17 Manfaat Kol Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Kol merah merupakan salah satu jenis kol yang memiliki banyak manfaat. Bahkan manfaat kol merah jauh lebih banyak dibandingkan kol yang bewarna hijau yang biasanya lebih umum dikonsumsi sehari-hari. Kol merah dijamin akan memberikan manfaat yang lebih dibanding manfaat kol bagi kesehatan.  Berikut ini manfaat kol merah bagi kesehatan tubuh yang belum banyak orang ketahui

  1. Pencegah kanker

Kol merah terbukti bisa mencegah sel kanker karena di dalamnya terkandung antioksidan yang tinggi serta anthocyanin dan indoles. Indoles dalam kubis merahberfungsi untuk mengurangi kanker payudara pada wanita. Sedangakan Vitamin A juga dapat mengurangi kemungkinan kanker paru-paru.

2. Membantu penurunan berat badan

Kol merah memiliki kalori yang sangat rendah namun kandungan serat yang sangat tinggi. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya juga membuat kita bertahan dengan rasa kenyang lebih lama dan membuat kita tidak banyak makan. Manfaat kol merah cocok dikombinasikan dengan manfaat beras merah untuk kesehatan dan diet.

3. Menjaga kesehatan mata

Tingginya kandungan Vitamin A membuat kol merah sangat baik untuk kesehatan mata kita. Manfaat vitamin A untuk mata bisa kita dapatkan dari kol merah. Kol merah akan menjaga penglihatan menjadi tetap sehat dan mencegah terbentuknya katarak pada mata. Selain itu kandungan beta caroten dalam kol merah juga sangat baik untuk menjaga kualitas mata seiring dengan pertambahan usia.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kol merah bisa meningkaatkan sistem kesehatan tubuh karena terdapat Asam askorbat di dalamnya. Asam askorbat sendiri merupakan antioksidan penting yang menjadi elemen masif dari sistem kekebalan tubuh kita. Asam askorbat akan merangsang aktivitas sel darah putih, yang membentuk garis pertahanan pertama untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, manfaat vitamin C juga terdapat dalam kol merah dan sangat penting untuk pembentukan kolagen, yang dapat menjaga kekebalan serta sel-sel dalam tubuh agar tetap terhubung dan sehat.

5. Menangani hipertensi

Tinggi nya tekanan darah atau yang biasa disebut hipertensi ternyata bisa kita atasi dengan mengkonsumsi kol merah. Hal ini belum banyak diketahui seperti manfaat labu siam bagi hipertensi . Kol merah banyak menyimpan potasium yang berfungsi sebagai sistem yang meningkatkan sirkulasi darah. Kehebatan lain dari kol merah ini ialah kemampuannya dalam menyerap kelebihan sodium yang membuat banyak orang terkena penyakit hipertensi. Sodium yang berlebih ini bisa diserap oleh zat bernama kalium yang terdapat dalam kol merah.


6. Mencegah penuaan

Lagi-lagi kandungan antioksidan dalam kol merah membuat sayuran yang satu ini layak menjadi primadona dalam sajian kita sehari-hari. Kali ini antioksidan yang terdapat dalam kol merah menunjukan kehebatannya dengan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan yang dapat terjadi karena radikal bebas. Selain itu antioksidan juga mampu menjaga kulit menjadi segar, kencang, dan lentur serta mengurangi kerutan yang biasanya muncul dengan bintik-bintik usia di wajah.

7. Menjaga kesehatan tulang

Kol merah mengandung mineral esensial yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang yang sehat. Kol merah pula kaya akan kalsium, magnesium, mangan, dan mineral penting lainnya yang berkontribusi terhadap pertumbuhan tulang dan kepadatan mineral yang melindungi terhadap osteoporosis, arthritis, dan berbagai jenis peradangan lainnya. Selain itu kita juga perlu mengetahui manfaat madu untuk tulang yang tidak kalah bagusnya dari kol merah.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran