9 Manfaat Daun Inai untuk Rambut Wanita

Menjadi cantik adalah impian setiap wanita. Wanita senantiasa menjaga semua aspek tubuhnya dari ujung kepala hingga kaki. Menjaga kecantikan menjadi bagian wajib bagi wanita. Paling tidak wanita akan lebih rajin keramas dan mandi dibandingkan laki-laki.

Wanita memang punya banyak bagian tubuh yang harus rajin dirawat. Salah satunya adalah rambut. Ada ungkapan yang berkata bahwa rambut adalah mahkota wanita. Sebagaimana mahkota untuk para raja, rambut sangat berharga bagi wanita. Baca juga: Manfaat Daun Inai Untuk Rahim.

Tak jarang, rambut harus selalu rapi dan stylish demi menunjang penampilan wanita. Rambut wanita pun menjadi kebanggaan. Saat rambutnya tertata maka wanita pun akan merasa cantik. Sudah terbukti bahwa rambut bisa meningkatkan rasa percaya diri wanita. Namun, untuk memiliki rambut yang sempurna tidaklah mudah. Banyak sekali masalah yang membuat rambut rusak dan sulit indah. Faktanya, masalah rambut dirasakan hampir semua wanita.

Untuk mengatasi masalah rambut ada solusi herbal yang aman untuk rambut. Mengapa solusi herbal? Jika menggunakan bahan kimia sintetis ada kemungkinan tidak cocok atau malah menambah parah masalah rambut. Solusi tersebut yaitu menggunakan daun inai. Baca juga: Manfaat Shampo Syoss.

Manfaat Daun Inai Untuk Rambut

Apa saja manfaat daun inai untuk rambut? Simak pembahasannya dengan list dibawah ini:

1. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang sering terjadi di rambut wanita. Apalagi para wanita yang punya rambut panjang. Melihat rambut yang tercecer dilantai pasti sudah biasa. Kini, dengan menggunakan daun inai masalah rambut rontok dapat teratasi. Baca juga : Manfaat Daun Jambu Biji untuk Rambut Rontok.

2. Solusi Rambut Bercabang

Rambut bercabang kadang muncul bersamaan dengan rambut rontok. Rambut bercabang memberi pertanda bahwa rambut kurang nutrisi. Ditambah lagi sering menggunakan catokan dan hairdyer menambah parah rambut bercabang. Daun inai punya khasiat untuk menutrisi rambut dengan vitamin E.

3. Membuat Rambut Berkilau

Rambut kusam pasti membuat wanita tidak bisa tampil percaya diri. Rambut kusam juga membuat wanita terlihat tidak segar. Namun, dengan daun inai rambut bisa lebih berkilau. Kandungan vitamin E nyatanya bisa mengembalikan kilau rambut kusam.

4. Mewarnai Rambut

Beberapa wanita merasa percaya diri untuk mengubah warna rambutnya. Namun ada juga yang ingin mewarnai rambut tapi khawatir jika menggunakan pewarna sintetis. Daun inai dikenal juga sebagai daun pacar kuku, karena bisa mewarnai kuku dan juga bahan henna. Artinya, daun inai juga mampu mewarnai rambut. Warna yang bisa dihasilkan dengan daun inai adalah merah keemasan dan warna gelap. Baca juga: Manfaat Mewarnai Rambut.

5. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Ingin ubah gaya rambut dengan memotong pendek rambut, tapi takut lama tumbuh? Itu kadang menjadi masalah saat ingin mencoba gaya rambut baru. Ataupun menghadapi rambut rontok sampai rambut terasa tipis bahkan nyaris botak? Solusinya dengan daun inai. Daun inai memiliki kandungan protein dan vitamin untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Baca juga : Manfaat Teh Basi.

6. Menutrisi Rambut Rapuh

Kurang nutrisi pada rambut bisa menyebabkan rambut kusam dan rontok. Rontok pun ada yang dari akar dan juga karena rapuh. Daun inai bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok karena rapuh. Caranya, rambut rapuh akan mendapat nutrisi sehingga lebih kuat dan tebal.


7. Memperlambat Penuaan Rambut

Banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi rambut. Seperti cuaca, kelembaban, dan juga paparan AC dalam ruangan. Efek yang timbul akibat pengaruh eksternal tersebut rambut akan cepat menua. Penuaan rambut ditandai dengan munculnya uban. Dengan daun inai, masalah penuaan bisa diatasi.

