10 Manfaat Sabun Dettol untuk Wajah – Skincare – Jerawat

Dettol, sabun keluarga yang sudah amat terpercaya dengan kemampuannya melawan kuman. Menurut penelitian, sabun ini sudah cukup pas untuk digunakan setiap hari. Apalagi untuk anda yang setiap hari harus berada diluar rumah dengan segala kesibukan aktivitas yang menjumpai. Sabun dettol sangat baik digunakan untuk anak-anak sampai dewasa. Sebab sifat asam basa sabun yang pas, yakni ph 7 (normal dan balance). Bukan hanya membuat anda bebas dari kuman, namun kandungan sabun membuat anda segar. Bahkan terasa lebih lama dari sabun biasa.

Komposisi Sabun Dettol

manfaat sabun dettolPaling penting dari suatu produk sabun adalah komposisinya. Apakah kandunganya memiliki zat yang berbahaya untuk tubuh, sehingga harus dihindari. Ataukah mengandung zat yang memiliki efek samping yang beresiko. Namun anda tidak akan menemukan kejanggalan pada produk dettol. Salah satu varian dettol yang cukup familiar di gunakan untuk mandi sehari-hari adalah Dettol Cool. Kandunganya terdiri atas :

  • Sodium Palmate
  • Sodium palm kemelate
  • Sodium C14-16 Olefin Sulfonat
  • Lauryl Lactyl Lactte
  • Triclocarbon
  • Sucrose cocoate
  • Stearyl heptanoate dan caprylate
  • Tetrasidium EDTA dan Etidronate
  • Hydroxypropil cyclodextrin
  • Tetrabutyl ammonium bromide
  • Acetic acid
  • Sodium laureth sulfate
  • Methyl chloral sothiazolinone
  • Methylisothiazolinone

Banyaknya peminat sabun dettol, apalagi dikalangan kesehatan. Memang secara komposisi banyak kandungan dettol yang bekerja antiseptic yang aktif membunuh kuman. Rekomendasi cocok untuk anda yang sedang dalam masa penyembuhan. Selain itu, sejumlah manfaat sabun dettol yang bisa anda rasakan jika memakainya :

1. Merawat dan membersihkan luka

Hal ini terjadi pada anak anak yang masih belajar berjalan, apalagi di umur balita. Anak di usia tersebut masih gemar-gemarnya berlarian dan berkejaran dengan teman sebayanya. Tidak menutup kemungkinan mereka jatuh dan terluka. Nah dari situlah terjadinya luka, yang memungkinkan kuman masuk kedalam tubuh. Solusinya dengan membersihkan luka tersebut dengan air yang dicampur dettol. Fungsinya untuk mengusir kuman yang terlanjur masuk.

2. Kontrol infeksi

Kuman ada dimana-mana. Bahkan disetiap barang yang anda sentuh, kemungkinan besar mengandung kuman. Kadang kala sebelum makan, lupa mencuci tangan. Salah satu solusi tepatnya dengan membawa dettol hand sanitaser untuk mencuci tangan sebelum makan. Praktis, higenis, dan hemat bukan?

3. Menghindari flu

Penyakit flu memang paling mudah menular, sebab penyebarannya yang cukup cepat dan mudah melalui udara. Apalagi ketika bersinggungan dengan orang yang sedang sakit flu dan batuk. Sebaiknya menggunakan masker ketika di lingkungan luar. Jangan lupa tissue untuk menutupi saat batuk dan bersin. Paling berpengaruh adalah kebersihan diri anda. Manfaat sabun dettol yang digunakan untuk mandi dan mencuci tangan mengandung antiseptik yang mmebersihkan kuman. Jika saja tidak mampu mencuci dengan sabun, pakailah hand sanitaser.

