9 Manfaat Green Coffee Untuk Diet dan Kesehatan

Makanan dan minuman yang terbuat dari bahan herbal saat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang karena sudah terbukti lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat kimia sebagai pengobatan atau hanya sekedar sebagai suplemen saja. nah, saat ini terdapat satu jenis minuman herbal yang sedang  banyak dicari oleh orang untuk meningkatkan kesehatan mereka terutama dalam menurunkan berat badan. Bahan herbal yang dicari itu adalah green coffe atau kopi hijau. Ketenaran green coffe memang belum sebaik dengan jenis kopi hitam pada umumnya namun manfaatnya ini sangatlah baik untuk kesehatan.

Manfaat green coffee yang paling banyak disorot adalah karena mampu menurunkan berat badan secara signifikan dan aman. Memiliki bentuk tubuh yang ideal memang sangatlah menjadi impian bagi banyak orang baik itu kaum adam maupun kaum hawa. Dengan memiliki tubuh ideal dan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas juga secara tidak langsung akan membuat anda akan terhindar dari beberapa resiko terkena penyakit yang serius seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan lainnya.

artikel terkait manfaat kopi:

Apa itu green coffee?

Lalu sebenarnya apa itu green coffee? Mengapa keberadaanya ini sangat dicari oleh banyak orang untuk kesehatan dan menurunkan berat badan? Jadi green coffee atau kopi hijau merupakan biji kopi yang belum dipanggang alias yang masih mentah. Jadi secara alamiah biji kopi itu berwarna hijau ya bukan hitam seperti yang anda ketahui biasanya. Biji kopi menjadi hitam karena mengalami proses pemanggangan. Manfaat green coffee ini dianggap lebih baik dibandingkan dengan biji kopi hitam.

Kandungan nutrisi green coffee

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari green coffe yang sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan berat badan:

  • Antioksidan tinggi dan chlorogenic acid

Secara ilmiah, biji kopi hijau mengandung antioksidan  tinggi dan kandungan komponen farmakologus aktif lainnya. setidaknya terdapat dua jenis kandungan zat yang sangat baik dari kopi hijau ini yaitu kafein dan chlorogenic acid. Kandungan chlorogenic inilah yang dipercaya oleh banyak orang mampu menurunkan berat badan secara optimal dan ampuh. Namun sayangnya kandungan zat tersebut akan sangat mudah hilang saat proses pemanggangan. Karena alasan inilah kemudian mengapa biji kopo hitam tidak bisa memberikan efek seperti yang diberikan oleh biji kopi hijau.

artikel terkait: manfaat kopi

  • kafein

Kandungan lainnya yang sangat terkenal di dalam biji kopi pada umumnya adalah kafein. Mungkin sebagian besar dari anda menganggap bahwa kafein itu sangat tidak baik bagi tubuh karena mampu membuat gangguan beberapa organ tubuh. hal itu sebenarnya tidak benar, kafein sendiri secara alami memberikan manfaat pada tubuh dapat meningkatkan metabolisme menjadi hingga 3-11% namun manfaat ini akan optimal jika terdapat chlorogenic acid ada di dalamnya dan dikonsumsi dengan benar dalam artian tidak berlebihan.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

Penelitian ilmiah green coffee

  • Para pakar gizi dan kesehatan sudah melakukan penelitian dan mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan dari biji kopi hijau ini. hasil penelitian menunjukkan bahwa zat chlorogenic acid mampu membantu mengurangi penyerapan zat karbohidrat yang terjadi di organ pencernaan usus besar. Hal ini tentu saja sangat baik karena mampu membuat tubuh menjadi rendah penyerapan kalori dan membantu memproduksi hormone insulin lebih banyak. Dengan fakta ini maka biji kopi hijau mampu memperbaiki kadar gula dalam darah dan juga mengendalikan tekanan darah sehingga sangat baik untuk para penderita diabetes dan stroke serta penyakit jantung.
  • Sebuah studi juga telah dilakukan dengan menggunakan sampel tikus, dimana hasilnya adalah zat chlorogenic acid mampu menurunkan berat badan serta mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. lemak yang seringkali menumpuk di dalam organ hati juga bisa diminimalisirkan serta mampu membantu memperbaiki hormone yang bertugas untuk membakar lemak. Pada penelitian yang sama juga mendapatkan hasil dimana zat chlorogenic acid dapat menurunkan kadar kolesterol, dimana kolesterol ini sangatlah tidak baik bagi kesehatan.
  • Penelitian juga telah dilakukan pada manusia dimana menggunakan ekstrak dari biji kopi hijau. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 30 orang dan lama studi berlangsung selama 12 minggu. Dalam penelitian kemudian sampel dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok satu mengonsumsi kopi hitam instan biasa dan setengahnya lagi mengonsumsi kopi yang sudah ditambahkan 200 mg kopi hijau. Para sampel tidak diperintahkan untuk mengganti pola makan mereka atau diet melainkan mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa merubah apapun dalam kesehariannya. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah mereka yang mengonsumsi kopi instan yang sudah ditambah dengan ekstrak biji kopi hijau mengalami penurunan berat badan sebanyak 5,4 kg dalam 12 minggu. Sedangkan untuk sampel yang hanya mengonsumsi kopi hitam instan biasanya hanya mampu menurunkan berat badan sebanyak 3,7 kg saja. persentase jumlah lemak dalam tubuh juga mengalami perbedaan dimana mereka yang mengnsumsi kopi hijau mengalami penurunan sebanyak 3,6% sedangkan untuk kelompok lainnya hanya sebesar 0,7% saja.

