Manfaat Berenang

Manfaat berenang merupakan jenis olah raga air yang banyak dilakukan orang-orang sebagai kegiatan hobi yang menyenangkan. Berenang memang menjadi aktifitas menyenangkan dan sekarang ini menjadi sarana rekreasi untuk keluarga. Beenang sebagai sarana rekreasi ini memang diadakan di tempat-tempat yang cukup luas yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan. Hal tersebut merupakan cara yang tepat untuk memperkenalkan olahraga renang pada anak-anak lewat permainan.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat berenag sebagai olahraga akan membuat tubuh terasa bugar. Berapan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi juga harus dibarengi dengan olahraga untuk meyeimbangkannya, salah satunya dengan berenang yang baik untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Melatif pernafasan – Olah raga air seperti berenang membutuhkan pernafasan yang kuat agar mampu menyelam dalam waktu yang lama. Sistem kerja pernafasan secara sendirinya akan terlatih menjadi lebih panjang saat berenang. Gerakan pada berenang ini juga meliputi seluruh otot anggota gerak tubuh jadi berenang secara teratur dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru menjadi lebih lancar.
  • Meredakan stress – Banyak gerakan dalam air dan berenang ini mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak sehingga suasana hati lebih tenang dan nyaman sehingga ini bisa menurunkan tingkat stresor kita. Bersentuhan dengan air pun membuat tubuh lebih sejuk sehingga mempengaruhi suasana hati dan pikiran.

Manfaat Berenang Untuk Postur Tubuh

Manfaat berenang sudah sangat lazim dilakukan untuk pembentukan postur tubuh yang indah. Olahraga renang memang menyehatkan dan juga memberikan dampak terhadap postur tubuh, berikut ini adalah beberapa alasannya :

  • Berenang adalah aeriobik air – Berenang yang dilakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama padan kecepatan yang konstan, akan membantu meningkatkan kebugaran, merangsang metabolisme dan membakar lemak tubuh. Seperti yang sama dilakukan saat membakar lemak sewaktu senam aerobik.
  • Meredakan radang sendi – Postur tubuh terutama daerah punggung ini bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenag bisa mengurangi masalah yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik secara konstan baik tangan ataupun kaki dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.
Berbagai manfaat berenang tersebut dapat diperoleh dengan intensitas berenang yang dilakukan secara rutin.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:32 Oleh :
Kategori : Olahraga
Latest From Olahraga