6 Manfaat Berdirinya Asean Bagi Indonesia

ASEAN atau Association of South East Asia merupakan organisasi yang dibentuk dari atas dasar perasaan senasib sepenanggungan diantara negara-negara asia tenggara. Diantara perasaan persamaan senasib sepenanggungan yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN  yaitu antara lain persaman geografis, persaman budaya, persamaan nasib (pernah dijajah oleh bangsa asing, kecuali Thailand), serta persamaan kepentingan di berbagai bidang.

artikel terkait:

Didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967, pada awalnya ASEAN dibentuk melalui deklarasi bankok yang diprakarsai oleh negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Setelah itu, beberapa negara Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja juga ikut bergabung dengan ASEAN.

Tujuan ASEAN

Isi dari deklarasi Bangkok yang dijadikan awal berdirinya ASEAN ini juga digunakan sebagai tujuan berdirinya ASEAN. Setiap anggota ASEAN setidaknya mendapatkan manfaat dari adanya tujuan bersama yang perlu dicapai sesuai yang tertuang dalam deklarasi Bangkok. Adapun isi dari deklarasi Bangkok tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang sosial, ekonomi, teknik ilmu pengetahuan dan administrasi
  • Memelihara kerjasama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada, serta
  • Meningkatkan kerjasam untuk memajukan pendidikan, latihan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

artikel terkait: manfaat devisamanfaat pendidikan pancasila9 manfaat neraca pembayaran

Manfaat berdirinya ASEAN bagi Indonesia

Tentu saja dengan bergabungnya Indonsia dalam ASEAN akan memberikan manfaat bagi Indonesia terutama yang berhubungan dengan hubungan luar negeri diantara anggota ASEAN. Manfaat keikutsertaan Indonesia dalam ASEAN tersebut dirangkum dala poin-poin berikut.

1. Bidang ekonomi

Keikutsertaan Indonesia dalam ASEAN memberikan dampak positif pada sektor ekonomi Indonesia yang berhubungan dengan adanya hubungan perdagangan (ekspor dan impor) dengan anggota-anggota ASEAN. Selain itu hal ini juga dapat mempermudah Indonesia dalam memperoleh modal investasi dari para anggota ASEAN yang dapat digunakan untuk proses pembangunan negara.

artikel terkait: manfaat utang luar negeri

2. Bidang politik

Dengan ikut serta dalam keanggotaan ASEAN, kedaulatan Indonesia diakui oleh negara-negara di Asia Tenggara. Bahkan mereka pun tidak berani untuk ikut campur dalam melakukan intervensi politik antar negara dikarenakan adanya rasa saling menghormati politik antar negara anggota ASEAN. Hal ini akan dapat meminimalisir ancaman yang datang kepada Indonesia dalam bidang politik.

artikel terkait: manfaat pembangunan ekonomi

3. Bidang sosial

Dalam bidang sosial, diantara keanggotaan ASEAN dapat tumbuh rasa saling memiliki, toleransi dsb antarnegara. Sebagai contoh, ketika ada salah satu negara anggota ASEAN yang terkena musibah maka negara anggota lain akan turut membantu. Untuk Indonesia hal ini dapat dilihat ketika terjadi bencana alam tsunami di Aceh. Beberapa anggota ASEAN memberkan bantuan baik dalam bentuk moril maupun materi bagi Indonesia pada saat itu.

artikel terkait: manfaat otonomi daerah

4. Bidang budaya

Bagi Indonesia, keikutsertaan dalam ASEAN dapat memberikan manfaat bagi warga negara salah satunya dalam pertukaran pelajar antar anggota ASEAN. Dalam pertukaran pelajar tersebut juga biasanya terdapat pementasan kesenian ataupun kebudayaan Indonesia yang sekaligus dapat mengenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.

artikel terkait: manfaat perdagangan internasional

5. Bidang Pariwisata

Salah satu manfaat lain keikutsertaan Indonesia dalam ASEAN yaitu dapat menggiatkan sektor pariwisata Indonesia. Indonesia dapat mempromosikan pariwisatanya dan melakukan kerjasama dengan anggota ASEAN lainnya untuk guna menyuburkan sektor pariwisatanya. Konon, pengunjung pariwisata di negara-negara ASEAN rata-rata berasal dari warga negara anggota ASEAN lainnya.

artikel terkait: 5 manfaat dasar negara

6. Bidang militer

Indonesia dapat melakukan latihan militer bersama dengan negara ASEAN lainnya dan dapat meningkatkan kekuatan militernya . selain itu, Indonesia juga melakukan perjanjian ekstradisi dengan negara ASEAN lainnya.

artikel terkait: manfaat sumber daya tambang