20 Manfaat Organisasi Untuk Kehidupan Sosial

Organisasi adalah wadah atau tempat banyak orang bekerjasama dan berkumpul secara sistematis, rasional dan juga berada dalam pengendalian serta memanfaatkan berbagai sumber daya seperti sarana, dana, prasarana, data, material dan juga lingkungan yang bertujuan untuk mencapai sebuah target secara bersama. Organisasi juga merupakan pengelompokan, proses penentuan dan juga aturan banyak aktivitas yang dilakukan untuk mendapatkan tujuan bersama-sama. Ada banyak manfaat organisasi yang sangat berguna di dalam kehidupan dari berbagai aspek dan akan kami jelaskan dengan lengkap pada kesempatan kali ini.

Tujuan Organisasi

Tujuan dari sebuah organisasi sendiri adalah sebagai tempat dimana banyak digunakan banyak orang untuk mencapai sebuah maksud yang harus dilakukan dalam jangka pendek atau jangka panjang. Tujuan dari organisasi sendiri akan berpengaruh pada cara kerja dari organisasi tersebut dan juga mencari anggota baru agar bisa mengembangkan serta menjaga kaderisasi anggota. Sedangkan kaderisasi memiliki maksud agar organisasi bisa tetap berjalan dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Artikel terkait:

Manfaat Organisasi

Dengan ikut dalam sebuah organisasi, maka akan memiliki arti yang sangat besar di dalam kehidupan sebab organisasi sendiri juga seperti sejumlah masyarakat namun dalam bentuk yang kecil.

  1. Mencapai Sebuah Tujuan

Organisasi didirikan dengan banyak tujuan yang saling berkaitan, sehingga tujuan yang dilaksanakan begitu banyak orang atau banyak anggota bisa didapatkan dengan lebih maksimal dan efektif.

  1. Melatih Mental Saat Tampil

Saat berbicara tentang mental, hal ini tidak bisa didapatkan semua orang dengan cara yang cukup mudah sebab harus memiliki jam terbang yang cukup lama dan secara terus menerus. Sebuah organisasi di universitas, sekolah dan juga kelompok belajar menjadi sebuah tempat yang baik untuk melatih mental saat tampil di depan banyak orang.

  1. Sebagai Pemecah Masalah

Dalam sebuah organisasi, permasalahan seringkali terjadi karena masalah fiskal ataupun perbedaan pendapat di dalam organisasi tersebut. Dengan pemecahan masalah yang terjadi, maka akan memberikan kita banyak pelajaran dalam kehidupan masyarakat majemuk dan juga semakin kompleks.

Artikel terkait:

  1. Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Untuk seorang pelajar dalam sekolah menengah pertama, masih banyak pelajar yang contohnya belum terlalu pandai dalam masalah teknologi. Namun dalam sebuah organisasi, sangat menginginkan para anggotanya terus selalu menunjukan perkembangan. Hal inilah yang akan membuat anggota sebuah organisasi akan terpacu untuk mengembangkan pola pikir menyesuaikan dengan jaman yang terus berkembang sehingga organisasi yang sedang dijalankan tersebut akan semakin menarik yang secara tidak langsung juga akan menambah pengetahuan serta wawasan untuk setiap anggotanya.

  1. Banyak Kenalan dan Relasi

Relasi atau kenalan menjadi salah satu hal penting supaya sebuah organisasi bisa mencapai titik sukses di saat yang akan datang. Dalam beberapa organisasi, seringkali mengharuskan para anggotanya untuk menjalin dengan organisasi atau pihak lainnya dengan tujuan mendapatkan sponsor atau dana untuk membiayai semua kegiatan yang berlangsung dalam organisasi tersebut.

  1. Meningkatkan Soft Skill

Dengan ikut dalam sebuah organisasi, maka soft skill yang bisa merupakan bakat, kemampuan atau keterampilan di setiap manusia akan semakin mengalami peningkatan seperti pola berpikir yang semakin terasah dan matang, spontan pemikiran yang terbilang cepat saat dihadapkan dengan masalah yang membutuhkan solusi dalam waktu singkat.

  1. Masalah Lebih Mudah Diatasi

Dalam hidup bermasyarakat terutama dalam kehidupan organisasi dan masalah memang menjadi hal umum yang sering dialami dalam sebuah organisasi sebab setiap anggota tentunya akan memiliki pendapat dan juga karakter yang beragam. Masalah yang ada pada organisasi ini tidak hanya menjadi beban atau bisa diputuskan hanya oleh 1 anggota saja, namun seluruh anggota harus berperan aktif untuk memecahkan masalah yang ada untuk menghindari terjadinya konflik berkelanjutan. Dengan menyelesaikan masalah secara bersama ini, tentunya solusi penyelesaian permasalahan tersebut akan lebih mudah dilakukan.

Artikel terkait:

  1. Mewujudkan Kerjasama

Semua anggota dari sebuah organisasi juga harus selalu ikut dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan dalam organisasi tersebut. Tentunya, semua kegiatan ini tidak dilakukan oleh satu orang saja akan tetapi memerlukan kerjasama  diantara anggota yang satu dengan yang lainnya. Dengan ini, semua anggota akan semakin terpacu untuk selalu bekerjasama dengan baik supaya tujuan bisa segera diwujudkan.

