Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

Indonesia memang kaya akan tanaman herbal dan berbagai jenis makanan serta minuman yang terbuat dari tanaman herbal tersebut. Variasi jenis makanan dan minuman herbal di Indonesia sangatlah banyak dan bisa anda temukan di berbagai daerah. Salah satu jenis minuman herbal yang sudah cukup terkenal di Indonesia adalah wedang uwuh. Wedang uwuh berasal dari tanah jawa terutama dari daerah imogiri, Yogyakarta. Manfaat dan khasiat dari wedang uwuh ini sudah lama dikenal sebagai salah satu minuman yang sangat baik untuk kesehatan.

Wedang artinya minuman sedangkan uwuh berarti sampah dimana wedang uwuh ini berarti wedang sampah. Namun sampah yang digunakan bukanlah sampah hasil akhir rumah tangga atau industri ya melainkan wedang ini terbuat dari berbagai jenis daun dan akar, kayu herbal yang sengaja tidak dihaluskan sehingga tampilannya seperti minuman yang ada sampah di dalamnya. rasa dari wedang uwuh ini adalah manis dan pedas dengan aroma yang sangat kuat dan wangi karena tanaman herbal yang ada di dalamnya.

artikel terkait:

Penyajian wedang uwuh biasanya dalam keadaan panas atau hangat. Dahulu kala wedang uwuh ini adalah minuman yang khusus disajikan kepada para raja-raja imogiri Yogyakarta karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Saat ini juga sudah tersedia wedang uwuh yang sudah dijadikan halus sehingga bisa disedu dengan instan dan lebih mudah. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri itu pun tidak masalah karena sangat mudah.

Cara membuat wedang uwuh

Anda bisa membuat wedang uwuh sendiri secara tradisional. Sebelumnya anda harus menyiapkan beberapa bahan yang digunakan.

Bahan:

  • Cengkeh
  • Bunga cengkeh
  • Daun cengkeh
  • Batang cengkeh
  • Kayu secang
  • Jahe
  • Pala
  • Daun pala
  • Daun kayu manis
  • Kayu manis
  • Daun sereh
  • Akar sereh
  • Kapulaga
  • Gula batu
  • Jahe

Bahan-bahan herbal ini bisa anda temukan di toko obat herbal dengan harga yang sangat murah. Anda bisa membelinya dalam jumlah banyak sebagai persediaan untuk membuat wedang uwuh sendiri di rumah.

artikel terkait: manfaat kayu manis untuk kesuburanmanfaat rebusan kayu manismanfaat jahe saat flu

Resep wedang uwuh

Setelah anda menyiapkan bahannya kemudian yang perlu anda lakukan adalah mencuci bersih semua bahan dan jangan lupa untuk memarkan jahe dan menyiapkan air putih secukupnya. Langkah pembuatan wedang uwuh ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan membakar jahe sampai harum kemudian memarkan namun jangan sampai hancur
  • Masaklah air dan masukan semua bahan kecuali gula batu
  • Setelah bahan dimasukan dimasukan dalam air kemudian anda harus menunggunya sampai mendidih namun gunakalah api sedang saja.
  • Durasi pemasakan kira-kira selama 16 menit lamanya
  • Setelah terasa harum maka anda bisa mengangkatnya dan mendinginkan sebentar
  • Wedang uwuh sudah bisa dikonsumsi dan jangan lupa masukan gula batu supaya rasa lebih manis.

Sekarang anda sudah tahu bagaimana caranya membuat wedang uwuh. Tentunya anda bisa menyuguhkan wedang uwuh ini pada tamu yang sedang berkunjung dan menjadikannya sebagia minuman khas dari anda. Rasanya enak dan agak pedas namun bisa membuat badan hangat dan baik untuk kesehatan.

artikel terkait: manfaat biji salakmanfaat rebusan daun kemangimanfaat daun srikaya

Manfaat wedang uwuh

Setelah anda bisa membuatnya sendiri kemudian sebenarnya apa manfaat spesifik dari wedang uwuh ini selain memberikan rasa hangat pada tubuh. berikut ini adalah manfaat dari wedang uwuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Dari berbagai jenis kandungan yang ada di dalam wedang uwuh maka tidak heran jika minuman herbal tradisional ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu bahan didalamnya adalah rimpang jahe dimana jahe ini sangat berguna sebagai pelancar peredaran darah. jahe sendiri memiliki sifat koagulan dimana mampu mencegah terjadinya pembekuan darah bahkan khasiatnya ini lebih besar dibandingkan yang bisa diberikan oleh bawang merah atau bawang putih.

Manfaat lainnya dari jahe ini adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. penelitian yang dilakukan di jepang memperlihatkan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami di dalam jahe. Selain itu jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

Selain kandungan jahe yang sangat bermanfaat, kandungan lainnya seperti kayu manis ini juga akan membuat rasa wedang uwuh menjadi lebih nikmat. Kandungan antioksidan di dalamnya juga sangat tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas yang saat ini sudah sangat parah di lingkungan. Antioksidan ini juga bisa membantu peremajaan kulit sehingga membuat anda menjadi tampak lebih awet muda.

artikel terkait:

  1. Kaya antioksidan

Para ahli kesehatan yang telah menguraikan manfaat dari setiap bahan yang ada di dalam wedang uwuh ternyata sangatlah beragam dan baik bagi tubuh. manfaat utama yang ada di dalam wedang uwuh berkaitan dengan melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. kandungan kayu manis dan cengkeh di dalam wedang uwuh akan memberikan rasa dan aroma yang unik. Selain itu adanya daun pala di dalam wedang uwuh mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol sangat bermanfaat untuk meredakan nyeri perut, melancarkan menstruasi, melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi gangguan pada lambung.

Komponen lainnya yang ada di dalam wedang uwuh ini adalah secang. Manfaat dari secang ini sudah banyak diketahui dan digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Kayu secang ini juga bisa memberikan rasa hangat pada tubuh serta mmampu menjadi antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan dan melancarkan peredaran darah. terakhir adalah manfaat dari gula batu sebagai gula alami yang sehat dan aman dikonsumsi memberikan rasa yang enak dan unik pada wedang uwuh ini.

artikel terkait:

Itulah manfaat dari wedang uwuh bagi kesehatan. Ternyata manfaatnya ini sangatlah banyak dan anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengonsumsi wedang uwuh secara rutin ya. saat ini anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan herbal secara tradisional atau bisa membelinya yang sudah dalam bentuk instan supaya lebih praktis, namun manfaatnya tetap sama.