17 Manfaat Prisoner untuk Tubuh

Prisoner adalah bentuk gerakan olahraga yang biasa disebut prisoner squat gerakan ini memiliki kemampuan untuk  melatih otot tubuh. Gerakan prisoner squat terdiri dari meletakkan tangan di belakang kepala dan mulai melakukan gerakan squat berdiri – posisi seperti duduk siku membentuk posisi 90 derajat. Dilakukan berulang sampai durasi waktu tertentu atau hitungan tertentu.

artikel terkait: Manfaat olahraga setiap hari – manfaat kebugaran jasamani

Manfaat prisoner

Prisoner squat dikenal sebagai olahraga yang cukup mudah dilakukan dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaat Prisoner squat

1. Melatih otot tubuh

Manfaat utama dari prisoner squat adalah melatih otot tubuh. Pelatihan otot tubuh sangat berguna bagi kesehatan misalnya dari segi penampilan otot tubuh yang terlatih cenderung menghasilkan bagian badan menjadi atletis sehingga penampilan akan terlihat bagus. Selain itu dari segi kebugaran tubuh akan terasa sangat bugar, kuat dan sehat serta tidak loyo.

2. Membantu menurunkan berat badan

Program diet atau program penurunan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengurangi porsi makan saja tetapi juga perlu melakukan beberapa olahraga yang efektif untuk membakar lemak. Prisoner squat adalah salah satu gerakan olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Melakukan prisoner squat secara teratur akan membantu dalam penurunan berat badan.

3. Melatih lutut 

Gerakan prisoner squat bertumpu pada lutut. Lutut akan dilatih untuk menahan beban tubuh selama beberapa hitungan kemudian tubuh kembali berdiri tegap. Hal ini sangat baik bagi untuk kesehatan lutut karena akan melatihnya menjadi kuat dan memperbaiki fungsi persendian, selain itu prisoner squat juga bisa membantu  mengurangi resiko cedera lutut ketika berolahraga.

baca juga: manfaat latihan kelenturan manfaat gerakan cium lutut

4. Mengatasi perut buncit

Perut buncit adalah keadaan perut yang membuncit karena sebab tertentu utamanya karena gemuk.Kebiasaan buruk juga bisa menjadi pemicu munculnya perut buncit salah satunya tidur setelah makan, makan makanan yang berlemak di malam hari, dan jarang olahraga. Perut buncit akan mengurangi rasa percaya diri sebab tampilan tidak menarik dan terlihat tidak terawat. Salah satu keuntungan ketika melakukan prisoner squat yaitu bisa membantu dalam mengatasi perut buncit.

baca juga: manfaat sit up – manfaat squat jump – manfaat stagenmanfaat korset – manfaat plank

5. Memperbaiki postur

Tidak diragukan lagi prisoner squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang efektif untuk membantu memperbaiki postur tubuh. Gerakan prisoner akan membantu membuat postur lebih tegap dan menempatkan posisi tulang belakang sesuai jalurnya serta memberi efek atletis pada otot kaki. Postur yang bagus akan membantu anda mendapatkan nilai plus untuk pekerjaan yang menilai postur seperti TNI atau Polisi.

baca juga: manfaat berenangmanfaat lari 12 menit manfaat lari bolak balik – manfaat jogging

6. Mengencangkan otot paha

Manfaat selanjutnya dari gerakan prisoner squat adalah mengencangkan paha. Gerakan prisoner squat yang tumpuannnya adalah lutut dan bagian kaki yang menjadi penggerak utama akan berimbas pada pembentukan otot paha. Pembentukan otot ini akan menghasilkan efek kencang pada bagian tersebut sehingga akan mmebuat tampilan seseorang lebih mempesona dan menambah kekuatan tulang paha.

7. Mudah dikakukan

Prisoner squat merupakan gerakan olahraga yang dapat dilakukan dimana saja dengan mudah. Gerakan prisoner tidak membutuhkan alat bantu yang merepotkan cukup menggerakkan tubuh saja. Prisoner sangat cocok bagi anda yang mengingkan olahraga ringan yang menghasilkan manfaat besar. Tidak ada salahnya apabila anda mencoba prisoner squat disela kesibukan harian.