  1. Kemampuan Public Speaking Bertambah

Untuk beberapa orang, berbicara di depan publik bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan dan memerlukan waktu yang cukup lama sehingga bisa membiasakan diri agar bisa memiliki kemampuan ini. Dengan adanya organisasi bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk seseorang mengembangkan kemampuan public speaking berkaitan dengan keberanian berbicara, mengemukakan pendapat, pidato dan sebagainya.

  1. Belajar Memimpin

Semua orang sebenarnya memiliki kesempatan untuk bertanggung jawab untuk menjadi pemimpin untuk diri sendiri dan untuk orang banyak. Organisasi menjadi wadah yang paling tepat untuk melatih jiwa kepemimpinan yang dimiliki seseorang supaya bisa lebih terasah yakni dengan lebih mengutamakan kepentingan orang banyak dibandingkan dengan kepentingan diri sendiri.

  1. Membentuk Emotional Intelegent

Organisasi yang dibentuk tidak hanya akan melatih kepribadian kita supaya bisa menjadi lebih baik, namun juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan emosi. Organisasi sebagai lingkungan yang baik akan membentuk emosi yang baik juga. Dengan emotional intelegent, maka membuat kita bisa bergaul dan menghadapi berbagai sifat orang yang berbeda.

  1. Belajar Membagi Waktu

Waktu memang sangat penting untuk semua orang dan setiap orang bisa sukses jika selalu menghargai waktu yang sudah diberikan tersebut. Organisasi menjadi tempat yang baik untuk belajar agar bisa menghargai waktu dan juga mengatur jadwal dari kegiatan dalam organisasi tersebut.

Artikel terkait:

  1. Belajar Bertanggung Jawab

Aktif di dalam organisasi juga akan mengembangkan rasa bertanggung jawab dalam diri sendiri. Struktur jelas, fungsi dan juga tugas dari setiap anggota organisasi yang sudah tepat dan menyesuaikan dengan kedudukannya tersebut membuat setiap anggota akan lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang sudah diberikan dalam organisasi tersebut.

  1. Mengembangkan Etos dan Disiplin

Etos dan juga rasa disiplin akan didapatkan dengan mengikuti sebuah organisasi di masyarakat. Dengan semakin berkembangnya etos dan juga disiplin, maka membuat seseorang bisa lebih terbuka dalam menyampaikan ide, bernegosiasi, menjadi lebih baik dan beberapa hal baik lainnya.

  1. Menambah Rasa Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki semua orang dengan tujuan supaya lebih berani untuk bergaul dan bermasyarakat. Organisasi ini menjadi tempat yang baik untuk semakin menambah rasa percaya diri seseorang sebab di dalam organisasi semua orang akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan ide, pendapat dan juga dipercaya untuk melakukan tugas tertentu yang sudah diberikan, dengan ini maka rasa percaya diri yang dimiliki seseorang akan semakin bertumbuh secara otomatis.

  1. Belajar Menghadapi Tekanan

Dengan semakin majunya jaman, maka semua orang juga diharuskan untuk lebih tegar dalam menghadapi segala masalah dan juga tekanan dari banyak pihak. Organisasi juga bisa digunakan untuk menjadikan diri seseorang untuk belajar menghadapi tekanan tersebut. Perbedaan pendapat di organisasi dan juga penyelesaian masalah di dalam organisasi akan membuat seseorang akan terasah dalam menghadapi tekanan dengan lebih tegar dan kuat.

Artikel terkait:

  1. Menjadi Kebanggaan Keluarga

Dengan mengikuti organisasi, sebagai contoh organisasi sekolah atau kampus, maka seseorang bisa lebih bermanfaat untuk lingkungan masyarakat dan ini tentunya akan menjadi kebanggaan keluarga, sebab memiliki seorang anak yang sangat berprestasi dan berbakat di dalam organisasi yang diikutinya.

  1. Menambah Nilai

Dengan mengikuti organisasi seperti OSIS yang menjadi salah satu organisasi di sekolah, maka seorang anak juga tentunya mendapat nilai lebih sebab akan lebih dikenal oleh para guru. Dengan ini, para guru juga akan memberikan nilai lebih pada murid yang mengikuti organisasi seperti contohnya nilai raport sebab memiliki kelebihan dibandingkan dengan murid lainnya.

  1. Belajar Banyak Karakter

Di dalam sebuah organisasi tentu terdiri dari banyak orang yang akan memiliki karakter berbeda dari satu orang dengan orang lainnya. Ini akan sangat membantu untuk memperkaya sekaligus belajar banyak karakter orang dan membuat kita bisa selalu bergaul tanpa harus membeda-bedakan antara satu orang dengan orang yang lainnya.

  1. Mendapatkan Teman Bahkan Pasangan

Dalam sebuah organisasi yang tentunya memiliki banyak anggota, tidak hanya pengetahuan dan juga bakat saja yang bisa diperluas, akan tetapi kita juga akan mendapatkan banyak teman di dalam organisasi tersebut. Bahkan, karena organisasi memiliki tujuan, minat dan niat yang sama, maka tidak menutup kemungkinan ini juga bisa dijadikan tempat seseorang untuk mendapatkan pasangan yang memiliki minta dan tujuan sama dengan diri kita.

Artikel terkait:

Dalam mengikuti sebuah organisasi, akan lebih baik jika anda lebih memahami tujuan dan misi dari organisasi tersebut sekaligus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang organisasi itu dan sesuaikan juga dengan kepribadian anda sehingga bisa sejalan dan tidak salah dalam memilih organisasi. Semoga ulasan tentang manfaat organisasi bisa menambah informasi dan wawasan anda, terima kasih.