4 Manfaat Daun Cincau untuk Wajah Wanita dan Pria

daun cincauSudah pernah mendengar cincau? Tentunya sudah, karena cincau adalah salah satu tumbuhan yang sangat popular untuk dijadikan bahan minuman yang memberikan sensasi sangat menyegarkan apabila diminum disaat cuaca yang sedang panas terik. Cincau sendiri mempunyai berbagai macam kandungan mineral yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh tubuh.

Cincau yang memiliki nama latin Cyclea barbata mengandung serat, kalsium, lemak, karbohidrat, protein, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Namun ternyata selain bermanfaat untuk kesehatan, cincau juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Adapun beberapa manfaat daun cincau untuk wajah antara lain adalah :

1. Merilekskan Otot Wajah

Otot adalah salah satu organ yang paling sering digunakan setiap saat. Karena adanya aktivitas yang sangat banyak dan menumpuk maka dapat memicu otot untuk bekerja jauh lebih keras. Hal inilah yang menyebabkan otot seringkali mengalami ketegangan. Otot wajah yang terlalu tegang akan memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah, kulit wajah akan mudah terlihat kusam dan timbulnya garis garis halus seperti tanda munculnya penuaan dini. Wajah juga akan terlihat tidak fresh, sehingga tidak nyaman bila dipandang.

Untuk mengatasinya, anda tidak perlu repot repot membeli produk kecantikan dengan merek dan harga yang mahal. Anda cukup merutinkan saja menggunakan cincau sebagai masker wajah. Karena didalam cincau, terkandung senyawa dimetil kurin-1 dimetiodida yang berguna untuk membuat otot wajah menjadi jauh lebih rileks. Caranya sangatlah gampang, cukup tumbuk beberapa helai daun cincau yang sudah dicuci bersih. Setelah ditumbuk halus, campurkan beberapa tetes minyak zaitun atau air sari mawar. Lalu oleskan secara merata dibagian wajah anda. Lakukan perawatan dengan masker cincau setidaknya 3x seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini disebabkan karena banyak hal, salah satunya adalah faktor umur, beban pikiran yang terlalu berat, kebiasaan begadang, tidak menjaga pola makan, dan lain lain. Penuaan dini yang terjadi pada kulit dapat dilihat dengan cara yang mudah, biasanya akan muncul garis garis halus di kulit wajah, kemudian kulit wajah juga semakin tidak kencang atau semakin mengendur. Apabila anda mengalami salah satu tanda tanda tersebut, sebaiknya perbanyaklah melakukan perawatan kulit menggunakan bahan herbal.

Manfaat facial wajah secara teratur dapat mencegah penuaan dini. Facial dengan bahan herbal tentunya akan memberikan keamanan yang terjamin dibandingkan kosmetik dan produk kecantikan diluar sana yang biasanya terkandung berbagai unsur atau zat kimia yang tidak ramah kepada kulit. Penggunaan bahan herbal untuk kesehatan dan kecantikan kulit juga menjamin tidak memberikan efek samping yang berbahaya seperti terjadinya peradangan kulit, alergi, kulit yang menjadi mudah kemerahan, kulit yang menipis, dan berbagai efek samping lainnya.


Bahan herbal tersebut bisa anda buat menggunakan berbagai macam tumbuhan, salah satunya adalah daun cincau. Tahukah anda bahwa daun cincau sendiri mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan berfungsi sebagai filter kulit untuk menangkal datangnya radikal radikal bebas yang jahat untuk mengganggu sistem kesehatan kulit. Radikal jahat yang menyerang kulit dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua, memunculkan bintik-bintik atau flek hitam, membuka peluang tumbuhnya jerawat dan lain lain.

Adapun untuk penggunaan daun cincau bisa dari luar maupun dari dalam. Jika anda ingin melakukan perawatan dari luar, anda bisa membuat masker wajah dari daun cincau yang telah dihaluskan. Sedangkan jika ingin melakukan perawatan dari dalam, anda bisa meminum air rebusan dari beberapa helai daun cincau yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Air rebusannya pun nyaman untuk diminum, karena rasanya tergolong hambar dan tidak memiliki bau yang menyengat.

3. Mencerahkan Kulit

Tentunya sudah banyak yang tahu kandungan vitamin C di dalam daun cincau juga dapat memberikan efek mencerahkan warna kulit wajah. Manfaat vitamin C ampuh untuk memudarkan bekas bekas jerawat yang berbuah menjadi flek-flek hitam yang mengganggu kecantikan wajah. Kulit yang kusam dan gelap memang disebabkan oleh banyak faktor, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari, jarang membersihkan atau menscrub kulit wajah, dan berbagai alasan lainnya. Dengan rutin melakukan perawatan wajah menggunakan daun cincau, anda akan mendapatkan kulit yang tampak lebih cerah. Warna kulit pun akan jauh lebih rata dan tidak gampang belang.

Penggunaan masker wajah dengan daun cincau pun dapat lakukan sesering mungkin, tidak perlu takut karena masker dari bahan herbal ini tidak akan memberikan efek negatif seperti pengaruh efek samping tertentu. Masker wajah daun cincau pun sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit, seperti kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan sangat direkomendasikan pula untuk anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Adapun waktu penggunaan masker yang dianjurkan adalah di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari saat hendak beristirahat. Karena di waktu tersebutlah kulit wajah tidak mengalami tekanan yang berat.

4. Mengurangi Peradangan Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pasti pernah dialami oleh semua orang. Jerawat sendiri tergolong menjadi beberapa jenis, ada jerawat batu, jerawat bruntusan, dan lain lain. Jerawat sendiri aslinya adalah kumpulan kotoran atau minyak berlebih yang berkumpul disatu titik dibawah sel kulit yang tidak dapat keluar melalui pori pori kulit wajah. Jerawat biasanya disebabkan karena banyak hal, seperti salah dalam menggunakan produk kosmetik, jarang membersihkan sisa sisa make up, terlalu sering terpapar debu atau polusi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi (kacang, telur, dan lain lain), dan bisa juga jerawat disebabkan karena masalah hormonal seperti hendak akil baligh ataupun haid.

Beberapa jerawat yang mengalami peradangan biasanya menimbulkan efek yang yang terasa nyeri atau pedih saat disentuh. Namun dengan mengkonsumsi daun cincau atau menjadikannya masker wajah, hal ini bisa mengurangi peradangan jerawat yang terjadi di wajah anda. Sebaiknya gunakanlah daun cincau sebagai obatnya sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan cepat. Dalam penggunaan daun cincau pun anda bisa mencampurkannya dengan berbagai bahan lain, seperti minyak zaitun, air mawar, madu, air lemon, dan sebagainya.

Demikian manfaat daun cincau untuk wajah. Selain dari daunnya, ada juga bisa mendapatkan manfaat cincau hijau dan manfaat cincau hitam untuk wajah. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 05:27 Oleh :
Kategori : Herbal