15 Manfaat Tepung Ketan Untuk Kesehatan dan kecantikan

Tepung ketan merupakan salah satu jenis tepung yang terbuat dari berat ketan putih atau beras ketan hitam yang ditumbuk sampai halus dan seringkali digunakan untuk membuat berbagai kue tradisional Indonesia dengan tekstur kenyal serta sedikit lengket. Dalam tepung ketan memiliki zat pati yang sangat tinggi serta mengandung amilopektin sehingga tekstur tepung ketan bisa menjadi pulen dibandingkan dengan jenis tepung lainnya. Selain digunakan untuk membuat berbagai jenis kue tradisional Indonesia, manfaat tepung ketan juga sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit. Untuk mengetahui apa saja kegunaan dari tepung ketan ini, silahkan disimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Sembelit

Dalam tepung ketan sebagian besar kandungannya adalah jenis serat tidak larut yang sangat berguna untuk mencegah sembelit. Dalam 1 cangkir tepung ketan setidaknya mengandung 1.7 gram serat yang sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya.

  1. Mencegah Keringat Berlebih

Organ paru paru memiliki peranan penting dalam membuka dan menutup pori pori pada kulit. Apabila Qi paru paru menurun dan tidak mencukupi, maka paru paru akan kehilangan kontrol pori kulit sehingga menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak meskipun hanya beraktivitas ringan. Mengkonsumsi tepung ketan bisa menjadi solusi tepat untuk menguatkan organ paru paru sehingga dapat mengontrol pori kulit untuk mencegah produksi keringat berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Limpa

Tepung ketan mempunyai sifat pemanasan sehingga bisa membantu organ limpa, perut dan juga pencernaan serta sirkulasi. Apabila organ limpa kekurangan Qi dan juga darah, maka akan terjadi gagal limpa dan tubuh lebih rentan terhadap flu, tangan dan kaki sering terasa dingin, sesak nafas, kembung, memperlambat kerja usus, sering lelah dan juga iritasi usus besar. Mengkonsumsi tepung ketan lebih sering akan membantu menguatkan organ limpa dan juga baik dikonsumsi untuk pemulihan sakit lebih cepat.

  1. Mengatasi Insomnia

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition disebutkan jika seseorang mengkonsumsi penganan yang mengandung glikemiks tinggi, maka akan membantu tidur lebih cepat. Semakin tinggi kandungan karbohidrat dalam penganan seperti tepung ketan ini, maka akan semakin banyak serotonin yang diproduksi sehingga bisa memberikan efek menenangkan dan mengatasi insomnia lebih baik.


  1. Menyembuhkan Flu

Kandungan seng tinggi dalam tepung ketan juga memiliki peran penting dalam mempersingkat durasi flu yang menyerang seseorang. Seng berperan penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit seperti flu dan pilek bisa disembuhkan lebih cepat.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam satu cangkir tepung ketan setidaknya mengandung 4 persen kebutuhan asupan tiamin harian dalam tubuh, niasin dan juga vitamin B6. Tiamin dan niacin ini akan menjadi sumber energi tubuh sehingga bisa membantu proses metabolisme asupan makanan menjadi bahan bakar.

  1. Mengandung Vitamin B6 tinggi

Vitamin B6 tinggi yang terkandung dalam tepung ketan berguna untuk mencegah anemia dengan cara lebih banyak memproduksi sel darah merah sekaligus menghasilkan serotonin neurotransmitter yang akan mengatur mood serta selera seseorang. Dalam dosis banyak, vitamin B6 ampuh untuk meredakan gejala sindrom pramenstruasi dan juga morning sickness sehingga baik dikonsumsi oleh para wanita.

  1. Mendukung Program Diet Tinggi Serat

Serat tinggi yang terkandung di dalam tepung ketan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut, usus dan organ pencernaan saja, namun juga berguna untuk mendukung diet tinggi serat yang sedang anda jalankan dengan cara mengkonsumsi penganan yang terbuat dari tepung beras lebih sering.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak, Otot dan Hati

Dalam setiap cangkir tepung beras setidaknya mengandung 170 kalori atau 8 persen dari kebutuhan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Tepung ketan mengandung 1.7 gram serat dan 36.7 gram karbohidrat dimana karbohidrat kompleks yang ada dalam tepung ketan kemudian akan diubah menjadi glukosa dan digunakan untuk meningkatkan fungsi otak, otot dan juga hati.