Baca juga :

8. Mengatasi Kemunculan Uban

Uban bagi wanita terkadang menjadi masalah. Ternyata, daun inai bisa menyelesaikan masalah uban dengan 2 cara sekaligus.  Pertama, menghambat penuaan dengan antioksidan dan menyegarkan rambut. Kedua, bisa menutupi dengan aman dengan cara menjadi pewarna rambut. Baca juga: Manfaat Degan Wulung.

9. Mengatasi Ketombe

Ketombe berasal dari kulit kepala yang kotor. Daun inai juga berkhasiat untuk mengatasi rambut gatal karena ketombe. Kulit kepala pun akan lebih bersih dan terasa segar. Rambut pun lebih sehat dan kuat. Baca juga: Manfaat Tanaman Okra.

Itulah 9 manfaat yang bisa didapatkan dari daun inai. Memiliki rambut sehat pun kini lebih aman. Mengetahui berbagai manfaat daun inai untuk rambut tentu harus mengetahui cara memanfaatkannya. Mengolah daun inai tak sesulit yang bayangkan. Berikut ini langkah untuk membuat beberapa masker rambut dari daun inai:

Masker daun inai untuk rambut rontok:

  1. Ambil sekitar 1 gelas daun inai
  2. Bersihkan daun inai dengan air
  3. Siapkan penggiling
  4. Hancurkan sampai berbentuk bubuk
  5. Ambil 2 butir telur, bisa juga diganti dengan asam jawa
  6. Siapkan ½ gelas air panas, bisa juga diganti dengan teh tawar
  7. Campurkan seluruh bahan dengan cara diaduk sampai rata
  8. Aduk selama kurang lebih ½ jam
  9. Setelah siap, usapkan masker ini ke rambut
  10. Diamkan selama 2 hingga 3 jam sampai masker kering
  11. Bilas rambut dengan air
  12. Lalu tahap terakhir bersihkan rambut dengan air dan shampoo seperti keramas biasa

Untuk menggunakan masker rambut ini sebaiknya dilakukan seminggu 2x. Lakukan hingga kerontokan hilang. Pilih juga daun inai yang bagus agar masker terjamin baik. Baca juga: Manfaat Sabun Amoorea.


Membuat pewarna rambut dari daun inai:

  1. Daun inai 100-300 gram
  2. Bersihkan daun-daun tersebut dengan air bersih, lalu keringkan
  3. Tumbuk hingga halus menjadi bubuk
  4. Siapkan air lemon secukupnya, kegunaannya untuk mengembangkan rambut
  5. Siapkan air untuk menetralkan air asam
  6. Untuk menghilangkan bau menyengat daun inai bisa gunakan teh, jahe, atau kayu manis
  7. Tambahkan conditioner untuk melembutkan rambut
  8. Campurkan semua bahan kering kedalam mangkok
  9. Perlahan-lahan masukkan bahan cair, sampai adonan lunak dan tidak menempel
  10. Setelah adonan selesai, tutup mangkok dengan plastik diatasnya
  11. Diamkan beberapa jam atau semalaman ditempat yang hangat (suhu ruang)
  12. Tunggu sampai warna adonan berubah kecoklatan
  13. Untuk menggunakan adonan ini caranya sama seperti menggunakan pewarna rambut biasa.
  14. Agar warnanya tidak cepat memudar, setelah memakai pewarna ini sebaiknya tidak keramas selama 48 jam

Itulah cara memanfaatkan daun inai untuk mewarnai rambut. Jangan lupa mengoleskan pelembab seperti Vaseline di bagian leher dan tangan agar pewarna tidak kemana-mana. Anda juga harus berhati-hati karena jika pewarna mengenai pakaian akan sulit hilang. Baca juga: Manfaat Shampo Olive.

Nah, sangat bermanfaat ya daun inai ini untuk rambut. Sudah saatnya Anda beralih dari pewarna sintesis ke pewarna herbal yang lebih aman. Bagi yang muslim pun, pewarna dari daun inai sangat diperbolehkan. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir kehalalannya.

Baca juga :

Jadi, kapan Anda akan mulai memanfaatkan daun inai untuk perawatan rambut? Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal