Sponsors Link

16 Manfaat Ikan Bagi Kesehatan Manusia

Sponsors Link

Siapa yang tidak tahu ikan? Ikan merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat ikan ada banyak yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi secara rutin. Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik.

Kandungan nutrisi ikan

  • Asam lemak Omega-3
  • Vitamin : D dan B2 (riboflavin).
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

Artikel ini akan memberitahu dahsyatnya manfaat ikan bagi kesehatan manusia. Apa sajakah itu?

1. Cegah Terjadinya Penyakit Jantung

Manfaat ikan-cegah penyakit jantungManfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, suku  bangsa  Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland memiliki prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jan­tung koroner. Apakah yang menyebabkan semua itu terjadi? Rahasianya sederhana saja, orang Eskimo dan orang Jepang suka sekali makan ikan.

Sashimi adalah makanan yang mengandung banyak manfaat ikan salah satunya manfaat ikan salmon. Orang Jepang sering mengkonsumsi makanan ini, dengan bahan utama ikan segar dalam keadaan mentah. Pada umumnya, orang Jepang dan orang Eskimo suka makan ikan dalam jumlah besar sehingga risiko untuk menderita penyakit kardiovaskuler  atau  penyakit jantung bisa lebih ditekan, khususnya untuk menderita penyakit jantung koroner. Dalam sehari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.

2. Makanan Pendamping Nasi Terbaik

manfaat ikan-makanan pendamping nasiJika sedang bosan harus makan siang dengan lauk yang itu-itu saja, bisa coba untuk mulai memasukkan ikan sebagai daftar menu pendamping nasi yang memanjakan lidah. Ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak keunggulan yaitu kaya akan protein, vitamin, mineral dan berkalori rendah. Ikan sangat bagus bagi yang ingin menjaga kesehatan pencernaan selain dari manfaat sayur-sayuran. Kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan juga sangat baik bagi tubuh seperti asam amino esensiil  maupun non esensiil serta memiliki daya aborpsi yang tinggi yaitu 90-100 persen. Ikan juga mudah untuk diolah baik itu digoreng, dikukus atau direbus yang lebih sehat.

3. Pencegahan Penyakit Kolesterol

kolesterolSeseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan.

Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3.

4. Memfasilitasi Program Diet Sehat

diet-sehatJika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang baik untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Orang yang suka mengkonsumsi biasanya akan jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti yang terdapat pada manfaat daging atau keju.

Mengapa ikan penting untuk diet?

Ikan tidak memiliki kolesterol yang tinggi, sangat tinggi protein dan vitamin serta memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Ikan tidak akan merusak rencana diet anda.

5. Menyehatkan Sistem Kardiovaskuler

Manfaat mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya penyakit berat seperti gagal jantung. Olahan ikan yang sehat dapat mencegah terjadinya akumulasi trigliserida, mengurangi adanya tingkat trigliserida yang berlebihan, dapat meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), dan mencegah adanya pembekuan darah. Hal ini secara keseluruhan akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

6. Ingin Pintar ? Makan Ikan

sponsored links

Pernah mendengar istilah atau saran ini ? bagaimana tidak, manfaat omega 3 sangat ampuh sebagai nutrisi yang dapat mencerdaskan otak.

Tips pintar dengan konsumsi ikan:

  • Biasakan makan ikan sejak menyusui
  • Berikan anak ikan secara rutin
  • Ikan tim (bukan digoreng lebih banyak nutrisinya
  • Konsumsi ikan segar, pilih ikan yang tidak terkontaminasi.

7. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Asam lemak omega-3 merupakan jenis lemak yang terdapat pada minyak ikan yang sangat penting untuk mencegah dan menstabilkan tekanan darah tinggi. Kandungan tinggi asam lemak omega 3 banyak terkandung dalam ikan salmon dan mackerel.

8. Mengurangi risiko stroke

Tekanan darah tinggi dan makanan tinggi lemak merupakan salah satu penyebab utama terjadinya stroke. Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu mengurangi tekanan darah dan sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh. Dengan demikian anda yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko penyakit stroke.

9. Mata dan kulit menjadi lebih sehat

Kandungan fosfor dan vitamin yang cukup tinggi sangat penting untuk membantu kesehatan mata dan kulit yang menjadi sehat. Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit. Omega 3 juga sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini.

10. Mengurangi risiko adanya kanker

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada 6000 orang selama kurang lebih 30 tahun ternyata menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara rutin dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat. Kandungan zat riboflavin dipercaya juga dapat mencegah dan menghalau berbagai jenis kanker lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

11. Mencegah Terjadinya Peradangan

Zat asam lemak omega 3  sangat ampuh untuk mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi risiko terkena penyakit arthritis. Asam lemak pada ikan mampu mengikat radikal bebas yang menjadi sebab utama peradangan selain membantu memberikan nutrisi yang tepat untuk tubuh manusia.

12. Mencegah Depresi

Orang yang mengkonsumsi ikan sangat efektif untuk mencegah terjadinya depresi pada tubuh dan otaknya. Mengapa bisa terjadi seperti ini ? Asam lemak Omega 3 sangat penting untuk mencegah terjadinya depresi. Depresi sering terjadi karena kandungan asam lemak omega 3 yang sangat rendah.

13. Mengurangi resiko terkena alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan degredasi fungsi otak manusia. Konsumsi ikan dapat membantu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang berfungsi untuk memori dan daya ingat otak. Para peneliti di berbagai belahan dunia memang telah mengungkapkan bahwa kandungan gizi ikan ini sangat penting untuk mencegah penyakit alzheimer, terutama ikan kukus (bukan di goreng)

14. Mencegah Dimensia

Dimensia adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan otak, asam lemak omega tiga yang terdapat pada ikan sangat penting untuk mengurangi risiko terkena penyakit dimensia ini.

15. Ibu Hamil dan Masalah Prematur

Kandungan gizi pada ikan, penting untuk mengurangi risiko melahirkan prematur. Selain itu kandungan asam lemak omega 3 juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak janin dalam kandungan.

16. Mencegah Diabetes

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk diabetes, jika anda ingin sehat maka konsumsi lah ikan secara teratur. Selain itu ikan juga dapat membantu melancarkan peredaran darah yang penting untuk mencegah terjadinya diabetes.

Tentu manfaat ikan ini harus kita simak secara jernih karena tidak semua jenis ikan dapat memberikan nutrisi yang sama. ada yang sedikit ada pula yang banyak nutrisinya. Untuk itu ada baiknya kita mengulas manfaat ikan sesuai dengan jenisnya.

Bagaimana? Apakah masih ragu untuk mengkonsumsi ikan? Cobalah untuk mulai mengkonsumsi ikan sejak dini sehingga manfaatnya akan langsung terasa di kemudian hari.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, January 2015 / 04:22 Oleh :
Kategori : Daging