6 Manfaat Tepung Mocaf untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bagi sebagian besar orang termasuk anda yang sangat suka membuat kue ataupun jajanan pasar dan berbeda jika anda melihat manfaat temulawak untuk liver, pastinya tahu dengan bahan dasar yang satu ini. tepung merupakan salah satu bahan dasar wajib jika anda membuat kue ataupun jajanan pasar yang biasanya memiliki rasa manis. Ada berbagai macam tepung seperti tepung jagung, tepung terigu, tepung gandum, hingga salah satu jenis tepung yang saat ini menjadi bahan kue paling dicari di pasaran yaitu tepung mocaf. Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas mengenai tepung mocaf, berikut akan kami sampaikan sedikit penjelasannya. Tepung mocaf  atau biasa disebut dengan modified cassava flour merupakan salah satu jenis tepung modifikasi terbuat dari ketela pohon yaitu singkong. Dibuat dengan metode fermentasi berbeda jika anda melihat manfaat jahe dan jeruk nipis, tepung mocaf memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan tepung terigu walaupun berbahan dasar singkong. Fungsi utamanya yaitu sebagai tepung pengganti terigu sehingga karakteristiknya dibuat semirip mungkin dengan terigu.

Hal ini mengingat tidak semua orang dapat mengkonsumsi bahan olahan berbahan terigu. Adapun cara sederhana membuat tepung mocaf sendiri berbeda jika anda melihat manfaat obat loratadine, anda juga dapat mencobanya di rumah. Caranya yaitu pertama, potong- potong singkong dan lakukan proses fermentasi dengan merendamnya ke dalam air selama 7 hari. Setelah itu keluarkan singkong, cuci bersih, jemurlah di terik matahari hingga singkong benar- benar kering. Langkah terakhir yaitu proses penumbukan ataupun penggilingan sehingga dihasilkanlah tepung mocaf. Jangan lupa untuk menyaringnya untuk menghasilkan tepung yang halus. Berbeda dengan tepung lainnya dan manfaat logam alkali, tepung mocaf memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Bagi anda yang penasaran, berikut merupakan kandungan nutrisi tepung mocaf.

Kandungan Nutrisi Tepung Mocaf

  • Soluble fiber
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Protein
  • Oligasakarida
  • Fosfor
  • Fitoestrogen
  • Glukosa

Dan perlu anda ketahui juga untuk beberapa jenis nutrisi yang ada pada tepung mocaf seperti kandungan protein dan soluble fiber lebih banyak dibandingkan dengan jenis tepung lainnya dan berbeda jika anda melihat manfaat sambiloto, sehingga ketika anda menggunakannya sebagai bahan pembuatan roti akan terasa tidak mudah lembek adonannya. Selain itu tepung mocaf memiliki banyak sekali manfaat tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat dari tepung mocaf yang bisa anda dapatkan.


Manfaat Tepung Mocaf

  1. Sebagai Pengganti Tepung Terigu

Seperti yang anda tahu tepung mocaf memiliki fungsi utama yaitu sebagai pengganti ataupun campuran tepung terigu. Hal ini karena tidak hanya kandungan nutrisinya saja yang sangat baik dan dapat menutrisi tubuh anda, tetapi juga dengan tekstur tepung mocaf yang memiliki kesamaan dengan tepung terigu. Dan tentunya ini sangat baik bagi anda yang memiliki alergi ataupun tidak bisa mencerna dengan baik segala olahan yang berbahan dasar terigu.

  1. Meregenerasi Sel

Selain itu banyak orang lebih memilih tepung mocaf sebagai salah satu bahan wajib ketika membuat kue karena tepung mmocaf memiliki kandungan protein lebih baik daripada terigu. Banyaknya kandungan protein pada mocaf, dapat membantu proses regenerasi sel anda menjadi lebih baik dan cepat. Tidak hanya sel tubuh saja, begitu pula dengan sel kulit. Sehingga ketika anda mengalami lukka gores ataupun sayatan, luka tersebut akan mudah sembuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang baik pada tepung mocaf dapat mencegah gangguan pada pencernaan anda bahkan mengatasi beberapa jenis gangguan pencernaan seperti susah BAB dan sembelit. Dan dengan jumlah kandungan serat yang mencukupi, tepung mocaf dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anda.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat membantu proses regenerasi sel lebih cepat, anda juga mampu mencegah penuaan dini. Kandungan nutrisi pada tepung mocaf dapat memperlambat proses penuaan serta menghilangkan kerutan di wajah anda, sehingga anda akan selalu terlihat awet muda.

  1. Mencegah Menopouse

Adapun kandungan fitoestrogen pada tepung mocaf yang berfungsi mencegah proses menopause dini yang terjadi pada wanita. Kebanyakan wanita di usia 40 hingga 40 an sangat rentan dengan mengalami proses menopause dini. Sebagai bentuk pencegahan, anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan olahan yang berbahan dasar tepung mocaf.

  1. Bahan Olahan Menu Diet Sehat

Tepung mocaf memiliki kandungan karbohidrat yang baik serta rendah lemak sehingga sangat baik dijadikan sebagai bahan pengganti beras ataupun nasi. Anda dapat memilihnya sebagai bahan pengganti makanan pokok dalam menu diet anda. Selain lebih sehat ini juga tidak akan mempengaruhi berat badan anda.

Itulah beberapa manfaat tepung mocaf yang dapat kami sampaikan, akan lebih baik jika anda mengolahnya dengan baik. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.