20 Manfaat Ragi untuk Kesehatan Tubuh dan Wajah

Ragi merupakan salah satu jenis bahan yang sering dimanfaatkan dalam keperluan rumah tangga, salah satunya adalah proses fermentasi. Ragi sendiri, atau yang sering dikenal dengan istilah “yeast” merupakan jenis tumbuhan bersel satu, yang merupakan jenis cendawan atau jamur.

Jenis-Jenis ragi

Ragi sendiri, ternyata memilki dua jenis, yang biasa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa jenis dari ragi yang biasa dimanfaatkan oleh manusia :

manfaat ragi

  • Ragi padat

Ragi padat merupakan jenis ragi yang bentuknya bulat pipih dan juga padat. Ragi jenis padat ini ternyata dibuat dengan menggunakan tepung beras, bawang putih dan juga kayu manis yang dicampur dan diolah dengan cara disimpan hingga muncul jamur yang dapat dimanfaatkan sebagai ragi. Biasanya ragi jenis ini dimanfaatkan sebagai ragi tape.

  • Ragi Kering

Ragi kering merupakan jenis ragi yang lainnya. Ragi ini memiliki bentuk seperti butiran halus dengan warna kecokelatan. Biasanya ragi kering ini dimanfaatkan untuk pembuatan roti.

Itulah beberapa jenis dari ragi. Ragi merupakan salah satu bahan yang sering dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Ragi sendiri memiliki banyak manfaat yang penting untuk kehidupan kita. Apa saja manfaat dari ragi? Berikut ini adalah beberapa manfaat ragi :

1. Sebagai pembuatan kue dan roti

Ragi utamanya merupakan salah satu bahan utama yang dapat membantu pengembangan dalam pembuatan jenis roti dan kue. Tanpa adanya ragi, maka roti dan juga kue yang anda buat tidak akan mengembang dengan sempurna.

2. Sebagai pembuatan tapai

Selain untuk membuat kue, manfaat ragi juga sangat digunakan untuk pembuatan tape. Ragi dapat membantu proses fermentasi dari singkong hingga menjadi tapai singkong. Selain itu, ragi juga dapat menghasilkan rasa yang manis dan legit bagi hasil olahan tapai.

3. Untuk pembuatan ikan pindang

Anda pernah mengkonsumsi ikan pindang? Nah, ikan pindang merupakan salah satu hasil olahan dari ikan yang diolah dengan menggunakan ragi, sehingga dapat menghasilkan jenis ikan olahan pindang. Biasanya ikan yang dibuat menjadi ikan pindang adalah bandeng.

4. Dapat mengurangi rasa pegal

Tidak hanya berguna untuk pembuatan makanan saja, ternyata manfaat ragi untuk kesehatan juga dapat menjadi salah satu obat ringan untuk menghilangkan rasa pegal. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal mencampur ragi dengan air. Lalu oleskan dan juga mengurut bagian tubuh anda yang pegal-pegal dengan menggunakan larutan tersebut.

5. Mengobati diabetes dan mengatur kadar gula darah

Wah, ternyata ragi juga baik untuk anda yang menderita diabetes. Hal ini disebabkan oleh kondisi ragi yang mampu untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

6. Menjaga tekanan darah, dan menghindari tekanan darah tinggi

Bagi anda yang juga mengalami gangguan pada tekanan darah dan sering mengalami gejala hipertensi alias tekanan darah tinggi, ternyata ragi juga mampu untuk menjaga tekanan darah anda. Anda dapat menghindari anda dari resiko hipertensi alias tekanan darah tinggi.

7. Dapat membantu perkembangan DNA dan sel tubuh

Manfaat ragi juga memiliki kadar proteisn. Kadar protein ini, walaupun sedikit namun teap efektif dan juga dapat membantu perkembangan DNA tubuh, serta dapat membantu memperbaiki sel serta jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

8. Menyembuhkan gatal-gatal dan masalah kulit

Kulit anda mengalami iritasi, infeksi dan gatal – gatal? Ragi dapat membantu anda dalam menyembuhkan gangguan ini. Anda dapat melarutkan ragi dengan air, lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami iritasi dan juga gatal tersebut.

9. Menyembuhkan jerawat

Selain untuk iritasi dan juga gangguan kulit, manfaat ragi untuk wajah dapat menyembuhkan jerawat. Dengan cara yang sama, yaitu dilarutkan akan efektif untuk mengatasi masalah wajah ini hingga bekasnya.

10. Menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh

Ragi yang dicampurkan pada bahan makanan dapat membantu anda dalam menjaga dan juga meningkatkan metabolism tubuh anda. hal ini cukup baik untuk anda yang sedang menjalani program diet.

11. Memperbaiki sistem pencernaan

Ada jenis ragi yang dikenal dengan istilah ragi gizi. Ragi gizi ini memiliki banyak sekali kandungan gizi, yang bila dicampur pada bahan makanan dapat meningkatkan dan juga mengoptimalkan kandungan gizi dari suatu makanan, salah satunya serat. Serat tentu saja sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda, dan mencegah munculnya berbagai macam gangguan pencernaan, seperti sembelit dan juga diare.

12. Meningkatkan produksi darah

Selain itu, ragi juga baik untuk meningkatkan produksi darah. Meningkatnya produksi darah, berbanding lurus dengan terhindarnya diri anda dari gejala anemia alian kekurangan darah. Hal ini dapat menimbulkan gejala mudah merasa lelah, letih dan juga tidak bersemangat dalam beraktivitas.

13. Baik untuk kesehatan rambut

Ragi juga memiliki kandungan vitamin B yang sangat baik utnuk kesehatan rambut anda. salah satunya adalah dapat mencegah kerontokan rambut dan juga rambut menjadi patah dan bercabang.

14. Kaya protein

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ragi memilki kandungan protein. Selain dapat membantu pertumbuhan sel dan jaringan, ragi juga mampu untuk membantu mengoptimalkan pembentukan otot dan menjaga ketahanan tubuh anda.

15. Menjaga fungsi syaraf

Vitamin B12 yang ada pada ragi sangatlah baik untuk menjaga fungsi syaraf. Dengan terjaganya fungsi syaraf dengan baik, maka berbagai macam penyakit yang menyerang syaraf anda akan dapat diperkecil resikonya.

16. Mencegah anemia

Selain baik utnuk kesehatan syaraf, vitamin B12 yang terkandung pada ragi sangat baik untuk mencegah gejala-gejala anemia.

17. Baik untuk kekebalan tubuh

Ragi ternyata juga disinyalir memilki manfaat yang sangat baik untuk kekebalan dan juga imunitas tubuh. Hal ini tentu saja dapat membuat anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

18. Kaya akan serat

Serat merupakan salah satu zat yang penting, tertama untuk pencernaan, dan juga pengikat lemak. Selain itu, serat juga baik untuk menjaga rasa kenyang, sehingga anda dapat merasa kenyang lebih lama.

19. Gluthatione

Gluthatione merupakan salah satu jenis zat yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan dapat menangkal radikal – radikal bebas, yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

20. Anti aging

Dengan manfaatnya sebagai antioksidan, maka ragi pun dapat mencegah terjadinya aging dan juga penuaan dini. Ragi dapat mebantu menjaga kesehatan kulit dan juga menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Nah, itulah beberapa manfaat ragi yang mungkin masih belum anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.