Bukti ilmiah yang telah diteliti pada ektrak biji kopi hijau tersebut pastinya dapat membuat anda makin percaya dan tidak ragu pada manfaat yang bisa diberikan oleh kopi hijau bukan? Namun anda juga harus memperhatikan dosisnya. Secara umum dosis yang tepat adalah sebanyak 120-300 mg per hari dan diminum setidaknya 30 menit sebelum makan. Apalagi sampai saat ini belum ditemukan efek samping dari penggunaan kopi hijau ini. untuk dapat mendapatkan manfaat yang optimal dari ekstrak biji kopi hijau ini untuk menurunkan berat badan maka sebaiknya anda mengonsumsi ekstrak biji kopi hijau ini secara rutin. Namun tentunya bukan hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan pola makan dan pola olahraga anda supaya hasil diet ada akan lebih maksimal lagi.

artikel terkait: manfaat rebusan daun sirih merahmanfaat minum air dingin12manfaat asam sitrat pada makanan dan minuman

Untuk Diet

Di dalam pembahasan kali ini akan dijabarkan mengapa green coffee atau kopi hijau sangat baik untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

  1. Membantu pembakaran lemak

Kandungan yang ada di dalam kopi hijau diantaranya adalah berbagai jenis mineral dan vitamin. Kandungan tersebut akan mampu membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat melakukan proses pembakaran lemak lebih cepat dan ampuh dari biasanya. Hal ini terutama akan lebih optimal lagi jika anda membersamainya dengan olahraga yang tepat dan rutin.

artikel terkait: manfaat minum air lemon sebelum tidur

  1. Menekan rasa lapar

Manfaat lainnya dari kopi hijau untuk membantu menurunkan berat badan adalah dapat menekan rasa lapar. Dengan hal ini akan menguntungkan anda sehingga anda tidak makan terlalu banyak dan sering. Manfaat ini akan anda dapatkan juga saat anda menggunakan cara diet air putih untuk menurunkan berat badan.

artikel terkait: anfaat asam jawa saat haid

  1. Kaya antioksidan

Salah satu kandungan nutrisi yang banyak ditemukan di dalam biji kopi hijau ini adalah antioksidan dimana fungsi dari antioksidan ini adalah membantu mengganti sel baru yang terkena radikal bebas. Antioksidan juga akan membantu menjaga kadar gula darah sehingga mampu mencegah rusaknya atau matinya sel-sel kulit.

artikel terkait: manfaat minum teh tanpa gula

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan asam chlorogenat dalam kopi hijau ini akan diproduksi oleh tubuh sebagai antioksidan alami tubuh sehingga dengan antioksidan ini akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda. Jadi dengan mengonsumsi kopi hijau ini bukan hanya akan membuat lidah anda termanjakan dengan rasanya namun juga anda akan mendapatkan khasiatnya.

artikel terkait: manfaat minum air putih yang banyak

  1. Mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL)

Kolesterol jahat (LDL) kerap kali menjadi biang dari beberapa jenis penyakit serius di dalam tubuh misalnya saja penyakit jantung, stroke dan serangan darah tinggi akibat dari adanya penyumbatan pembuluh darah atau yang juga kerap disebut sebagai penyakit kardiovaskular. Penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi green coffee secara teratur dan rutin dapat mengurangi resiko terkena kolesterol tinggi.

artikel terkait: manfaat minum minyak zaitun

  1. Mengurangi radikal bebas

Lagi-lagi kandungan chlorogenat acid dalam kopi hijau ini memiliki efek untuk menangkal radikal bebas 10 kali lipat lebih efektif dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. biji kopi hijau yang belum dipanggang atau disangrai ini memiliki kandungan juga yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini misalnya saja kandungan folifenol dan acam ferulic.

artikel terkait: manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam hari

Untuk Kesehatan

Setelah anda mengetahui manfaat green coffee untuk menurunkan berat badan, kemudian anda juga perlu tahu bahwa green coffee juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya. apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa daftarnya untuk anda:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan jenis penyakit yang sangat pelru diwaspadai karena bisa menjadi pembunuh secara diam-diam. Tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala yang spesifik namun jika akan terlihat setelah sudah parah atau karena sudah berkomplikasi dengan penyakit lainnya. salah satu asupan makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi green coffee.

