12 Manfaat Ampas Teh Celup Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal teh? Minuma ini telah banyak dikenal di seluruh dunia. Selain rasanya yang nikmat, teh memiliki beberapa kandungan nutrisi yang cukup berguna bagi manusia antara lain sebagai berikut.

  • Polifenol. Kandungan polifenol yang berada dalam teh merupakan senyawa flafonol dan katekin yang dapat berguna sebagai antioksidan yang dapat beruguna untuk menangkal radikal bebas.
  • Vitamin A. Dalam teh, juga terdapat vitamin A yang disebut denga betakaroten.
  • Vitamin C. Vitamin C dalam teh juga berguna untuk menjaga daya tahan tubuh maupun menangkal tubuh dari berbagai macam penyakit.
  • Vitamin E. Kandungan vitamin E yang terkandung dalam teh ini juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

artikel terkait:

Manfaat Ampas Teh

Dikarenakan yang dikonsumsi dari teh merupakan air ekstrak tehnya, maka ampas teh biasanya tidak ikut serta untuk dikonsumsi. Kebanyakan orang akan membuang ampas teh setelah air teh habis dikonsumsi. Namun apakah Anda tahu bahwa ampas teh memiliki manfaat tersembunyi yang luar biasa. Adapun manfaat dari ampas teh yang dapat kita peroleh antara lain sebagai berikut :

1. Memantu menghilangkan kantung mata

Munculnya kantung mata pada seseorang dapat terjadi karena kurangnya atau kebanyakan tidur, terlalu lama bekerja di depan komputer, kurang minum air putih maupun kebanyakan makan makanan asin. Nah apabila Anda mempunyai keluhan mengenai kantung mata jangan khawatir karena Anda dapat memafaatkan ampas teh guna mengatasinya.

Caranya mudah. Anda dapat menggunakan ampas teh kantong dan mencelupkannya ke air es hingga benar-benar dingin. Atau, Anda pun dapat meletakkan ampas teh kantong ini di dalam kulkas hingga dingin. Setelah itu, kompreskan ampas teh kantong yang telah dingin ini di area kelopak mata dan diamkan selama beberapa menit. Ulangi langkah tersebut hingga kantung mata Anda berangsur-angsur menghilang dan mata Anda menjadi semakin segar.

artikel terkait: manfaat teh telur

2. Sebagai lulur mandi

Ampas teh dapat digunakan sebagai detoks yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta membersihkan, menghaluskan dan melembabkan kulit. Caranya cukup sederhana. Keluarkan ampas teh dari kantong teh celup hingga terkumpul sebanyak 2 sendok makan ampas. Campurkan ampas teh dengan 1 sendok lulur mandi dan 1 sendok tepung beras. Setelah tercampur rata, gunakan adonan tersebut sebagai lulur untuk mandi.

artikel terkait: manfaat teh daun sukun

3. Sebagai masker wajah

Bagi Anda yang menginginkan wajah halus serta lembab, Anda dapat menggunakan ampas teh untuk membantu mempercantik wajah Anda. Masker ini juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati serta noda bekas jerawat. Caranya, keluarkan ampas teh dari kantongnya ke dalam sebuah mangkuk dan tambahkan sesendok makan madu serta tepung beras secukupnya. Aduk adonan masker hingga merata. Setelah itu, oleskan masker secara merata dan gosok secara perlahan-lahan. Setelah 5 menit, bilas masker dengan air bersih.

artikel terkait: manfaat teh afrika

4. Membantu memulihkan kulit yang terbakar matahari

Apakah Anda tahu? Ampas teh yang telah tidak terpakai dapat membantu Anda dalam mengatasi kulit Anda yang terbakar akibat sengatan sinar matahari. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mendinginkan ampas kantung teh dengan air es kemudian kompreskan ampas teh dingin tersebut pada kulit yang terbakar tadi. Dengan demikian, rasa perih yang terjadi dikarenakan sengatan sinar matahari tersebut dapat segera mereda.

