9 Manfaat Jengkol Goreng Lebih Dari Sekedar Makanan

Meski jengkol memiliki bau yang sangat khas dan menyengat seperti pete, namun banyak orang yang sangat menggemari makanan ini. Jengkol bisa dibuat menjadi berbagai macam olahan masakan seperti rendang jengkol, semur jengkol dan juga sangat nikmat diolah menjadi jengkol goreng untuk teman makan nasi dan sambal dan bahkan ada juga manfaat kulit jengkol untuk kesehatan. Teksturnya yang lembut dan memiliki citarasa khas membuat banyak orang ketagihan dengan makanan ini. Perlu diketahui jika selain nikmat, jengkol juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan masih banyak lagi. Untuk itulah ada banyak manfaat jengkol goreng yang bisa anda dapatkan selain untuk mengenyangkan perut anda seperti penjelasan yang kami berikan berikut ini.

  1. Mencegah Anemia

Jengkol goreng mengandung zat besi tinggi yang sangat baik untuk mencegah sekaligus mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka gejala anemia seperti lemah, lelah, tidak bersemangat dan lesu bisa terjadi dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol goreng secara teratur.

  1. Membantu Pembentukan Jaringan Tubuh

Protein tinggi dalam jengkol bisa membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein dalam jengkol goreng ini bahkan lebih banyak dibandingkan dengan protein pada kacang kedelai dan kacang hijau sehingga aman dan bernutrisi untuk dikonsumsi sehari hari.

  1. Mencegah Kerusakan Tulang dan Gigi

Selain tinggi akan manfaat zat besi dan protein, jengkol goreng juga memiliki manfaat fosfor dan kalsium yang merupakan dua mineral penting untuk mencegah pengeroposan tulang dan menguatkan gigi. Untuk itu, mengkonsumsi jengkol goreng ini sudah cukup untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi anda.

  1. Mencegah Radikal Bebas

Jengkol goreng juga mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B1, B2 dan juga vitamin C. Vitamin A dan vitamin C dalam jengkol ini berguna sebagai sumber antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

  1. Mencegah Diabetes

Hebatnya lagi, hanya dengan mengkonsumsi jengkol goreng ini, maka diabetes bisa dicegah. Dalam jengkol terdapat zat bernama asam jengkolat yang mengkristal dan tidak larut dalam air. Meski bisa mencegah diabetes, namun tidak disarankan bagi pasien gangguan ginjal sebab dikhawatirkan organ ginjal tidak bisa menyaring asam jengkolat secara sempurna.

  1. Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Darah

Untuk penderita jantung, masalah penyempitan pembuluh darah tentunya bisa menyebabkan aliran darah menuju jantung tidak berjalan dengan baik. Kandungan mineral dalam jengkol beruna untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit sehingga aman dikonsumsi oleh penderita jantung.

  1. Menstabilkan Organ Vital Tubuh

Organ dalam tubuh bisa berfungsi dengan baik jika mendapatkan asupan asam folat dan vitamin B6 yang cukup. Selain itu, asam folat juga sangat penting untuk perkembangan janin dan salah satu makanan tinggi asam folat bisa diperoleh dari jengkol goreng yang bisa anda konsumsi secara teratur namun tidak berlebihan.


  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat berikutnya dari jengkol goreng adalah bisa mengontrol kadar gula darah. Jengkol juga mengandung zat gula ramah untuk penderita diabetes sebab sangat mudah untuk terurai. Gula dalam jengkol goreng ini nantinya akan diubah menjadi sumber energi sehingga daya tahan tubuh bisa ikut meningkat.

  1. Sumber Antioksidan Untuk Jantung

Manfaat antioksidan dalam jengkol goreng sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya jantung. Apapun zat yang menghalangi aliran darah dalam pembuluh darah akan hilang bersama zat dalam jengkol. Dengan semakin lancarnya aliran darah, maka organ jantung bisa berfungsi dengan normal dan baik.

Manfaat jengkol goreng yang memiliki bau dan rasa khas ini ternyata menyimpan banyak nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Untuk itu, jika anda tidak menyukai jengkol sebaiknya pertimbangkan untuk mulai mengkonsumsi makanan ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan