10 Manfaat Daun Genjer untuk Kesehatan Tubuh

Genjer(Limnocharis flava) merupakan sejenis tumbuhan rawa yang biasanya dapat dijumpai di sawah atau perairan dangkal bersama-sama dengan tumbuhan encek gondok. Apabila tidak dimanfaatkan, populasi genjer dapat menjadi gulma pada sawah. Genjer juga disebut dengan sumber sayuran orang miskin, dikarenakan ia dapat dikonsumsi orang desa apabila tidak adasumber sayuran lain yang dapat dipanen. Genjer memiliki nama lain seperti haleyo (batak), enceng (melayu), saber (sunda) maupun centongan (jawa). Sedangkan di dunia internasional, genjer dikenal sebagai limnocharis, sawah-flower rush, sawah-lettuce, velvetleaf, yellow bur-head maupun cebolla de chucho.

artikel terkait:

Genjer merupakan tumbuhan terna tahunan yang dapat mencapai tinggi setengah meter dengan rimpang agak tebal dan tegak yang terbenam dalam lumpur. Daun genjer bersifat tegak atau miring dan tidak mengapung berwarna hijau dengan lapisan lilin yang membuatnya terlihat mengkilat. Genjer memiliki tangkai yang berbentuk panjang dan berlubang dengan helai yang bervariasi bentuknya dan susunan daun yang melengkung. Bunga genjer merupakan bunga majemuk di ketiak daun dengan bentuk menyerupai payung, terdiri atas 3-15 kuntum, mahkota berwarna kuning dengan diameter 1,5 cm serta kelopak bunga yang berwarna hijau. Biji genjer merupakan biji semu dengan bentuk bulat, kecil dan berwarna hitam.

Genjer merupakan tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Perbanyakan genjer dapat dilakukan melalui cara vegetatif walaupun bijinya dapat ditanaman. Meskipun demikian, genjer biasanya tidak secara intensif dibudidayakan karena dapat tumbuh dengan sendirinya di daerah persawahan atau perairan dangkal. Bagian yang dapat dimanfaatkan pada tananam genjer adalah daunnya, namun tidak jarang orang ikut menyertakan batang dan bunga genjer untuk konsumsi.

Kandungan Daun Genjer

Meskipun genjer dianggap sebagai gulma yang mengganggu tanaman di persawahan, namun genjer memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berikut merupakan informasi kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman genjer.

Tabel 1. Kandungan Nutrisi Pada Tanaman Genjer

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 33 kkal
Protein 1,7 gram
Lemak 0,2 gram
Karbohidrat 7,7 gram
Kalsium 62 mg
Fosfor 33 mg
Zat besi 2 mg
Vitamin B1 0,07 g

Selain kandungan nutrisi di atas, terdapat pula kandungan serat pada sayur genjer, flovanoid dan polifenol pada daun genjer serta kardenolin pada bunga genjer. Kesemua nutrisi yang terdapat pada sayur genjer dapat berguna untuk kesehatan manusia. Meskipun selama sepengetahuan kami belum ada informasi mengenai bahaya memakan genjer, namun Anda tetap boleh berhati-hati dalam memilih sayuran genjer sebagai bahan makanan. Memastikan sayuran tersebut berasal dari lahan yang bersih dan sehat karena tanaman ini dianggap dapat menyerap logam berat seperti merkuri yang tidak dapat larut dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat daging babimanfaat yakult

Manfaat Daun Genjer

Bagi sebagian orang, genjer dimanfaatkan sebagai pakan ternak agar tidak menjadi gulma pada persawahan. Namun siapa sangka bahwa genjer juga dapat dikonsumsi manusia serta dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi genjer.