8.  Baik untuk pencernaan

Latihan prisoner squat memiliki manfaat yang baik juga untuk pencernaan. Latihan ini sangat cocok untuh menjaga kesehatan pencernaan agar sistem pencernaan senantiasa sehat. Sebab gerakan prisoner membantu alur cairan dalam tubuh menjadi lancar sehingga akan berdampak dalam lancarnya pembuangan sisa metabolisme.

9. Malancarkan sirkulasi darah

Kelancaran sirkulasi darah sangat baik untuk tubuh utamanya untuk metabolisme tubuh dan penyerapan nutrisi (sari makanan) maupun oksigen bisa optimal tersalurkan ke seluruh bagian tubuh. Prisoner squat akan membuat anda merasakan manfaat tersebut. Hanya dengan bergerak ringan yang dapat dilakukan dimana saja prisoner squat bisa menjadi teman latihan yang sangat baik.

10. Cocok untuk pemanasan tubuh

Sebelum melakukan olahraga inti memang diharuskan melakukan gerak pemanasan untuk mnegurangi resiko cedera dan membuat kesiapan otot tubuh untuk menerima gerakan olahraga. Prisoner squat bisa menjadi salah satu gerakan yang dapat ditambahkan dalam latihan pemanasan sebelum melakukan gerakan olahraga berat.

11. Melatih otot kaki

Prisoner squat memiliki manfaat untuk melatih otot seluruh tubuh namun demikian otot kaki mendapat porsi pembentukan yang lebih intens. Otot kaki akan dilatih untuk menjaga keseimbangan tubuh pada prisoner squat sehingga otot kaki diharapkan bisa terbentuk dan kuat. Selain itu kekuatan otot kaki akan memiliki manfaat juga untuk ketahanan dalam berlari atau berjalan jauh agar tidak cepat capek.

12. Kebugaran tubuh tercapai

Manfaaat selanjutnya dari prisoner squat adalah mencapai kebugaran tubuh yang diinginkan. Prisoner squat yang dilakukan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan olahraga seseorang dapat meningkatkan stamina sehingga membuat tubuh sehat dan bugar. Latihan prisoner squat yang terlihat membutuhkan sedikit daya energi tubuh nyatanya memberikan timbal balik yang menguntungkan.

13. Mengencangkan bokong

Bokong yang terlihat indah dan bulat memiliki kesan sexy dan mempesona. Prisoner squat merupakan pilihan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, latihan prisoner squat akan melatih otot didaerah paha dan sekitar bokong sehingga bisa membantu dapat mengencangkan dan membentuk bokong menjadi bulat.

14. Membentuk badan lebih indah

Manfaat selanjutnya dari prisoner squat adalah membentuk badan lebih indah. Senada dengan manfaat membentuk postur prisoner squat akan membantu dalam pembentukan badan yang kurang menarik contohnya, prisoner squat bisa membantu unuk menurunkan berat badan maka hasilnya badan akan terlihat lebih ramping.

15. Meningkatkan stamina

Prisoner squat dapat dikombinasikan dengan gerkan lain menjadi gerakan yang efektif untuk meningkatkan stamina tubuh. Stamina tubuh akan meningkat dengan latihan prisoner squat secara teratur sehinngga akan membuat anda menjadi lebih sehat dan memiliki daya tahan yang baik. Manfaat ini sangat baik bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan dan dituntut untuk selalu dalam keadaan prima setiap waktu.

baca juga: manfaat gingseng penambah stamina

16. Meningkatkan keseimbangan

Prisoner squat memiliki manfaat untuk meningkatkan keseimbangan tubuh untuk bertumpu pada bagian kaki. Keseimbangan tubuh sangat baik bagi kesehatan seseorang agar seseorang bisa tetap seimbang dalam keadaan tertentu dan tidak mudah terjatuh.

17. Kemampuan fisik

Manfaat selanjutnya yang amat penting yaitu peningkatan kemampuan fisik. Prisoner squat yang dapat melatih sebagian besar otot tubuh akan meningkatkan daya kemampuan fisik seseorang sehingga akan menambah kekuatan dalam tubuh.

baca juga: manfaat melatih daya tahan

Dari sekian banyak manfaat diatas tidak perlu diragukan lagi bahwa gerakan prisoner squat bisa menjadi latihan dirumah untuk mencapai kebugaran tubuh. Prisoner squat sebagai gerakan yang bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja akan membantu anda tetap melakukan olahraga walau diwaktu yang singkat karena gerakan prisoner squat cukup sederhana.