Manfaat Daun Seledri Untuk Asam Urat Kronis

Seledri merupakan salah satu tumbuhan yang dapat tumbuh di dataran rendahmaupun di dataran tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk memasak. Seledri memiliki nama Apium Graveolens dan dibeberapanegara biasa disebut dengan nama parsley, celeri, selinon dan beberapa sebutan lainnya. cara mengembng biakkan seledri ini juga cikup mudah, yakni dengan menanam bijinya atau bisa dilakukan juga dengan memindah anakan tumbuhan seledri dari rumpunnya. Meskipun biasanya hanya digunakan sebagai tambahan pelengkap makanan, namun seledri dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan yang berkhasiat untuk mengobati penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan daun seledri adalah asam urat.

artikel terkait daun seledri:

Kandungan Dalam Daun Seledri

Daun seledri secara ilmiah dapat digunakan sebagai salah satu obat asam urat karena mengandung beberapa zat berikut :

  1. Flavonoid
  2. Apiol
  3. Apiin
  4. Glikosida
  5. Vitamin A, B1 dan C
  6. Zat Besi
  7. Fosfor
  8. Kalsium

Dar beberapa kandungan tersebut, kandungan glikosida yang ada dalam daun seledri berkhasiat untuk mengatasi masalah persendian dan asam urat secara efektif.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk diabetesmanfaat seledrimanfaat ashitaba seledri jepang

Cara Mengatasi Asam Urat dengan Seledri

Untuk memanfaatkan seledri sebagai obat untuk asam urat, ada beberapa cara dalam mengolahnya, diantaranya :

  1. Dikonsumsi secara langsung

Cara paling mudah memanfaatkan seledri untuk mengobati asam urat yakni dengan mengkonsumsi seledri secara langsung sebagai lalapan. Rasa daun seledri yang segar membuat beberapa orang dapat memakannya dalam keadaan mentah sebagai bahan lalapan seperti halnya kemangi.

  1. Rebusan Biji Seledri

Tidak hanya daun seledri yang dapat mengatasi penyakit asam urat, namun juga biji dari seledri juga dapat drebus untuk menyembuhkan asam urat. Yakni dengam cara merebus 1 sendok bii sledri ke dalam 3 gelas air. Setelah air mendidih, tunggu hingga air rebusan biji seledri hanya tersisa 1 gelas saja. Saring biji seledri dan tunggu hingga dapat dikonsumsi. Usahakan mengkonsumsi rebusan biji seledri secara rutin 2 sampai 3 kali dalam sehari.

  1. Rebusan Daun Seledri

Jika lidah tidak dapat menerima daun seledri untuk lalapan, maka dapat mengkonsumsi daun seledri dengan cara direbus. Hanya perlu merebus sekitar seikat daun seledri dalam 3 gelas air hingga mendidih. Sama halnya dengan biji seledri, tunggu rebusan daun seledri dan sisakan air hingga tinggal 1 gelas saja. Angkat daun seledri daun air yang sudah tinggal 1 gelas dan saring air tersebut. Tunggu hingga agak dingin sehingga dapat diminum. Untuk hasil optimal, minum 3 gelas dalam sehari secara rutin.

  1. Jus Seledri

Selain menjadikan daun seledri sebagai lalapan dan rebusan seledri, daun seledri juga dapat dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai jus. Agar tidak mengurangi kandungan dan bahan apapun dari seledri, menjadikan seledri juas mungkin bisa di coba. Cuci bersih seikat daun seledri dan potong dalam 6 bagian kemudian masukkan salam blender. Untuk menambah rasa daun seledri agar sedikit manis dapat ditambahkan madu. Mengkonsumsi jus seledri setiap hari dapat mengatasi penyakit asam urat yang diderita oleh pendrita asam urat.

artikel terkait asam urat:

Lakukan pencegahan dan pengobatan untuk mentasai penyakit asam urat, karena rasa sakit yang ditimbulkan apabila sudah terlalu parah bisa jadi membuat penderitasangat terganggu. Selain mengkonsumsi daun seledri untuk pengobatan asam urat, lakukan olah raga secar rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga. Jaga pola makan sehat dan usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang dapat menimbulkan penyakit asam urat yang diderita semakain parah.