  1. Sumber Antioksidan Tinggi

Kandungan selenium serta mineral dalam tepung beras juga lumayan tinggi yang akan memberikan perlindungan antioksidan untuk jaringan tubuh sekaligus melindungi sel dari kerusakan bebas.

Artikel terkait:

  1. Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Tepung ketan juga berguna untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Wanita Asia khususnya Indonesia sangat menginginkan tampilan wajah yang terlihat putih, cerah sekaligus bebas dari jerawat. Anda bisa memanfaatkan tepung ketan ini sebagai masker wajah alami untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Campurkan 6 sendok teh tepung ketan dengan 1 sendok teh susu kambing serta sedikit madu.
  • Campur rata ketiga bahan tersebut dan oleskan pada bagian wajah serta leher yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit.
  • Bilas bersih dengan air hangat dan lakukan secara teratur setidaknya 1 minggu 3 kali.
  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Untuk anda yang menginginkan tampilan kulit tubuh ekstra lembut, bebas dari sel kulit mati dan juga warna kulit yang putih halus, maka bisa menggunakan tepung ketan ini sebagai perawatan kulit tubuh harian.

  • Campurkan 1 1/2 sendok makan tepung ketan beberapa tetes sari perasan lemon dan juga sedikit air lalu aduk sampai kental menyerupai pasta.
  • Oleskan secara merata dan diamkan selama 30 menit lalu mandi sambil menggosok kulit tubuh dengan pijatan lembut.
  • Terapkan cara ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.
  1. Menghilangkan Keriput dan Bintik Hitam

Tepung ketan sangat baik digunakan sebagai bahan dasar masker alami untuk mengatasi keriput dan juga bintik hitam yang menjadi beberapa masalah pada area wajah anda. Campuran tepung ketan dengan yogurt sangat baik untuk mengatasi penuaan dini khususnya untuk usia diatas 40 tahun yakni masalah keriput dan juga bintik hitam di wajah yang cocok untuk semua jenis kulit.

  • Campurkan 1 sendok makan yogurt polos dengan 1 sendok makan tepung ketan, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan putih telur.
  • Untuk kulit berminyak, gunakan 1 putih telur, untuk kulit normal gunakan setengah sendok teh putih telur serta setengah sendok teh kuning telut, sedangkan untuk kuning telur ditambahkan dengan 1 kuning telur.
  • Campurkan semua bahan dan oleskan pada wajah secara merata.
  • Sesudah masker mengering, tambahkan dengan lapisan masker yang baru supaya tetap lembab.
  • Diamkan selama 20 menit lalu cuci bersih dengan air dingin dan keringkan.
  • Oleskan pelembab wajah biasa dan lakukan secara rutin seminggu dua kali.

  1. Mengatur Aktivitas Hormon Tiroid

Kandungan selenium dalam tepung ketan sangat baik untuk mengatur aktivitas kelenjar tiroid dan juga menjaga pembuluh darah agar bisa tetap bekerja dengan baik sehingga sangat direkomendasikan untuk dijadikan asupan harian.

  1. Mempercepat Produksi Kolagen Kulit

Kandungan di dalam tepung beras sudah terbukti ampuh untuk menghaluskan kulit khususnya area wajah. Dalam tepung beras mengandung antioksidan tinggi sehingga bisa mempercepat produksi kolagen. Beberapa kandungan antioksidan yang terdapat di dalam tepung beras diantaranya adalah Gamma Oryzanol, squalane oil, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12n, vitamin B1 dan juga vitamin E yang keseluruhannya akan membantu kulit terlihat lebih halus dan bebas masalah.

Artikel terkait:

Beberapa manfaat tepung ketan ini terbukti baik digunakan tidak hanya sebagai asupan makanan sehari hari untuk menjaga kesehatan tubuh serta beberapa penyakit, namun juga baik digunakan untuk merawat kecantikan kulit serta tubuh seperti penuaan dini, keriput, kulit kusam dan lain sebagainya. Semoga ulasan ini bisa menambah informasi anda.

, ,
Post Date: Monday 18th, September 2017 / 09:50 Oleh :
Kategori : Makanan