Hal ini sudah dilakukan penelitian dimana menggunakan sampel sebanyak 117 orang pria yang mengalami tekanan darah tinggi. kemudian mereka ini mengonsumsi green coffee yang dicampur dengan palsebo selama 28 hari. Kemudian hasil yang didapatkan adalah tekanan darah mereka menunjukkan penurunan secara signifikan.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk diabetes

  1. Mengatasi penyakit Alzheimer

Manfaat lainnya dari kopi hijau untuk kesehatan adalah mampu mengatasi penyakit Alzheimer. Penyakit ini merupakan penyakit kelainan mental akibat rusaknya saraf otak. Dengan mengonsumsi kopi hijau secara rutin akan mampu membantu mengatasi penyakit azheimer ini nantinya.

artikel terkait: manfaat buah bligo

  1. Melawan resistensi insulin

Insulin merupakan hormone yang diproduksi oleh kelenjar pancreas. Fungsi dari hormone insulin ini sangatlah penting yaitu sebagai tempat diubahnya gula menjadi energi dalam tubuh. namun terkadang insulin ini mungkin mengalami kerusakan atau resistensi karena beberapa hal baik itu dari kondisi tubuh yang tidak normal atau karena asupan makanan yang salah seperti terlalu banyak mengonsumsi gula sehingga kerja insulin menjadi over drive hingga akhirnya mengalami kerusakan fungsi. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut anda bisa mengonsumsi kopi hijau ini secara rutin dan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat buah anggur merah

Meskipun green coffee atau kopi hijau ini baik untuk kesehatan namun perlu diingat segala yang berlebihan itu tidak baik termasuk dalam mengonsumsi green coffee. Pengonsumsian green coffee dalam jangka panjang dapat menyebabkan maikanya kadar homosistesin dimana ini merupakan asam amino yang mampu merusak kinerja jantung dan menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi green coffee dalam jangka panjang.

Cara Membuat Green Coffee

Meskipun kopi hijau ini adalah kopi yang belum dipanggang atau disangrai namun harus tetap diolah terlebih dahulu karena jika tidak akan menyebabkan rasa asam dan kadar kafein yang masih sangat tinggi dalam kopi. Untuk mengolah kopi hijau ini bisa menggunakan cara roasting. Alat yang dibutuhkan pun sederhana dan bisa anda temukan di pasaran. Hasil akhir dari pengolahan kopi hijau ini sendiri akan sangat tergantung pada kualitas biji kopi dan langkah yang tepat dalam pengolahannya.

  • Biji kopi hijau ini harus diroasting dengan panas yang tinggi dan harus dibolak-balik terus menerus karena jika tidak biji kopi akan gosong dan tidak bisa lagi dikatakan menjadi biji kopi hijau. Saat ini terdapat mesin untuk me-roasting biji kopi hijau yang bisa anda gunakan di rumah dengan praktis dan aman. Dengan menggunakan mesin ini akan membuat kopi teroasting sendiri secara otomatis dan bisa menyetel sendiri apakah sudah matang atau belum. namun seyangnya harganya masih sangat mahal jadi mungkin sebagian dari anda tidak bisa menjangkaunya.
  • Ada cara lain yang lebih murah yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggunakan mesin pembuat popcorn. Anda hanya harus meletakannya di dalam mesin pembuat popcorn dan kemudian tinggal tunggu saja sekitar 10 menit. Jadi pekerjaan membuat kopi hijau ini tidak akan terlalu memberatkan anda.
  • Cara lainnya adalah dengan menggunakan oven. Cara ini lebih banyak disukai karena lebih mudah melakukannya di rumah. namun anda harus menggunakan Loyang yang berlubang dan harus selalu membolak-balikan biji kopi secara berkala selama 20 menit dalam oven. Pekerjaan ini tidak boleh ditinggal karena bisa membuat kopi hijau gosong nantinya.
  • Untuk yang lebih praktis anda bisa membeli ekstrak biji kopi hijau yang saat ini sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Namun harus diperhatikan keasliannya dan jangan sampai anda tertipu dengan produk palsu ya.

