10 Manfaat Gerak Meliukkan Badan – Gerakan Sederhana dengan Banyak Manfaat

Kapan biasanya Anda melakukan gerak meliukkan badan? Gerakan meliukkan badan sekilas memang tampak aneh jika dilakukan tanpa alasan apapun. Namun gerakan meliukkan badan merupakan salah satu gerakan penting ketika berolahraga karena biasanya dilakukan di tahap peregangan sebelum melakukan olahraga inti untuk membantu melemaskan otot-otot yang kaku sehingga meminimalisir cidera.

Manfaat Gerak Meliukkan Badan

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas ternyata ada manfaat gerak meliukkan badan dan tidak hanya berguna ketika akan melakukan olahraga saja tapi juga jika Anda seorang penari maka gerakan meliukkan badan sudah menjadi salah satu gerakan wajib yang dilakukan. Untuk lebih jelas mengenai manfaat dari gerakan meliukkan badan ini Anda bisa melihat pembahasan yang lebih detail dari daftar berikut.

  1. Untuk Meregangkan Otot-otot Sebelum Berolahraga

Jika Anda perhatikan seorang atlet professional pasti melakukan proses peregangan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Kebanyakan orang lebih memilih langsung keintinya untuk menghemat waktu tapi meregangkan otot sebelum olahraga sangatlah penting dilakukan karena dapat mengurangi risiko cidera ketika berolahraga atau melakukan kegiatan fisik.

  1. Mengurangi Cidera Ketika Melakukan Kegiatan Fisik

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, walaupun terlihat simpel tapi gerakan meliukkan badan akan memaksa seluruh bagian tubuh mulai dari kaki, pinggung, punggung, pundak sampai tangan untuk bergerak bersama. Proses meregangkan otot ini baik untuk melemaskan otot-otot sehingga risiko cidera dapat dikurangi secara signifikan ketika hendak melakukan kegiatan fisik.

  1. Untuk Melatih Otot Pinggul

Pinggul bagi pria mungkin tidak terlalu menjadi perhatian utama tapi bagi wanita memiliki pinggul yang ramping adalah sebuah body goal. Melakukan gerak meliukkan badan sebagai bagian dari olahraga fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu melatih otot pinggul membuatnya terlihat ramping namun tetap kuat.

  1. Baik untuk Kesehatan Otot Bahu

Jika wanita ingin memiliki pinggul yang ramping dan ideal maka kebanyakan pria ingin memiliki dada yang bidang. Gerakan sesederhana meliukkan badan ternyata juga berdampak sangat positif terhadap kesehatan otot bahu. Melakukannya secara teratur dapat membantu Anda menghemat banyak waktu untuk pergi ke gym karena gerakan ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

  1. Menjaga Kelenturan Tubuh

Salah satu manfaat melakukan gerak meliukkan badan adalah untuk menjaga kelenturan tubuh. Seorang atlet atau penari perlu menjaga kelenturan tubuh mereka dan gerakan ini merupakan salah satu gerakan wajib yang biasanya mereka lakukan sebelum berlatih.

  1. Membantu Menjaga Keseimbangan Tubuh

Jika Anda ingin selalu menjaga performa Anda maka lakukan gerakan meliukkan badan secara teratur setiap hari dapat membantu Anda menjaga keseimbangan tubuh. Tubuh yang bergerak seimbang membuat Anda terlihat selalu menarik.

  1. Mengatasi Masalah Otot yang Kaku

Otot kaku bisa terjadi ketika Anda terlalu lelah namun kurang berolahraga dengan alasan tidak memiliki banyak waktu. Ketika Anda merasa penat di kantor cobalah luangkan beberapa menit untuk melakukan gerak meliukkan badan untuk mengurangi otot kaku.

  1. Mencegah Penyakit Punggung

Penyakit punggu bisa saja terjadi pada siapa saja namun kebanyakan penyakit ini menyerang mereka yang banyak duduk tapi kurang berolahraga. Cobalah lakukan gerak meliukkan badan secara rutin untuk mencegah penyakit punggung terutama bagi Anda para pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu di belakang meja.

  1. Dapat Membantu Menjaga Berat Badan

Punya masalah berat badan? Solusinya memang berolahraga serta makan-makanan sehat dan bergizi. Namun tahukan Anda bahwa berolahraga ringan seperti melakukan gerak meliukkan badan juga bisa membantu menjaga berat badan Anda tetap ideal.

  1. Solusi Praktis Berolahraga

Gerak meliukkan badan sangat praktis dilakukan, tidak memerlukan banyak waktu dan bisa dilakukan dimana saja. Jadi tidak ada alasan lagi tidak punya waktu berolahraga.

Yang Harus Diperhatikan ketika Melakukan Gerak Meliukkan Badan

Sebagai salah satu pilihan olahraga yang praktis dan tidak menguras  banyak waktu Anda terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Namun ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan jika ingin melakukan gerakan ini secara rutin.

  • Jika Anda memiliki masalah dengan tulang belakang misalnya pernah cidera sebaiknya harus ekstra hati-hati melakukan gerakan ini karena walaupun sederhana, ketika dilakukan secara optimal akan menarik otot-otot punggung Anda secara maksimal sehingga bisa berakibat fatal bagi Anda yang pernah mengalami cidera punggung.
  • Walaupun gerakan ini terlihat sederhana namun bagi sebagian orang bisa juga menyebabkan pusing dan mual jika melakukan secara cepat. Jadi perhatikan kondisi Anda secara pribadi terlebih dahulu.
  • Seperti halnya melakukan olahraga rutin biasa sebaiknya melakukan gerak meliukkan badan sebagai bagian dari olahraga dilakukan setidaknya dua jam setelah makan agar tidak menganggu sistem pencernaan.

Setelah mengetahui manfaat gerak meliukkan badan yang banyak sekali dan bisa dilakukan dalam waktu singkat dan dimana saja tentunya Anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak mulai berolahraga. Berolahraga secara teratur terbukti dapat membantu menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

,
Oleh :
Kategori : Olahraga