1. Obat penambah nafsu makan

Genjer dipercaya dapat membantu meningkatkan nafsu makan seseorang. Anda dapat memanfaatkan genjer untuk obat penambah nafsu makan dengan cara mengukus setengah matang daun 15 gram genjer segar yang telah dicuci bersih, kemudian daun genjer tersebut dimanfaatkan sebagai lalapan.

artikel terkait: manfaat rebusan daun salam

2. Peremajaan sel-sel tubuh

Genjer memiliki kandungan protein yang berguna untuk membanru meremajakan sel-sel dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi genjer, jutaan sel-sel yang sudah tidak berfungsi dalam tubuh Anda dapat tergantikan dengan yang baru. Selain itu, kandungan protein yang dibarengi dengan kandungan zat besi pada genjer juga bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk hepatitis

3. Cadangan energi

Meskipun hanya sedikit, genjer memiliki kandungan lemak yang dapat berfungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh Anda. Konsumsi genjer dapat membantu tubuh untuk mendapatkan cadangan energi yang sewaktu-waktu dapat dibutuhkan oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk asam urat

4. Memperkuat tulang

Genjer memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang pada anak-anak, bahkan kandungan tersebut juga dapat menunjang pertumbuhan gigi pada anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa, kalsium dan fosfor berperan untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

artikel terkait: manfaat daun jati untuk diabetes

5. Mencegah kanker kolon dan sembelit

Konsumsi genjer dipercaya dapat membantu Anda untuk mencegah dari penyakit kanker kolon karena kandungan seratnya. Selain itu, serat pada genjer juga membantu Anda untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar.

artikel terkait: manfaat daun mangga untuk diabetes

6. Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker

Genjer dipercaya memiliki kandungan polifenol yang dapat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas serta mengurangi resiko terkena penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

artikel terkait: manfaat daun ceri untuk diabetes

7. Mengatasi anemia

Konsumsi genjer dapat membantu Anda untuk mengatasi kurang darah(anemia). Hal ini dikarenakan genjer mengandung zat besi yang dapat membantu tubuh dalam membentuk dan memperbaiki sel darah merah dalam darah.

artikel terkait: manfaat daun gedi untuk asam urat

8. Sebagai obat anti kuman alami

Genjer juga dapat bermanfaat sebagai obat anti kuman alami apabila Anda mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kandungan flovanoid pada genjer dapat digunakan sebagai anti kuman (antibiotik).

artikel terkait: manfaat daun pepaya untuk diabetes

9. Baik untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, genjer juga bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kandungan protein pada genjer berguna untuk membantu menambah kebutuhan energi pada ibu hamil serta membantu dalam pembentukan sel-sel otot pada janin.

artikel terkait: manfaat daun alpukat untuk kolesterol

10. Mengatasi keracunan jengkol

Apabila Anda mengalami keracunan jengkol, barangkali genjer dapat menjadi solusi obat bagi Anda. Caranya mudah, apabila Anda keracunan jengkol buat lalap dari 5-10 lembar daun genjer mentah.

artikel terkait: manfaat daun pandan untuk asam urat

Resep Masakan Daun Genjer

Genjer memiliki rasa yang sedikit pahit, namun tidak sepahit daun pepaya. Agar tidak begitu pahit, sebelum dimanfaatkan genjer dapat disiram air panas atau direbus terlebih dahulu hingga sedikit lunak. Untuk dimanfaatkan sebagai masakan yang lezat, genjer dapat dimasak salah satunya dengan resep berikut.

Bahan-bahan.

  • Siapkan daun genjer 3 ikat, potong dan cuci bersih
  • terasi bakar 1 sdt
  • cabe merah 10 buah
  • bawang merah 5 buah
  • bawang putih 2 buah
  • gula dan garam secukupnya
  • minyak goreng 5 sdm

cara membuat.

  • Agar tidak terasa pahit, rebus daun genjer dalam air yang telah diberi sediki garam selama 3 menit. Setelah itu, angkat dan rendam dalam air dingin agar tetap hijau, kemudian tiriskan.
  • Uleg terasi, cabe, bawang merah dan bawang putih kemudian tumis dan beri gula dan garam secukupnya
  • Masukkan rebusan genjer, aduk rata, angkat dan sajikan.

artikel terkait: manfaat daun pisang kering

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daun genjer. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 11:59 Oleh :
Kategori : Sayuran