Itulah cara mengolah kopi hijau yang bisa anda lakukan di rumah dengan mudah. Selanjutnya mungkin anda bisa mengonsumsi kopi hijau ini secara rutin supaya anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari manfaat kopi hijau atau green coffee.

artikel terkait: manfaat buah cepokakmanfaat kulit buah naga

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Tepat

Untuk dapat memiliki berat badan yang diidamkan maka anda bisa menggunakan green coffee sebagai bantuan. Namun perlu diingat bahwa hanya dengan mengkonsumsi green coffee saja tidaklah cukup melainkan perlu juga diperhatikan beberapa hal lainnya. pada dasarnya berat badan manusia akan tergantung pada seberapa besar kalori yang masuk dan seberapa besar kalori yang bisa keluar dengan melakukan aktivitas fisik. Berat badan ideal menandakan jumlah yang seimbang antara kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Namun jika anda ingin menurunkan berat badan maka anda harus mengurangi asupan kalori yang masuk dan memperbanyak aktivitas fisik untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. oleh karena itu anda perlu menetapkan target dalam program penurunan berat badan ini. berikut ini adalah langkah yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan berat badan ideal namun tetap dengan menggunakan cara yang sehat dan aman.

Pertama  yang harus anda lakukan pertama kali adalah menetapkan target penurunan berat badan yang realistis. Misalnya saja anda membuat target hendak menurunkan berat badan sebanyak 4 kg dalam waktu satu hingga dua bulan. setelah anda berhasil dengan target tersebut kemudian tingkatkan target anda pada bulan berikutnya. Jangan menetapkan target yang tidak masuk akal misalnya menurunkan 10 kg dalam satu bulan. memang mungkin namun akan sangat menyiksa tubuh anda karena kaget.

Kedua – setelah anda menetapkan target, kemudian yang harus anda lakukan adalah melakukan hal-hal untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai contoh adalah anda mulai mengurangi porsi makan anda yang tadinya satu piring full menjadi setengah piring saja dan hindari makan makanan yang manis seperti kue sebagai hidangan penutup. Paling tidak anda harus membuat sebanyak 3 rencana saja dulu, setelah anda mampu melakukannya baru anda bisa menambahkan lainnya.

Ke tiga – langkah selanjutnya ini mungkin akan membuat anda menjadi sedikit ribet namun ini demi kebaikan diri anda sendiri supaya bisa mendapatkan berat badan yang anda inginkan. Caranya adalah anda mulai mencatat berapa besar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda mulai dari kalori, karbohidrat, protein, lemak dan lainnya. bila perlu anda bisa menyediakan jurnal khusus untuk mencatat hal tersebut. Ini cukup penting karena bisa membantu memantau seberapa besar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda.

Ke empat – dalam melakukan diet sebaiknya anda harus selektif dengan makanan dan minuman yang anda konsumsi karena ini akan sangat berpengaruh terhadap hasilnya nanti. Yang perlu anda ingat dan garis bawahi adalah makanlah pada waktu yang tepat kalau bisa sebelum anda merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang. Hal ini bisa membuat porsi makan anda menjadi lebih sedikit. Pilihlah menu makan sehat seperti buah dan sayur serta karbohidrat sebanyak 1/3 saja dari biasanya. Anda juga harus mencukupi kebutuhan protein baik dari hewani maupun nabati dan batasi makan makanan yang berlemak seperti makanan yang digoreng. Sebaliknya anda sebaiknya menghindari makan makanan yang mengandung lemak jenuh misalnya dari susu, keju, daging yang berlemak, hindari makanan asin, makanan terlalu manis dan makanan yang mengandung sodium tinggi seperti makanan siap saji.

Ke lima – langkah selanjutnya setelah anda selesai dengan masalah makanan kemudian yang harus anda perhatikan adalah aktivitas fisik. Untuk mengurangi jumlah kalori dan lemak dalam tubuh langkah yang sangat cepat dan tepat adalah dengan melakukan aktivitas fisik atau lebih tepatnya olahraga. Anda bisa melakukan jenis olahraga yang anda sukai seperti aerobic, angkat beban, treat mill dan lainnya. bila perlu anda bisa menggunakan jasa instruktur untuk memantau perkembangan penurunan berat badan anda. Jika anda memiliki kebutuhan khusus atau kondisi kesehatan tertentu yang sangat rawan dengan aktivitas fisik berat maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya mengenai pilihan olahraga yang tepat dan berapa lama waktunya.

Pada intinya penurunan berat badan tidak bisa dilakukan secara instan, jadi anda memang harus bersabar dan berkorban untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.

artikel terkait:

Demikian artikel mengenai manfaat green coffe untuk menurunkan berat badan dan kesehatan. Semoga bermanfaat.