15 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan – Ibu Hamil – Diet

Siapa tidak mengenal roti? Roti merupakan salah satu jenis makanan olahan dari tepung yang merupakan salah satu menu favorit dari masyarakat Indonesia. Meskipun bukanlah merupakan salah satu makanan pokok, namun demikian peran roti sangatlah tinggi di dalam kebutuhan asupan gizi dan nutrisi dari masyarakat Indonesia.

manfaat roti gandumSalah satu jenis roti yang mulai digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah roti gandum. Roti gandum merupakan jenis roti yang dibuat dengan menggunakan sari gandum uth, yang biasanya memliki tekstur yang lebih kenyal, kasar dan ada sedikit rasa gurih ketika dimakan. Roti gandum merupakan salah satu alternatif pilihan makanan konsumsi selain roti putih.

Ternyata, pemilihan roti gandum sebagai salah satu makanan favorit bukanlah tanpa sebab. Roti gandum memiliki beragam manfaat yang baik untuk kita. Apa saja manfaat roti gandum? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Baik untuk kepeluan konsumsi setiap harinya

Apabila dibandingkan dengan roti putih biasa yang terbuat dari tepung terigu, roti gandum lebih baik untuk dikonsumsi. Selain karena memiliki nutrisi yang lebih baik, roti gandum juga kaya akan serat, sehingga dapat membuat tubuh menjadi merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

2. Memiliki banyak nutrisi yang baik, dibandingkan roti putih biasa

Manfaat roti gandum untuk kesehatan memiliki banyak kandungan gizi yang jauh lebih baik dan jauh lebih tinggi dari roti putih biasa. Ada serat, protein, dan berbagai jenis vitamin lainnya, yang tidak terdapat pada roti putih biasa. Hal ini tentu saja membuat roti gandum jauh lebih unggul dibandingkan roti putih biasa, meskipun harganya yang lebih tinggi.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

Proses pencernaan merupakan salah satu proses yang penting dalam siklus yang ada di dalam tubuh kita. Roti gandum, yang kaya akan serat mampu untuk menjaga kesehatan pencernaan kita, dan juga baik untuk mencegah berbagai macam gangguan pencernaan pada tubuh.

4. Mampu untuk menjaga kekenyangan

Selain baik untuk menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh, serat yang ada pada roti gandum juga sangat baik untuk kita, karena dapat menjaga rasa kenyang. Manfaat roti gandum untuk diet akan membuat tubuh, tidak akan mudah merasakan lapar.

5. Dapat memberikan energi yang tinggi bagi tubuh

Jangan lupa, roti gandum juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein. Jadi, selain dapat menahan rasa lapar, tubuh juga dapat memperoleh energi yang tinggi dari asupan roti gandum setiap harinya.

6. Tinggi protein, baik untuk anda yang ingin membentuk otot

Roti gandum juga memiliki kandungan protein tinggi. Protein ini sangat baik untuk membantu anda dalam meningkatkan kekuatan tubuh dan juga dapat membantu anda untuk meningkatkan massa otot dan menjaga kekencangan kulit.

7. Membantu produksi enzim di dalam tubuh dengan lebih optimal

Selain bermanfaat untuk kesehatan otot dan kekuatan tubuh, protein juga bermanfaat untuk membantu memproduksi sel-sel serta enzim-enzim yang penting di dalam tubuh kita.

8. Baik untuk perkembangan otak

Protein dan beberapa jenis vitamin lainnya yang terkandung pada manfaat roti gandum untuk ibu hamil, baik untuk kesehatan dan juga perkembangan otak janin. Hal ini akan membuat penyerapan nutrisi ke otak menjadi lebih baik dan juga mengoptimalkan perkembangan otak.

9. Dapat menjaga kesehatan kulit

Roti gandum dapat membantu anda untuk mempeoleh kesehatan kulit yang lebih baik lagi, sehingga kulit anda akan Nampak lebih cerah dan juga bersih, dan dapat terhindar dari gangguan kulit.

10. Baik untuk yang sedang melakukan program diet

Karena memiliki sifat yang tinggi kalori, dan mampu untuk menahan rasa kenyang lebih lama, maka roti gandum sangat baik untuk anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, serat pada roti gandum juga sangat baik untuk keperluan diet anda.

11. Dapat mengikat asam penyebab kolesterol

Roti gandum juga memiliki manfaat yang baik untuk anda yang menderita kolestrol. Roti gandum memiliki sifat yang baik dan mampu untuk mengikat asam lemak jenuh yang nantinya dapat menjadi kolesterol jahat bagi tubuh anda.

12. Rendah indeks glikemik, baik untuk penderita diabetes

Anda yang memiliki penyakit diabetes, tidak perlu khawatir akan mengkonsumsi roti gandum. Berbeda dengan roti putih biasa, manfaat roti gandum untuk penderita diabetes memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah. Membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

13. Dapat mengurangi nafsu makan

Karena sifatnya yang mampu menjaga tingkat kekenyangan dalam waktu yang lama, maka roti gandum juga berdampak pada nafsu makan anda. konsumsi roti gandum dapat menahan nafsu makan, hal ini disebabkan oleh sifat roti gandum yang dapat menahan rasa kenyang menjadi lebih lama dan juga mencegah munculnya rasa lapar.

14. Mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya jantung

Bagi anda yang khawatir akan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, jangan khawatir. Berbagai macam produk gandum memiliki manfaat yang baik dan juga ‘ramah’ bagi kesehatan jantung anda. hal ini membuat roti gandum dapat menjaga kesehatan jantung dan mampu mencegah munculnya penyakit jantung.

15. Dapat mencegah gejala anemia

Roti gandum juga sangat baik untuk mencegah gejala-gejala anemia pada diri anda. beberapa gejala anemia, diantaranya adalah pusing, mual, mudah lelah dan mudah letih, lesu, lemas, dan juga tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Saat ini jenis roti sudah sangat beragam, baik dari roti dengan kualitas yang mungkin kurang baik, hingga roti dengan kualitas yang sangat baik. Membeli rotipun sangatlah mudah, anda dapat memperolehnya dimanapun, hampir di setiap toko. Bahkan sudah merupakan tradisi, bahwa beberapa tukang roti menjajakan berbagai macam roti dengan cara berjualan berkeliling lingkungan perumahan.

Hal ini akan membuat manfaat roti gandum mudah didapatkan oleh siapa saja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

, ,
Post Date: Tuesday 23rd, June 2015 / 08:13 Oleh :
Kategori : Makanan