7 Manfaat Rebusan Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Alpukat memiliki nama ilmiah Persea americana, buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan bewarna hijau. Jika sudah matang buah alpukat akan bewarna coklat. Manfaat alpukat sudah banyak diketahui untuk bidan kecantikan dan kesehatan karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah alpukat ini. Selain buahnya manfaat daun alpukat juga banyak digunakan untuk mengobati penyakit dalam yang telah kronis.

Daun alpukat ini bewarna hijau untuk daun yang masih muda dan segar dan akan berubah menjadi warna kuning untuk daun yang sudah layu. Daun alpukat dapat digunakan untuk mengobati bebrbagai macam penyakit. Dalam pengolahannya daun alpukat biasanya banyak direbus terlebih dahulu sebelum di konsumsi. Nah, berikut ini manfaat rebusan daun alpukat yaitu :

1.Mengobati batu ginjal

Batu ginjal dapat terjadi kepada siapa saja, untuk itu jangan pernah anggap sepele penyakit batu ginjal. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama batu ginjal akan membesar ukurannya. Dan akan menimbulkan komplikasi untuk organ – organ lain yang ada.

Rebusan daun alpukat dipercaya sudah sejak dahulu untuk mengobati batu ginjal. Ini karena kandungan zat yang bernama alkoloid yang berfungsi untuk meluruhkan secara bertahap batu ginjal yang ada saat berseni. Kandungan zat tersbut juga dapat meningkatkan kinerja dari ginjal.

Artikel terkait :

2. Sakit kepala

Sakit kepala dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.  Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Jika anda ingin mencoba ramuan herbal maka rebusan dari daun alpukat dapat anda gunakan untuk meredakan sakit kepala anda.

Bahan – bahan yang perlu disiapkan adalah :

  • Daun alpukat yang masih segar
  • Air

Daun alpukat dicuci hingga bersih kemudian dimasukkan ke dalam panci untuk direbus sebanyak satu gelas. Setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas setengahnya saja kemudian tambah dengan air hangat matang sampai penuh. Minumlah rebusan daun alpukat sampai sakit kepala terasa hilang.

Artikel terkait :

3. Hipertensi

Tekanan darah tinggi dapat diobati dengan rutin sebanyak satu gelas per hari meminum rebusan daun alpukat. Caranya pilih daun alpukat yang segar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah dingin baru dapat untuk diminum. Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan merokok. Untuk itu penting kesadaran menjaga kesehatan sewaktu muda.

Artikel terkait :

4. Sakit perut

Sakit perut dapat terjadi karena salah makan, untuk itu sangat disarankan memakan makanan yang sehat dan memperhatikan kebersihan makanan. Bisa jadi makanan yang dimakan kurang bersih dan dapat menyebabkan sakit perut. Jika sakit perut anda alamai maka untuk menjadikan daun alpukat sebagai obat sakit perut maka bahan – bahan alami yang disediakan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Daun alpukat
  • Akar temu kelinci
  • Kunyit
  • Daun pegagan

Caranya cuci semua bahan dan kupas kulitnya bagi yang berkulit. Setelah itu masukkan semua bahan dalam wadah dan direbus hingga mendidih.

Artikel terkait :

5. Sakit pinggang

Sakit pinggang dapat terjadi karena beberapa sebab seperti tekanan dari suatu benda, terkilir dan juga postur tubuh yang salah. Untuk menghindari sakit pinggang makan perhatikanlah sika postur tubuh saat duduk, berdiri maupun tidur. Karena sikap yang salah menjadikan beberapa anggota tubuh terasa sakit, seperti sakit pinggang salah satunya. Kebanyakan orang yang mengalami sakit tidak ditentukan oleh usia dan jenis kelamin meskipun rata – rata orang yang mengalami sakit pinggang rentan terhadap usia. Sakit pinggang yang berlanjut jika tidak diobati maka akan menyebabkan lumpuh total. Manfaat rebusan dari daun alpukat yang lainnya adalah untuk mengobati sakit pinggang. Bahan – bahan yang perlu disiapkan adalah :

  • Daun alpukat yang masih segar
  • Air

Daun alpukat dicuci hingga bersih kemudian dimasukkan ke dalam panci untuk direbus sebanyak satu gelas. Setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas setengahnya saja kemudian tambah dengan air hangat matang sampai penuh.

Artikel terkait :

6. Saluran pernafasan

Infeksi pada saluran pernafasan yang biasanya menyerang hidung, faring yang disertai dengan demam dan kondisi tubuh yang melemah. Rebusan dari daun alpukat dapat membantu meringankan dan mengobati penyakit saluran pernafasan.

Bahan – bahan untuk saluran pernafasan adalah sebagai berikut :

  • Ambilkan daun alpukat yang masih muda
  • Air untuk merebus daun alpukat

Daun alpukat dicuci hingga bersih kemudian dimasukkan ke dalam panci untuk direbus sebanyak satu gelas. Setelah mendidih tuangkan ke dalam gelas setengahnya saja kemudian tambah dengan air hangat matang sampai penuh.

Artikel terkait :

7. Haid tidak teratur

Haid merupakan perubahan fisiologi pada tubuh wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Haid datang pada wanita secara normal satu bulan sekali, maka jika haid tidak teratu bisa jadi datang dua bulan sekali atau dua kali dalam sebulan. Kondisi dari dalam bisa disebabkan karena stres yag terjadi. Haid yang tidak teratur datang setiap bulannya dapat diobati agar lancar dengan meminum manfaat rebusan daun alpukat. Rebusan daun alpukat sangat bermanfaat untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Caranya adalah dengan memilih daun alpukat yang masih segar kemudian dicuci lalu di rebus dengan api yang sedang kemudian setelah dingin dapat minum secara teratur satu kali sehari.

Artikel terkait :

Efek Samping

Dalam meracik ramuan herbal memang memerlukan ilmu pengetahuan yang memadai dan informasi yang jelas. Obat herbal memang dipercaya sebagai obatan alami yang tidak mengandung banyak efek samping. Namun jika digunakan tanpa konsisten dan tidak teratur justru dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang lain.

Banyak orang yang menggunakan ramuan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tertentu namun justru menimbulkan sakit yang lain. Oleh karena itu ramuan herbal yang diolah jarang di minum hanya dengan daunnya saja. Biasanya terdapat campuran – campuran untuk menetralisir kandungan yang tidak diperlukan.

Untuk diketahui kandungan senyawa yang terdapat dalam bahan alami tidak semuanya digunakan oleh tubuh. Jadi percampuran digunakan untuk menetralisir senyawa tersebut. Kerusakan yang umum terjadi adalah kerusakan pada ginjal. Organ tubuh yang satu ini akan mudah rusak jika bekerja secara terus menerus. Obat herbal alami memaksa kondisi ginjal bekerja dengan ekstra dan dampaknya sangat fatal jika dalam waktu yang lama.

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi minuman herbal alam jumlah yang cukup dan didampingin oleh para herbalis agar anda tahu takaran yang cocok untuk diminum setiap harinya.