13 Manfaat Debat dalam Bermasyarakat dan Kehidupan

Debat terjadi karena adanya perbedaan pemikiran, baik satu orang maupun pendapat kelompok. Adanya adu argumentasi karena perbedaan pendapat antara dua pihak atau lebih baik perorangan maupun dalam kelompok. Debat banyak dilakukan untuk mencari pemecahan dalam suatu permasalahan berdasarkan argumen atau pendapat masing-masing . Debat dilakukan biasanya ketika akan dilakukan pemilihan kepala daerah, bahkan pemilihan presiden. Bahkan, debat dijadikan suatu kompetisi yang bertujuan untuk memecahkan permasalah yang terjadi.

artikel terkait:

Ciri-ciri Debat

Debat berbeda dengan diskusi,karena biasanya diskusi bukan hanya karna ada adu argumen akan tetapi karena adanya hal yang ingin dipahami. Debat memiliki beberapa ciri ciri tersendiri diantaranya:

  1. Adanya pihak yang menyetujui tentang hal yang diperbedatkan, dan ada juga pihak yang tidak setuju.
  2. Ada argumen yang digunakan sebagai sarana adu argumentasi.
  3. Adanya sebuah proses mempertahankan pendapat bagi masing-masing pendebatnya.
  4. Adanya pihak netral yang dapat mendinginkan suasana ketika du argumen berlangsung sengit.

artikel terkait: manfaat perilaku terpuji

Jenis Debat

Debat tidak hanya sekadar adu argumen dalam suatu forum. Debat memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  1. Debat Parlementer. Yakni debat yang dilakukan dengan meyampaikan pendapat, untuk memberikan dukungan terhadap suatu undang-undang tertentu. Atau bisa jadi dilakukan untukmengungkapkan pendapat atas ketidaksetujuan terhadap sebuah undang-undang.
  2. Debat Pemeriksaan Ulangan. Yakni debat yang dilakukan mengajukan pertanyaan yang berhubungan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan terdahulu.
  3. Debat Formal. Debat formal disebut juga dibeta konvesional atau debat pendidikan, yakni debat yang dilakukan bukan untuk membuat keputusan. Akan tetapi, debat ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan.

artikel terkait: manfaat bersosialisasi dengan orang lain

Manfaat Debat

Banyak orang berpendapat bahwa debat dapat memicu sentimen bagi beberapa orang dari mereka yang tidak sesuai argumennya bagi pihak lain. Namun sebenarnya, melakukan debat itu baik untuk dilakukan, karena debat memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Melatih Berpikir Kritis

Berani melakukan adu argumen bukan tanpa dasar. Dengan banyak perbedaan pendapat dengan pendapat yang lain akan mengasah pikiran untuk lebih kritis dalam mencari sumber yang dapat menguatkan argumen.

artikel terkait: manfaat olahraga sepak bola

  1. Melatih Komunikasi

Melakukan debat melatih komunikasi dengan orang lain menjadi lebih baik. debat dilakukan dengan menggunakan kalimat yang mudahdimenegrti agar tidak ada salah persepsi dari lawan debatnya. Sering melakukan debat dapat membuat seseorang terlatih mengolah kata yang akan ditujukan kepada lawan debatnya. Sehingga, melakukan debat dapat melatih komunikasi dengan baik.

  1. Menambah Wawasan

Adanya banyak perbedaan pendapat dan banyaknya argumen yang keluar ketika debat dari satu pihak ke pihak lain akan membantu menambah wawasan bagi pihak lain. Argumen yang sebelumnya belum banyak diketahui bisa jadi menjadi wawasan baru tentang kebenaran suatu hal yang diperdebatkan.

artikel terkait: manfaat mempelajari ilmu pengetahuan sosial

  1. Mendalami Suatu Masalah

Dengan melakukan debat, seseorang akan mempelajari materi lebih dalam yang dapat membantu menguatkan argumen yang dimiliki. Penelusuran terhadap informasi terhadap masalah yang terjadi akan terus dikaji sampai ditemukan suatu referensi yang menguatkan argumennya. Sehingga seseorang akan mendalami suatu permasalahan tersebut.

  1. Melatih Berfikir Kreatif

Ketika melakukan adu argumen dengan orang lain, tujuan memberikan sebuah argumen yakni untuk membuat orang lain paham dan menerima argumen yang dilontarkan agar sependapat. Agar argumennya diterima kebenarannya sehingga orang lain tidak dapat mengelak, seseorang perlu memiliki cara yang kreatif agar orang lain berfikir bahwa argumen yang diberikan adalah benar.

artikel terkait: manfaat jembatan

  1. Mendorong Melakukan Penelitian

Efek yang dapat ditimbulkan ketika melakukan debat dan menjadikan seseorang ragu yakni seseorang tersebut akan melakukan penelitian tentang kebenaran suatu hal yang diperdebatkan. Penelitian dilakukan untuk mencari sebuah kepastian dari hal yang diperdebatkan.

  1. Melatih Kepekaan atau Lebih Responsif

Terbiasa melakukan debat akan melatih seseorang lebih peka dan lebih responsif terhadap masalah yang ada. Dengan debat, seseorang tidak hanya diam dan menahan pendapatnya, akan tetapi lebih responsif apabila ada pendapat yang tidak sesuai dengan apa yang seseorang tersebut pikirkan.

artikel terkait: manfaat olahraga capoeira bagi tubuh, kepribadian dan sosial

  1. Menjaga Kerendahan Hati

Seringkali, debat menimbulkan kericuhan karena adanya adu argumen sengit dan tidak ada pihak yang terlalu kekeh terhadap argumennya. Diperlukan kerendahan hati dari kedua belah pihak agar tidak terlalu memaksakan pendapat. Memertahankan pendapatnya memang bukanlah hal yang salah, akan tetapi berlangsung terlalu memaksakan pendapatnya dan emosional juga tidak dibenarkan dalam debat. 

  1. Melatih Kepercayaan Diri

Ketika melakukan debat, mau tidak mau harus ada adu argumen dengan mengeluarkan apa yang ada di dalam hati. Dengan melakukan debat, kepecayaan diri dapat didapatkan dibandingkan hanya diam menyimpan permasalah yang tidak berani dikemukaan.

artikel terkait: manfaat bermain gitar bagi otak, kesehatan dan sosial

Selain manfaat tersebut, melakukan debat memiliki beberapa manfaat lainnya, yakni:

  1. Melatih Belajar Persuasi
  2. Melatih Keberanian Mengungkapkan Pendapat
  3. Sebagai Refleksi Diri
  4. Mempertahankan Suatu Keyakinan

artikel terkait: manfaat zakat dari segi keagamaan, akhlak dan sosial

Banyak orag berfikiran bahwa debat merupakan hal yang tidak perlu dilakukan karena dapat memicu emosi. Akan tetapi, sebenarnya melakukan debat memiliki manfaat untuk yang baik.