Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Hipertensi (Darah Tinggi)

Daun seledri merupakan jenis sayuran yang berwarna hijau dan masih dalam satu keluarga dengan sayur peterseli. Seledri biasanya digunakan sebagai sayur pelengkap berbagai masakan seperti bakso, sup dan lainnya. namun manfaat dari daun seledri ini ternyata bukan hanya bisa digunakan sebagai pelengkap masakan saja tapi juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Daun seledri memang sudah sejak lama dikenal mampu mengatasi berbagai jenis penyakit akan tetapi ketenarannya belumlah meluas sehingga belum banyak yang mengetahui hal ini.

artikel terkait manfaat daun seledri:

Para praktisi pengobatan herbal sudah lama mengidolakan daun seledri sebagai obat herbal terutama untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. nilai gizi yang terdapat di dalam daun seledri mampu menurunkan tekanan darah dan mampu mencegah penyakit kardiovaskular atau penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. inilah mengapa para penderita hipertensi sangat dianjurkan mengonsumsi sayuran terutama daun seledri.

Mitos mengenai tekanan darah tinggi

Di masyarakat terkadang terdapat berbagai mitos salah satunya adalah mengenai penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terbukti secara ilmiah. Berikut ini adalah beberapa mitos mengenai tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Tekanan darah tinggi adalah normal

Jika anda mendengar mitos ini maka jangan percaya karena ini adalah bohong besar. Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana darah menekan terlalu keras saat mengalir di dinding pembuluh darah dan bila ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu tekanan darah tinggi bukanlah hal yang normal dan harus segera di atasi.

  • Hipertensi tidak dapat dicegah

Banyak orang mengatakan bahwa hipertensi tidak dapat dicegah terutama jika dalam keluarga terdapat orang yang menderita tekanan darah tinggi pula.  Hal itu memang benar namun bukan berarti tekanan darah tinggi tidak dapat dicegah. Semua orang bisa mencegah penyakit tekanan darah tinggi dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan seperti menghindari merokok, minum minuman keras, membatasi konsumsi garam dan usahakan untuk tidak stress. Serta lakukanlah hidup sehat seperti makan makanan bergizi, cukup minum air putih dan olahraga secara teratut. Itu adalah cara yang ampuh untuk mencegah datangnya tekanan darah tinggi.

  • Tidak ada pengobatan yang berguna

Para penderita tekanan darah tinggi biasanya merasa putus asa pada pengobatan dan menganggap bahwa tidak ada pengobatan yang berguna untuk menyembuhkan mereka. Namun itu tentu saja tidak benar. Jika penderita melakukan berbagai hal yang dianjurkan oleh para ahli medis seperti minum obat secara teratur, memeriksa tekanan darah secara rutin dan mengetahui efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi pasti akan membuat penyakit tekanan darah tinggi menjadi normal kembali.

artikel terkait hipertensi:

Manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

Daun seledri mengandung gizi dna nutrisi yang sangat baik untuk para penderita hipertensi seperti kandungan phthalides, kumarin dan juga apigenin. Oleh karena itu menggunakan daun seledri sebagai bahan diet sehat bagi penderita hipertensi adalah hal yang sangat dianjurkan. Berikut ini adalah penjelasan dan rincian kandungan yang ada di dalam daun seledri dan alasannya mengapa sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Phthalides

Salah satu kandungan kimia yang ada di dalam daun seledri adalah phthalides. Karena inilah daun seledri menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Saat ini phthalides terbukti mampu melemaskan otot-otot halus yang menyelimuti pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih lancar.

Tekanan darah tinggi memang salah satunya disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah. hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah karena stress. Keuntungan lain dari phthalides ini juga mampu memproduksi hormone pengusir hormone stress yang melanda tubuh sehingga lebih mudah dalam proses penyembuhan bagi penderita tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat peterseli

  1. Kumarin

Zat lainnya yang ada di dalam seledri adalah kandungan kumarin. Kumarin sangat bermanfaat bagi tubuh karena mampu menghalau datangnya zat karsinogenik yang lebih dikenal dengan istilah radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. selain itu manfaat lainnya adalah untuk membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga tubuh tidak mudah sakit dan mampu merangsang produksi sel darah putih sehingga bibit penyakit dapat dibasmi dengan mudah oleh tubuh. hal ini akan berimbas pada penurunan tekanan darah secara signifikan bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat gula merah

  1. Apigenin

Apigenin merupakan zat kimia bioflavonoid yang banyak ditemukan di dalam sayuran hijau. Ada banyak manfaat dari apigenin ini misalnya untuk anti iritasi, anti inflamasi, anti kanker, anti kuman dan anti septic. Fungsi lainnya dari apigenin ini adalah mampu melebarkan pembuluh darah sehingga darah lebih lancar saat mengalir. Hal ini tentunya sangat baik karena nantinya dapat mencegah terjadinya penurunan tekanan darah. selain mampu melebarkan pembuluh darah, manfaat lainnya adalah mampu mengurangi produksi hormone stress. Radikal bebas juga akan dibasmi lebih cepat dan ampuh dengan menggunakan apigenin ini.

artikel terkait: manfaat dodol labu

Itulah ketiga kandungan senyawa kimia yang ada di dalam daun seledri yang mampu membuat tekanan darah menurun. Mengonsumsi daun seledri sangatlah aman bagi anda untuk memiliki tubuh sehat.

Peringatan mengonsumsi daun seledri

Meskipun daun seledri menjadi idola bagi para praktisi pengobatan herbal untuk menurunkan tekanan darah namun harus dipahami juga bahwa terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengonsumsi daun seledri, diantaranya adalah berikut:

  • Anda sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 4 batang daun seledri saja dalam satu hari karena sudah terbukti mampu menurunkan tekanan darah. namun jika anda mengonsumsinya secara berlebihan maka justru dapat mengakibatkan tekanan darah naik lebih banyak, hal ini dikarenakan daun seledri juga mengandung natrium.
  • Penelitian mengenai manfaat daun seledri secara resmi belum tersedia hingga saat ini dan hal ini memungkinkan bagi beberapa orang tidak cocok menggunakan terapi herbal daun seledri. Sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat herbal daun seledri ini.

Peringatan ini sebaiknya dijadikan perhatian bagi anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

artikel terkait: manfaat jamu temulawakmafaat akar kelapa

Demikian informasi mengenai manfaat daun seledri untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jangan lupa untuk mengimbangi gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi dan cukup olahraga.

, , ,
Post Date: Thursday 28th, July 2016 / 06:11 Oleh :
Kategori : Kesehatan