat pemencetan jerawat yang salah.

Ramuan antiinflamasi ini sanggup menyembuhkan peradangan atau luka yang terjadi pada wajah dan sangat cocok bagi jenis kulit yang sensitif atau yang sangat kering yang cenderung mudah terkena iritasi.

artikel terkait: manfaat madumanfaat madu hitam pahit

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 06th, May 2016 / 09:04 Oleh :
Kategori : kecantikan