5 Manfaat Membuat Jadwal Kegiatan Harian

Setiap orang memiliki berbagai aktivitas dan harus diselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Beragam aktivitas dan deadline yang dimiliki biasa akan membuat bingung jika tidak terorganisir dengan baik. Agar semua aktivitas dan kegiatan dapat terjadwal dengan baik, beberapa orang membuat jadwal harian agar tidak ada kegiatan atau aktivitas yang terlewat dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

artikel terkait:

Manfaat Membuat Jadwal Kegiatan

Membuat jadwal harian memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  1. Melatih Kedislipinan

Memiliki jadwal harian akan membentuk seseorang untuk lebih dislipin terhadap apa yang dikerjakan. Dengan adanya jadwal harian, maka seseorang akan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang telah dijadwalkan. Seseorang akan melakukan sesuatupada waktu yang telah dituliskan. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus, akan menumbuhkan sifat disiplin. Terlebih jika dilatih dari sejak kecil. Membuat jadwal harian menjadikan harian seseorang menjadi lebih terkonsep dan memupuk kedislipinan.

artikel terkait: manfaat jambu biji muda

  1. Melatih Tanggung Jawab

Dengan adanya jadwal harian, seseorang kan melakukan sesuatu seuai dengan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Hal tersebut dapat melatih tanggung jawab karena, pada jam tertentu, seseorang tersebut melakukan suatu kegiatan atau aktivitas tertentu yang telah dijadwalkan. Jika tidak dilakukan, maka dia akan kehilangan aktivitas atau moment tertentu, sehingga dia masih terhitung memiliki hutang terhadap kegiatan tersebut dan harus berlatih untuk menggantinya dengan waktu yang lain. Hal ini melatih tanggung jawab dengan mengganti jadwal yang tidak terlaksana dengan hari lain. Tanggung jawab yang dilakukan yakni mengganti waktu kegiatan dengan waktu lain agar tetap terlaksanan.

artikel terkait: manfaat nanas merah

  1. Tidak Membuang Waktu

Adanya jadawl kegiatan, mulai dari bangun tidur sampai pada tidur lagi akan membuat seseorang tau tentang hal apa saja dan kapan dia akan melakukan sesuatu. Sehingga tidak akan banyak waktu terbuang untuk memikirkan hal apa yang harus dikerjakan, karena sudah berada dalam jadwal harian tersebut. Waktu untuk melakukan kegiatan A, digunaan untuk kegiatan A, setelah kegiatan A selesai maka kegiatan B, dan seterusnya. Dengan demikian tiadk perlu bingung untuk melakukan sesuatu yang akhirnya malah dapat membuang waktu tersebut secara sia-sia.

artikel terkait: manfaat kulit rambutanmanfaat mandi air panas


  1. Rutinitas Lebih Teratur

Terbiasa membuat jadwal harian akan menjadikan hidup dan rutinitas yang dijalani lebih teratur. Dengan adanya jadawal harian, akan mengetahui pekerjaan yang dialami dengan waktu yang telah ditentukan. Batas waktu tersebut akan membuat pemilik jadwal harian segera menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu yang dijadwalkan habis, karena setekahnya masih ada pekerjaan atau aktivitas lain yang juga harus dijalani. Kebiasaan tersebut akan mebuat hidup teratur dan membuat jadwal atau kegiatan harian lebih terkonsep dengan rapi.

artikel terkait: manfaat yoghurt untuk dietmanfaat olahraga back up

  1. Menciptakan Target Dalam Hidup

Membuat jadwal harian berarti membuat target yang harus tercapai pada waktu tertentu. Jam sekian melakukan apa dan harus diselesaikan atau dengan kata lain menargetkan pemiliki jadwal menyelesaikan kegiatan. Dengan adanya jadwal harian maka, setiap orang akan memiliki arahan yang juga menekan diri untuk menyelesaikan target apa yang hendak dicapai. Karena suatu kegiatan atau aktivitas harus selesai pada waktu yang telah ditargetkan.

artikel terkait: manfaat lulur kefirmanfaat sereh untuk diet

Membuat jadwal harian memang hal yang sepertinya sepele dan tidak memakana waktu yang lama. Tetapi memilki jadaw haruian akan membuat segala seuatunya lebih efektif. Dengan membuat jadwal harian maka, setiap kegiatan dapat dievaluasi mengenai tercapai atau tidaknya aktivitas yang telah dituliskan dengan kenyataan yang terjadi. Hal tersebut dapat melatih hidup agar lebih teratur dan tidak membuang waktu, sehingga semua yang dilakukan menjadi terarah.

,
Post Date: Tuesday 31st, January 2017 / 13:01 Oleh :
Kategori : Kebiasaan