6 Manfaat Hidup Rukun Dalam Keluarga dan Masyarakat

Hidup rukun di dalam suatu keluarga atau pun masyarakat memberikan manfaat yang luas. Namun sebelum membahasnya, kita akan terlebih dahulu membahas mengenai hidup rukun secara umum. Hidup rukun di dalam suatu keluarga dan juga masyarakat memang sangat penting karena di dalam menjalani hidup, manusia sendiri sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari keluarga serta masyarakat itu sendiri.

Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan memberikan manfaat pada manusia sebagai makhluk sosial, berikut ini beberapa diantaranya :

1. Menghasilkan Komunikasi Yang baik

Kerukunan di dalam suatu keluarga maupun masyarakat sendiri bisa dibangun secara sederhana yaitu dengan komunikasi yang baik, untuk menjaga hubungan kekeluargaan. Komunikasi yang baik akan menghindari adanya pertengkaran, di dalam kehidupan. Pertengkaran sendiri merupakan suatu hal yang sangat tidak nyaman untuk semua pihak terutama, jika itu terjadi dalam keluarga dan masyarakat.

Di dalam kehidupan sehari – hari tentu saja, akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain, oleh karena itulah harus menjaga hubungan baik akan sangat memberikan manfaat yang baik untuk kehidupan nantinya.

2. Kehidupan Lebih Harmonis

Hidup rukun dalam menjalani kehidupan akan membuat keadaan menjadi lebih harmonis. Hubungan keluarga dan juga masyarakat yang baik tentu saja nantinya akan memberikan hasil yang sangat baik, sehingga jika suatu saat menghadapi masalah keluarga akan sangat senang untuk membantunya.

Hal tersebut dapat terjadi karena, hubungan komunikasi yang sudah baik dan juga kehidupan harmonis baik dengan keluarga maupun masyarakat, nantinya semua orang akan memiliki kesadaran untuk membantu orang lain.

3. Keadaan Lebih Aman Dan Tentram

Hidup rukun yang ketiga adalah hidup menjadi lebih aman dan tentram. Jika kita hidup menjaga hubungan baik, tentu saja tidak ada ancaman dari pihak lain. Hal tersebut karena hubungan baik itu sendiri akan memberikan dampak yang sangat positif di dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan demikian orang lain juga tidak akan mengganggu satu sama yang lain dan tentu saja nantinya akan saling membantu satu sama lain.

4. Mempererat Tali Persatuan

Manfaat hidup rukun selanjutnya adalah akan membantu memperkokoh hubungan, persatuan dan juga kesatuan antar serta masyarakat. Hal tersebut dengan demikian akan membuat kehidupan menjadi lebih damai dan juga tentram. Hidup dengan tentram bersama keluarga dan juga masyarakat tentu saja akan memberikan banyak manfaat dan juga kebahagiaan.

5. Menghindari Perselisihan

Kehidupan yang rukun dalam keluarga dan bermasyarakat akan menghindari perselisihan. Perselisihan pada dasarnya dimulai dari kesalahpahaman antar keluarga maupun masyarakat sehingga nantinya akan menimbulkan komunikasi yang tidak baik, yang menjadi penyebab munculnya perselisihan. Jika ini sudah terjadi, maka nantinya kehidupan pun menjadi kurang rukun sehingga jika terdapat suatu masalah kecil akan menjadi besar.

Dengan demikian menjaga komunikasi dengan baik tentu saja menjadi suatu hal yang sangat baik. Hal inilah yang membuat kehidupan akan kembali rukun dan perselisihan akan dapat dihindari dengan baik.

6. Memiliki Lebih Banyak Teman

Kerukunan juga bermanfaat agar lebih banyak teman, mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena di mulai dari komunikasi yang baik sehingga menjadikan hubungan lebih damai. Hubungan yang damai ini, menciptakan suasana keakraban dengan siapapun, sehingga akan mudah memiliki teman.

Kerukunan sendiri merupakan salah satu perilaku yang mana mencerminkan tentang adanya saling pengertian agar nantinya tercipta perdamaian, persaudaraan dan juga persahabatan. Dengan demikian hal ini akan memberikan kesan yang lebih baik di dalam suatu keluarga serta masyarakat itu sendiri.

Baca juga : Manfaat hidup bersih