10 Manfaat Sosial Media di Berbagai Bidang

Manfaat sosial media saat ini tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan sehari hari. Saat ini sosial media sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Tua Muda, Pria Wanita, Bos Besar sampai Office Boy pun sepertinya sudah mengenal dan mengetahui tentang sosial media. Perkembangan teknologi informasi yang pesat merupakan salah satu penyebab boomingnya sosial media. Para web developer pun kini berlomba-lomba untuk mengembangkan berbagai sosial media yang dapat dinikmati oleh segala kalangan. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, apa untungnya sih menggunakan sosial media? Kok bisa sampai berjuta-juta orang senang menggunakan sosial media? Yuk kita tengok beberapa manfaat dari sosial mediadilihat dari berbagai bidang.

1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi

sosial mediaManfaat sosial media tentu sesuai namanya yaitu untuk bersosialisasi. Namanya saja sudah sosial media, sudah jelas dong fungsi utamanya adalah sebagai media untuk bersosialisasi antar individu.

Mau mengobrol dengan teman yang rumahnya jauh tanpa harus bertemu? Sosial media membantu para penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Sosialisasi ini dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, tanpa batas waktu dan ruang, tapi terbatas pada koneksi, sinyal, dan kuota internet. Hehehe. Hal inilah tujuan utama dari sosial media, dan sukses menyedot banyak pengguna yang ingin bersosialisasi dan berkomunikasi dengan kerabatnya.

2. Sosial Media Menggantikan Fungsi Buku Diary

Generasi 80-90an pasti sudah gak asing lagi dengan buku diary. Yap, buku ini biasanya berisi curhatan-curhatan dari si pemilik tentang perasaannya. Bisa berisi curhatan sedih, curhatan jatuh cinta, atau curhatan yang menyenangkan. Nah, saat ini fungsi diary sudah hampir punah, dan dapat digantikan oleh sosial media. Bukan rahasia lagi kalau banyak pengguna sosial media yang menulis curhatan-curhatan mereka, seperti mengeluh, sedih, jatuh cinta dan saat bahagia. Karena mudah dalam menggunakannya, maka sosial media pun sering menjadi tempat penggunanya untuk curhat.

3. Sosial Media dapat mempertemukan Teman Lama.

Masih ada hubungannya dengan bersosialisasi, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama. Ada beberapa kejadian, dimana dua orang saudara kembar yang hidupnya terpisah sangat jauh dan tidak saling mengenal, malah akhirnya bisa bertemu di dalam sosial media. Atau ada juga kejadian ketika kita melihat nama yang cukup familiar dan pernah kita kenal, dan ternyata itu adalah teman anda di masa kecil! Senang sekali bukan? Bisa bertemu dengan teman lama berkat sosial media.

4. Sosial Media Menemukan teman baru

Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media. Bukankah menyenangkan bisa mendapatkan teman baru, dan menambah tali silaturahmi?

5. Sebagai media penghibur

Apakah anda sedang galau dan pusing dengan hidup, atau pekerjaan anda? luangkanlah waktu sejenak untuk bermain-main di sosial media. Anda dapat menemukan berbagai hal menarik yang menghibur. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar lucu, ataupun kutipan kutipan menarik yang dapat membuat anda rileks dan bisa melupakan galau dan pusing sejenak. Apabila anda sedang suntuk, anda juga dapat mencari berbagai hal menarik yang dapat menghibur anda di sosial media.

6. Penyaluran Hobi

Anda memiliki sebuah hobi, namun bingung untuk menyalurkannya? Atau tidak tahu dimana mencari orang-orang dengan hobi yang sama seperti anda? jangan khawatir, sosial media punya jawabannya. Ada banyak grup dan akun dari sosial media yang menjadi tempat berkumpulnya para pengguna dengan minat dan hobi yang sejenis. Ada komunitas kendaraan bermotor, komunitas hobi unik, komunitas kolektor, komunitas supporter, komunitas pencinta music, dan bahkan ada pula komunitas karyawan dengan jenis pekerjaan yang sama. Dalam komunitas ini, para pengguna sosial media dapat saling berbagi pengalaman, tips, dan banyak hal mengenai hobi dan kesamaan minat mereka.

