10 Manfaat Acar Timun Bagi Kesehatan

Siapa tak kenal dengan salah satu jenis buah dan sayuran yang satu ini? Ya, timun atau yang dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah “cucumber”, merupakan salah satu jenis sayuran ataupun buah yang sudah sangat terkenal dan juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, salah satunya Indonesia. Timun sendiri bisa dimanfaatkan dalam berbagai bentuk olahan ataupun dimakan begitu saja untuk lalapan. Selain sebagai lalapan, timun juga sering diolah dalam bentuk acar atau manisan timun.

Cara Mengolah Timun menjadi Acar

Untuk mengolah timun menjadi acar, caranya sangatlah mudah. Andapun dapat melakukan ini dengan bahan-bahan dapur yang ada di dalam rumah anda. berikut ini adalah langkah-langkah membuat acar timun :

manfaat acar timun

  • Potong kecil-kecil timun
  • Siapkan 4 buah timun segar
  • Masukkan timun ke dalam suatu wadah toples
  • Masukkan cuka dan air, lalu tambahkan garam
  • Tutup campuran semua bahan tersebut, dan tunggu hingga satu hari
  • Anda dapat menambahkan bahan lainnya, seperti wortel, bawang merah, bawang putih dan juga cabai rawit.

Nah, itu tadi langkah-langkah untuk mengolah timun sebagai acar. Mudah bukan? Setelah anda mengetahui bagaimana caranya untuk mengolah timun menjadi bentuk acar, maka mungkin ada langsung akan mencoba mempraktekkannya di rumah. Namun demikian, sebelum anda mempraktekkannya, anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa saja manfaat acar timun itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai teman makan

Manfaat pertama dari acar timun adalah dapat digunakan sebagai teman menyantap suatu hidangan. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa restoran dan rumah makan yang menyediakan menu-menu yang berat, seperti:

  • Nasi goreng
  • Mie goreng
  • Sate kambing
  • Gulai kambing
  • Sop kambing
  • Tenkleng
  • Dan berbagai jenis rumah makan yang menyajikan makanan berlemak tinggi lainnya.

2. Memberikan efek menyegarkan

Timun sendiri memiliki kadar air yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengolah timun mejadi acar timun, yang diolah dengan menggunakan cuka dan garam, maka rasa asam pada cuka dan juga kesegaran. Dari air hasil fermentasi acar pun akan sangat nikmat dan segar ketika disantap. Anda yang tadinya merasa lemas dan juga mengantuk akan langsung segar dan juga melek ketika mengkonsumsi acar timun.

3. Mengobati diabetes

Manfaat acar timun sendiri juga memiliki kegunaan yang sangat baik untuk mengontrol gula darah. Itu artinya, bagi anda yang menderita penyakit diabetes, akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi acar timun, agar kadar gula darah di dalam tubuh anda akan tetap terkontrol.

4 Menjaga kadar kolestrol di dalam tubuh

Bagi anda yang senang makan-makanan yang berlemak tinggi dan memiliki kandungan kolestrol tinggi, anda tidak perlu khawatir. Manfaat acar timun dapat mengontrol kadar kolestrol di dalam tubuh anda, namun anda tentu saja tetap harus menjaga asupan kolestrol jahat di dalam tubuh anda. itulah sebabnya. Mengapa rumah makan yang menyajikan jenis makanan yang berat, seperti yang mengandung daging kambing juga menyajikan acar timun? sebagai salah satu media penetralisir kolestrol tubuh.

5. Mampu mengontrol tekanan darah

Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh, acar timun juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah anda. Hal ini tentunya sangat baik untuk anda yang mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi, karena acar timun dapat membantu mengontrol hal ini.

6. Mencegah sembelit

Bagi anda yang sering mengalami sembelit dan juga susah buang air besar, acar timun merupakan salah satu jenis makanan olahan yang baik dan mampu untuk mengobati sembelit yang anda alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang ada pada timun itu sendiri,

7. Baik untuk kesehatan pencernaan

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, maka acar timun akan sangat dapat diandalkan bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan. Serat dalam manfaat acar timun mampu untuk mengontrol dan juga menjaga kesehatan serta kelancaran dari organ-organ pencernaan dalam tubuh anda.

8. Anti kanker

Timun yang menjadi bahan utama dari pembuatan acar timun memiliki sifat alami yang ternyata dapat mencegah munculnya sel kanker. Selain itu, timun juga mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Dengan adanya manfaat ini, maka potensi kanker yang ada di dalam tubuh penderitanya bisa lebih cepat terdeteksi dan juga dapat dicegah sedini mungkin.

9. Menjaga daya tahan tubuh

Acar tmun juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat penting dari vitamin C ini adalah dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Vitamin C mampu mencegah anda tertular penyakit-penyakit yang berbahaya.

10. Menghilangkan racun dalam tubuh

Acar timun juga mampu membunuh dan membersihkan racun, dan juga sisa-sisa racun yang mengendap di dalam tubuh anda. Hal ini tentunya akan mempermudah kerja organ hati dan juga pembuangan racun atau detoksifikasi di dalam tubuh anda menjafi lebih optima.

11. Anti bakteri

Timun juga memiliki manfaat alami sebagai salah satu buah-buahan yang bersifat anti bakteri. Hal ini berarti acar timun juga dapat menangkal bakteri agar tidak masuk ke dalam tubuh dan juga mencegah tertular penyakit.

12. Mencegah dehidrasi

Manfaat acar timun memiliki kandungan air yang tinggi, termasuk juga buah timun itu sendiri. Hal ini tentu saja sangatlah penting untuk menjaga kadar air di dalam tubuh dan juga sangat baik bagi anda yang sering menagalmi dehidrasi. Karena banyaknya kandungan air yang ada pada acar timun.

13. Vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit

Timun memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Mengkonsumsi timun, yang diolah sebagai acar timun akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulir anda, speerti :

  • Mencegah kulit kering
  • Melembabkan kulit
  • Mengontrol minyak
  • Menghaluskan kulit
  • Menjaga jukit dari radiasi sinar matahari
  • Mencegah kemunculan penyakit kulit

14. Menangkal radikal bebas

Timun memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineral. Kandungan-kandungan tersebut merupakan salah satu zat antioksidan yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas.

15. Mengurangi peradangan

Manfaat acar timun juga memiliki sifat alami yang dapat mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh. Dengan adanya sifat alami ini, maka dengan mengkonsumsi acar timun, anda dapat terhindar dari berbagai macam peradangan di dalam tubuh. Salah satunya adalah peradangan yang disebabkan karena naiknya asam lambung.

Nah, itulah beberapa manfaat dari acar timun yang mungkin belum anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.