4. Mengurangi resiko tipus

Penyebaran tipus melalui bakteri Salmonella typosa yang sangat mudah menular. Apalagi di daerah yang memiliki sistem sanitasi yang buruk. Penyebaran paling cepat melalui fases dan urin manusia. Oleh karena itu biasakan mengonsumsi makanan dengan tangan bersih. Bakteri tipus sangat cepat menyerang tubuh anda, namun masa inkubasinya sekitar 2 minggu. Untuk menghindarinya dengan membersihkan tangan sebelum makan. Gunakanlah hand sanitaser serta dettol antiseptic

5. Membunuh jerawat

Kelebihan fungsi dettol lainya adalah mampu membunuh bakteri jerawat. Biasanya jerawat hanya mampu dibasmi oleh sabun khusus jerawat saja. Manfaat sabun dettol untuk jerawat selain dapat membunuh kuman juga mampu membunuh bakteri. Kelebihan inilah yang membuat orang lebih memilih menggunakan dettol. Sebab fungsi satu untuk semua.

6. Lebih menewaskan kuman

Dettol memiliki kandungan chloroxylenol  yang cukup tinggi. Sedangkan pada karbol hanya sedikit mampu menewaskan banyak penjahat kuman.

7. Mencegah resiko keracunan

Biasanya keracunan makanan disebabkan karena kontaminasi kuman dan bakteri. Anda dapat menemukan makanan yang sudah terkontaminasi ditandai dengan banyaknya lalat mengerubungi. Salah satu pencegahanya dengan memilih makanan yang berada ditempat tertutup dan jauh dari polusi. Misal peletakan makanan berada didalam tempat tertutup. Jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum makan.

Tips lain dengan menyimpan makanan didalam lemari es. Keadaan dingin mampu membekukan bakteri, pertumbuhanya akan non aktiv. Jika anda memakan daging, masaklah dengan benar-benar matang. Sebab daging yang di goring atau dimasak tidak mateng juga menjadi tempat tinggal produktiv untuk bakteri.

8. Mencegah timbulnya jerawat

Jika ada tips untuk mengatasi jerawat, manfaat sabun dettol skincare juga baik untuk menjaga wajah dari jerawat. Meski anda belum pernah jerawat, juga perlu menjaga kebersihanya. Dettol memiliki kandungan untuk antiseptic sehingga mencegah timbulnya jerawat.

9. Infeksi Stafilokukos

Mikro organism yang cukup berbahaya untuk  kesehatan kulit adalah staphylococcus aureus. Penyebaranya melalui udara dan debu yang ada di sekitar. Sehingga ketika anda mengalami kontak langsung, kulit mampu menjadi benteng pelindung. Namun ketika anda terluka, maka kontak langsung antara bakteri stafilokokus terjadi. Ada dua jenis infeksi, yakni :

  • Infeksi pada jaringan lunak : terjadi hanya pada bagian luar kulit saja
  • Infeksi invasive : infeksi sudah masuk ke aliran darah, tulang, lungs, dan jantung. Infeksi jenis ini dinilai sangat beresiko karena sudah membahayakan organ dalam tubuh.

Solusi untuk mengurangi resiko infeksi ini dengan selalu menjaga bersih tangan anda. Biasakan sebelum dan sesudah makan untuk mencuci tangan. Jangan lupa untuk mandi minimal dua kali sehari menggunakan sabun dettol yang punya kandungan antiseptic. Serta ketika anda terjatuh, usahakan untuk membersihkan luka dengan air yang sudah di tetesi dettol.

10. Menghindari virus H1N1

Anda lebih sering mendengarnya sebagai flu babi. Meski si penemuanya berada pada babi, namun flu ini juga menjangkiti manusia. Penularanya sama dengan flu yang ada pada umumnya. Yakni melalui kontak udara langsung, dengan udara dan air liur orang bersin. Untuk mencegahnya, hindarkan diri dari orang yang sedang sakit flu. Usahakan jika anda flu untuk menutup dengan tissue.

Namun jika tidak membawa, tutuplah menggunakan siku (bukan tangan). Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan menggunakan hand sanitaser dettol dan sabu pencuci tangan. Sebab kandunganya mampu untuk membunuh kuman yang ada.

Demikianlah manfaat dettol untuk melindungi keluarga anda dari kuman berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan