8 Manfaat Acara Perpisahan

Acara paerpisahan atau yang kerap kali disebut dengan istilah “farewell party”. Acara ini merupakan salah satu susunan acara yang biasanya dilakukan oleh organisasi, komunitas, institusi ataupun sekolah tertentu dalam rangka menyambut situasi perpisahan yang terjadi. Biasanya acara perpisahaan ini dilakukan pada 1 – 2 hari dalam lokasi tertentu yang tersusun atas berbagai macam acara yang menarik dan berkesan.
manfaat acara perpisahanDalam acara perpisahan ini, seluruh anggota dari komunitas, organisasi dan kelas-kelas yang akan mengalami perpisahan diundang dan akan mengikuti acara perpisahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa situasi yang dapat mendukung diadakannya acara perpisahan atau farewell party :

  • Merayakan acara kelulusan
  • Merayakan keberhasilan dari suatu acara
  • Untuk melepas kepergian salah satu atau lebih anggota kelompok atau komunitas yang melakukan resign atau pemindah tugasan

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari diadakannya acara perpisahan. Ternyata acara perpisahan bukan hanya sekedar hura-hura, namun ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh. Berikut ini manfaat dari acara perpisahan :

1. Pengungkapan rasa syukur

Manfaat acara perpisahan paling utama yang biasa diadakan oleh berbagai komunitas atau kelompok adalah sebagai salah satu pengungkapan rasa syukur. Biasanya acara perpisahan dilakukan setelah adanya kesuksesan dalam suatu kelompok dalam melaksanakan atau menuntaskan kegiatan atau kewajiban tertentu.

Dengan mengadakan acara perpisahan ini, berarti seluruh anggota komunitas atau kelompok tersebut sudah berhasil melewati segala rintangan dan halangan, yang selama beberapa waktu bersama. Melalui acara perpisahan, mereka juga bersyukur telah melewati hal tersebut.

2. Menambah relasi

Acara perpisahan juga dapat bermanfaat untuk menambah dan memperluas relasi yang nantinya pasti akan berguna bagi diri anda. melalui diadakannya acara perpisahan ini, maka anda yang kemungkinan tidak mengenal satu sama lain, kemungkinan akan menjadi lebih kenal dan menjadi decant. Dengan bertambahnya relasi ini, bukan tidak mungkin akan saling membantu, terutama dalam hal pengembangan karir dan juga pengembangan diri ke depannya.

3. Menghilangkan stress

Terkadang, acara perpisahan juga bermanfaat untuk menghilangkan stress pada diri anda. Dengan adanya acara seperti ini, maka kondisi beban pikiran anda dan juga stress yang anda alami dapat berkurang. Hal ini dikarenakan hampir seluruh susunan kegiatan dari acara perpisahan berisi segala sesuatu yang menyenangkan, seperti makan bersama, games, quiz dan juga pastinya ada unsur hiburan lain, seperti music dan pertunjukkan tertentu.

4. Sebagai ajang untuk menunjukkan bakat dan kebolehan

Bagi anda yang memiliki bakat dan kelebihan tertentu, acara perpisahan bisa jadi merupakan salah satu ajang bagi anda untk mempromosikan diri sendiri. Manfaat acara perpisahan ini, setiap orang dapat mempersembahkan kelebihan dan bakat anda di depan peserta acara perpisahan, yang sifatnya menghibur. Apabila hal ini sukses dan berhasil dengan baik, maka bukan tidak mungkin karir anda akan menjadi cemerlang setelah mempromosikan diri melalui acara perpisahan.

5. Mempererat tali persaudaraan

Acara perpisahan juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperat tali persaudaraan diantara anggota komunitas ataupun kelompok. Dengan demikian, ikatan kekeluargaan dan juga pertemanan antar anggota kelompok atau komunitas yang mengadakan acara perpisahan akan menjadi semakin erat..

Dengan adanya ikatan persaudaraan yang semakin erat antar anggota kelompok dan komunitas ini, maka hal ini juga akan sangat membantu anda dalam hal kerir, dan juga dapat mengoptimalkan peran anda, sebagai makhluk sosial, yang mana tentu saja sangat membutuhkan proses sosialisasi dengan sesame.

6. Merenung

Ajang perpisahan atau farewell party ini juga memiliki manfaat yang baik sebagai salah satu media perenungan. Dalam acara perpisahan ini, anda dapat merenungkan apa saja yang sudah pernah terjadi selama periode-periode tertentu, apa saja masalah yang muncul dan juga bagaimana pemecahan masalah.

Selain itu, dengan manfaat acara perpisahan ini anda juga dapat merenungkan, hal-hal baik apa sajakah yang sudah anda dapat, dan apa efeknya untuk kehidupan anda. Apabila anda dapat memanfaatkan acara perpisahaan ini sebagai ajang untuk merenung dengan baik, pastilah hal ini akan sangat bermanfaat bagi tingkatan kehidupan anda ke depannya agar menjadi lebih baik lagi.

7. Untuk menghilangkan rasa suntuk dan penat

Acara perpisahan juga bermanfaat untuk melepaskan rasa penat yang muncul. Biasanya rasa penat dan bosan serta suntuk ini dapat muncul ketika anda merasa tidak ada kerjaan, dan juga sedang butuh teman. Dengan mengikuti acara perpisahan ini, maka pastinya anda akan terhindar dari rasa suntuk dan penat yang anda alami.

8. Sebagai kenangan di masa yang akan datang

Acara perpisahan yang kita ikuti saat ini, mungkin efeknya belum terasa langsung saat itu juga, kecuali untuk menghilangkan penat dan juga stress. Namun demikian, dalam waktu beberapa tahun ke depan kita akan menyadari, bahwa acara perpisahan yang pernah kita ikuti ternyata memiliki kesan yang sangatbaik. Hal ini tentunya akan menimbulkan kenangan tersendiri bagi anda di masa yang akan datang.

Kegiatan yang Dilakukan pada Acara Perpisahan

Ketika melaksanakan acara perpisahan tersebut, biasanya terdapat banyak sekali kegiatan yang dilakukan selama dilangsungkannya acara perpisahan tersebut. Berikut ini adalah beberapa acara standar yang biasanya ada pada saat acara perpisahan :

  1. Ramah tamah dan makan bersama
  2. Games dan quiz
  3. Pembagian bingkisan kepada peserta
  4. Pemberian penghargaan kepada beberapa kategori peserta
  5. Pelampiasan rasa syukur akan suatu hal

Itulah beberapa manfaat acara perpisahan yang mungkin perlu anda ketahui. Dan juga beberapa hal mengenai acara perpisahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.