14 Manfaat Perilaku Terpuji dalam Kehidupan Sosial

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti tidak akan terpisah dari bersosialisasi dengan orang lain. Dalam melakukan sosialisasi tersebut pastinya akan terdapat berbagai sifat yang unik dari masing-masing orang. dalam kehidupan bermasyarakat tentunya kita harus menanamkan sifat yang terpuji supaya bisa menjadi warga masyarakat yang baik. perilaku terpuji ini sangat penting dan harus dimiliki oleh semua orang karena dengan adanya perilaku terpuji ini tidak akan terjadi berbagai konflik di dalam masyarakat.

Macam-macam perilaku terpuji dan manfaatnya

Ada banyak jenis perilaku terpuji yang bisa anda terapkan. Dalam semua agamapun sangat dianjurkan untuk menanamkan perilaku terpuji. Lalu apa saja jenis perilaku terpuji dan manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Husnuzan

Huznuzan berasal dari bahasa arab yang memiliki arti “berbaik sangka”. Lawan dari huzunuzan ini adalah su’uzan atau berburuk sangka. Perilaku berbaik sangka ini sangat penting diterapkan meskipun dalam pelaksanaannya terkadang terasa sulit. Huznuzan merupakan cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal dengan pikiran yang senantiasa positif dan tidak terpikir hal yang buruk dari hal tersebut. Orang yang memiliki sifat perilaku terpuji ini selalu memiliki hati yang bersih dan menghindari membuat prasangka buruk terhadap apa yang belum diketahui kebenarannya.

artikel terkait: manfaat puasa 40 harimanfaat melaksanakan dhamma dan vinaya

Secara umum perilaku huznuzan ini terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Huznuzan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Perilaku terpuji huznuzan yang pertama adalah huznuzan kepada Allah SWT. Sifat ini terkadang diabaikan padahal penting karena sebagai hamba yang baik akan selalu memiliki prasangka yang baik atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita semua entah itu menurut kita baik atay buruk. Cara melakukan huznuzan kepada Tuhan YME ini dapat ditunjukan melalui sifat tawakal, ikhlas dan sabar dalam menghadapi kehidupan. Selain itu cara lainnya adalah:

  1. Senantiasa taat kepada Tuhan YME
  2. Selalu bersyukur apabila mendapatkan kenikmatan maupun cobaan
  3. Selalu bersabar dan ikhlas jika mendapatkan ujian kehidupan
  4. Selalu yakin bahwa apa yang telah diberikan Tuhan adalah yang terbaik dan segala yang kita rencanakan belum tentu baik di mata Tuhan.

artikel terkait: manfaat lukisanmanfaat tahi lalat

  • Huznuzan kepada diri sendiri

Huznuzan kepada diri sendiri memiliki kata lain yaitu percaya pada diri sendiri. Dengan memiliki prasangka yang baik pada diri sendiri dan membuat kita percaya pada kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh diri sendiri. Sifat huznuzan pada diri sendiri ini bisa ditunjukan dengan sikap yang gigi dan optimis. Sikap gigih berarti adalah sikap yang senantiasa teguh pada pendirian, ulet, tabah dan memiliki kemauan kuat serta selali berusaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangka sikap optimis berarti selalu memiliki harapan yang positif pada berbagai hal yang dihadapinya. Adapun manfaat dari sikap gigih dan optimis ini adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membantu membentuk pribadi yang tangguh
  2. Selalu menjadi orang yang teguh pendiriannya dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.
  3. Dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif
  4. Tidak mudah menyerah dan putus asa
  5. Selalu memiliki inisiatif atau selalu bisa menjadi pelopor dan pengambil langkah pertama yang berkaitan dengan hal produktif.

artikel terkait: manfaat kerodongmanfaat merangkai bunga

  • Huznuzan kepada orang lain

Huznuzan selanjutnya adalah huznuzan kepada orang lain dimana perilaku ini selalu ditunjukkan dengan adanya prasangka baik terhadap sesame manusia dan tidak saling bermusuhan. Ini juga termasuk menghindarkan sifat iri, dengki dan curiga pada orang lain. Manfaat dari sikap huznuzan kepada orang lain adalah sebagai berikut ini:

  1. Menjadikan hubungan persahabatan menjadi lebih baik dan harmonis
  2. Menghindari rasa penyesalan yang kerap dialami dalam hubungan dengan orang lain
  3. Senantiasa ikut bahagia dan senang atas kebahagiaan yang dirasakan oleh orang lain

artikel terkait: manfaat ijazahmanfaat mempelajari ilmu pengetahuan

2. Optimis

Perilaku terpuji senajutnya adalah sikap optimis. Sikap ini meskipun tidak mudah dalam melakukannya namun harus selalu diupayakan. Dengan adanya sikap optimis ini akan memberikan banyak manfaat bagi anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bekerja pintar

Menurut penelitian seseorang yang memiliki sikap optimis akan membuat orang menjadi lebih cerdas saat bekerja, harus diingat ya bukan lebih keras karena biasanya ini akan terbalik. Rasa tidak optimis justru akan membuat produktivitas menurun, hubungan dengan rekan kerja memburuk dan lingkungan kerja menjadi tidak menyenangkan.

artikel terkait: manfaat kendaraan bermotor

  • Mampu mengelola stress

Dengan memiliki sikap optimis juga akan membuat orang mampu mengelola stress. Mungkin ada orang yang memiliki masalah besar dalam kehidupannya namun dia akan berusaha menutupi hal itu ketika dalam pekerjaan dan akan lebih mudah dalam mengelola stress atau tidak mengumbar emosi pada sembarang tempat. Orang ini akan senantiasa tersenyum dan tersenyum ini bisa menjadi salah satu cara untuk meredaka stress yang dirasakan.

artikel terkait: manfaat menuntut ilmu

  • Sebagai pendorong

Sikap optimis sangat bermanfaat bagi para pemipin utamanya karena apabila pemimpin tidak optimis lantas bagaimana dengan para bawahannya? Sikap optimis ini akan selalu dicontoh oleh bawahan dan menjadikan semangat kerja meningkat supaya bisa mencapai tujuan bersama dalam kelompok tersebut.

artikel terkait: manfaat menuntut ilmu

  • Membuat lebih sehat

Penelitian yang dilakukan di universitas Harvard, Amerika serikat menunjukkan bahwa orang yang memiliki sikap optimis dalam kehidupannya akan senantiasa lebih sehat bahkan pada usia hingga 60 tahun dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki sikap optimis. Jadi anda sebaiknya memiliki sifat optimis ya supaya anda bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

artikel terkait: manfaat pernapasan segitiga

  • Lebih tahan banting

Dalam kehidupan pasti akan selalu berdinamika misalnya seperti tidak punya uang, putus cinta, masalah pekerjaan, masalah rumah tangga dan lainnya. dengan memiliki sikap optimis ini anda akan menjadi pribadi yang lebih tahan banting dan senantias percaya bahwa semuanya akan menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

artikel terkait: manfaat erosi

Itulah dua macam-macam perilaku terpuji dan manfaatnya yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan perilaku terpuji tersebut.

Tentu saja ada banyak lagi perilaku terpuji di dunia ini seperti percaya diri, dinamis, suka menolong, senantiasa rajin menabung, berbakti kepada orang tua dan masih banyak lainnya. anda harus terbiasa menerapkan perilaku terpuji ini mulai dari rumah supaya bisa diterapkan dengan baik di lingkungan sosial anda lainnya.