artikel terkait: manfaat teh manis

5. Membantu membuat lebih berkilau

Ingin rambut terlihat lebih berkilau? Silahkan gunakan ampas teh untuk mengatasi rambut kering dan kusam agar lebih berkilau. Caranya, silahkan celupkan ampas kantung teh celup ke dalam bilasan rambut supaya terlihat lebih bersinar dan halus.

artikel terkait: manfaat teh campur madu

6. Mengobati bisul

Apabila Anda memiliki bisul, Anda dapat menggunakan bekas ampas kantung teh celup. Caranya mudah, yaitu dengan kompres bisul dengan ampas teh celup selama kurang lebih 15 menit hingga mengering. Lakukan cara ini secara berulang-ulang hingga bisulpun menjadi lenyap.

artikel terkait: manfaat teh jahe

7. Membantu menghilangkan bau tak sedap pada lemari es

Apabila lemari es Anda bau, Anda dapat memanfaatkan ampas kantung teh untuk mengatasi hal tersebut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa ampas kantung teh celup pada lemari es Anda yang bau niscaya bau tak sedap pun akan hilang dengan sendirinya.

artikel terkait: manfaat teh untuk mata

8. Membantu mencerahkan kulit wajah

Kandungan vitamin E pada teh dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Apabila Anda ingin mencerahkan kulit wajah, Anda dapat menggunakan ampas teh untuk membantu mewujudkan hal tersebut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman. Usapkan ampas teh tersebut untuk scrub atau sebagai masker wajah. Untuk mendapatkan hal yang maksimal, lakukanlah langkah ini secara rutin.

artikel terkait: manfaat teh bunga krisan

9. Membantu mengencangkan kulit

Bagi Anda yang ingin mengencangkan kulit wajah tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ampas teh sebagai masker alami untuk membantu mengencangkan kulit Anda. Caranya cukup sederhana, silahkan Anda gunakan ampas teh sebagai masker untuk dibalurkan pada muka Anda hingga merata. Diamkan semalaman agar kandungan yang terdapat dalam teh meresap ke dalam kulit Anda. Keesokan harinya, bilas masker teh dengan air hingga bersih. Silahkan lakukan hal ini secara teratur guna mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat teh daun manggis

10. Membantu wajah untuk terlihat awet muda

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh dapat berguna untuk menangkal radikal berbas penyebab penuaan dini. Mulai sekarang, Anda tidak perlu membuang ampas teh Anda karena dapat Anda gunakan sebagai masker untuk membantu wajah Anda agar terlihat awet muda. Layaknya masker lainnya, Anda cukup membalurkan ampas teh pada wajah Anda dan kemudian membilasnya setelah selesai.

artikel terkait: manfaat teh hijau kepala jenggot

11. Membantu mengurangi dan menghilangkan gatal serta bekas gigitan nyamuk

Ampas teh yang berada dalam kantung teh mengandung zat serupa antihistamin yang dapat berguna untuk mengatsi kulit kemerahan yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Apabila Anda merasakan gatal dikarenakan gigitan nyamuk, Anda dapat menggunakan ampas teh kantong yang masih hangat dan usapkan pada daerah yang gatal.

artikel terkait: manfaat teh hijau untuk diet

12. Membantu menghilangkan ketombe

Satu lagi manfaat yang dapat Anda peroleh dari ampas teh adalah membantu menhilangkan ketombe. Sama dengan langkah sebelumnya, campurkan ampas teh dengan air secukupnya dan gunakan untuk membilas rambut Anda. Pijat dengan lembut kepala Anda selama kurang lebih 10 menit dan lanjutkan dengan keramas menggunakan shampoo seperti biasa. Lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

artikel terkait: manfaat teh chamomile

demikian ulasan mengenai ampas teh, semoga bermanfaat bagi anda semuanya. terima kasih

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 04:31 Oleh :
Kategori : Herbal