7. Memberikan Berbagai Macam Informasi ter-update

Jalanan ini macet loh. Atau ada kecelakaan di depan kantor. Nah, informasi-informasi ini bisa kita temui dengan sangat mudah di dalam sosial media. Pengguna sosial media pun cukup terbantu dengan informasi-informasi seperti ini.

Selain itu, informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.

8. Sosial Media Untuk Meminta Bantuan

Pengguna sosial media sangatlah banyak. Jumlahnya ratusan juta. Dan cukup lebih beberapa ratus atau beberapa puluh ribu penggunanya berdomisili di sekitar anda. Hal ini bisa dimanfaatkan anda dalam meminta bantuan. Contohnya adalah ketika kendaraan anda mogok di daerah tertentu, anda bisa meminta bantuan pada kerabat atau pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda.

Atau ketika hewan peliharaan anda hilang, anda dapat meminta bantuan dari pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda dalam menemukan hewan kesayangan anda.

9. Sosial Media Untuk Menambah pengetahuan

Pernah mendengar istilah kultwit? Ya, ini merupakan metode pemberian materi ilm pengetahuan yang bersifat mendidik di dalam sosial media twitter. Kultwit ini biasanya berisi materi tentang ilmu pengetahuan yang sifatnya popular, atau berisi tentang tutorial dalam melakukan sesuatu, seperti cara memasak, cara membuat kerajinan tangan, dan sebagainya.

10. Sosial Media Untuk Mencari Uang

Nah, ini merupakan manfaat sosial media yang sedang ramai-ramainya dinikmati oleh penggunanya. Mencari uang. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mempromosikan usaha anda di sosial media. Buatlah iklan ada semenarik mungkin agar banyak calon pembeli yang tertarik. Selain itu, anda juga bisa menjual barang yang akan anda jual di sosial media. Cukup berikan foto dari barang yang anda jual, maka pengguna lain akan membeli dagangan anda.

Tidak adanya pajak yang dipungut dari promosi dan marketing pada sosial media membuat para pengguna sosial media dapat mencari uang dengan leluasa dengan menggunakan sosial media. Hanya bermodalkan sosial media dan teknik marketing yang baik, maka pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Ya, itulah 10 manfaat sosial media di berbagai bidang. Bagaimana? Apakah anda sudah merasakannya? Atau masih mengeksplorasi berbagai fitu dari sosial media? Sosial media adalah suatu sistem yang akan terus berkembang. Maka dari ke-10 manfaat diatas hanyalah manfaat yang rata-rata bisa dirasakan oleh penggunanya saat ini. Ada kemungkinan nanti akan muncul fitur baru dalam sosial media yang akan menambah jumlah manfaat yang bisa di dapatkan dari sosial media.

Tips Menggunakan Sosial Media

Manfaat sosial media memang sangat besar dalam kehidupan, namun penggunaannya harus bijaksana agar tidak mencelakakan diri anda sendiri. Manfaat internet saat ini harus kita kontrol sebaik-baiknya.

  • Tidak menyebarkan berbagai data yang terlalu pribadi, contoh foto panas, pamer kekayaan
  • Tidak menghujat orang lain
  • Tidak menggunakannya seharian
  • Bijak menggunakan sosial media seperlunya.

Manfaat dunia maya terkadang membuat orang menjadi bablas mengeluarkan pendapatnya yang mungkin berbahaya karena melanggar UU-ITE, pastikan anda secara bijak menggunakannya.

Baca Juga : Manfaat IT

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 12th, February 2015 / 14:25 Oleh :
Kategori : Teknologi