Manfaat Berdirinya PBB Bagi Dunia

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi internasional yang didirikan di San Francisco pada tanggal 24 Oktober 1945. Organisasi yang dalam bahasa inggris disebut dengan United Nation (UN) ini dianggotai oleh hampir seluruh negara di dunia. Perserikatan ini kemudian melakukan sidang pertama kali di Church House, London pada tanggal 10 Januari 1946 dan dihadiri oleh 51 negara perwakilan.

artikel terkait:

Pertama kali didirikan markas PBB berada di San Francisco namun sejak tahun 1946 hingga sekarang kantor pusat PBB beralih ke New York. Sedangkan kantor utama PBB berada di Jenewa, Nairobi dan Wina. Organisasi yang dicetuskan oleh Franklin D. Roosevelt ini memiliki  komponen utama, yaitu Majelis Umum PBB, Dewan Keamanan PBB, Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Dewan Perwalian PBB, Sekretariat PBB dan Mahkaman Internasional.

Fungsi PBB

Sebagaimana sebuah lembaga internasional yang besar, PBB diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat internasional sesuai dengan fungsi organisasi yang perlu dijalankannya. Dengan kata lain, berdirinya PBB memberikan manfaat bagi anggotanya sesuai dengan fungsi-fungsi PBB. Adapun fungsi PBB bagi masyarakat internasional antara lain

  • Fungsi proteksi. PBB berusaha memberikan perlindungan kepada seluruh anggotanya
  • Fungsi integrasi. PBB merupakan wadah yang dapat membina persahabatan dan persaudaraan bangsa-bangsa
  • Fungsi sosialisasi. PBB dapat menjadi sarana untuk menyampaikan nilai-bilai dan norma kepada semua anggota
  • Fungsi pengendali konflik. Sebagai lembaga internasional, PBB diharapkan dapat mengendalikan konflik-konflik yang muncul diantara anggota agar tidak timbul ketegangan dan peperangan sesama anggota PBB
  • Fungsi kooperatif. PBB diharapkan mampu mendorong kerja sama di segala bidang antar bangsa di dunia
  • Fungsi negosiasi. PBB diharapkan dapat memfasilitasi perundingan-perundingan antarnegara untuk membentuk hukum, baik yang bersifat umum maupun khusus
  • Fungsi arbtirase. PBB hendaknya dapat menyelesaikan masalah hukum yang timbul sesame anggota PBB agar tidak menjadi masalah berkepanjangan yang mengganggu perdamaian dunia

artikel terkait: manfaat perdagangan internasionalmanfaat OKImanfaat pegadaian

Peran PBB bagi Indonesia

Sesuai dengan fungsi yang PBB upayakan kepada negara anggota, Indonesia pun mendapatkan beberapa manfaat dari PBB seperti yang terangkum dalam poin-poin berikut.

  1. Masa Kemerdekaan

Organisasi PBB membantu Indonesia dalam menyelesaikan pertikaian senjata dengan Belanda (1945-1950) dengan melakukan sidang oleh Dewan Keamanan PBB pada tanggal 24 Januari 1949 yang menghasilkan resolusi yang disetujui oleh semua anggota PBB. Beberapa hasil keputusan PBB pada masa kemerdekaan untuk Indonesia antara lain pengakuan kedaulatan Indonesia, pembentukan RIS, pembentukan Komisi Tiga Negara (KTN) dan United Nations Commitions for Indonesia (UNCI) yang dapat membantu Indonesia meperoleh kemerdekaanya dan mengahiri agresi militer dengan Belanda.

artikel terkait: manfaat pajak dan fungsinya bagi negaramanfaat perdagangan internasional

  1. Bidang Keamanan dan Perdamaian

Dalam bidang keamanan dan perdamaian, PBB membantu Indonesia dalam menyelesaikan masalah Irian Barat dan menyelesaikan pertikaian dengan Timor-Timur. Dalam menyelesaikan masalah Irian Barat, PBB mengajukan usul agar belanda menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia. Selain itu, PBB juga memiliki peran penting dalam perjanjian New York yang dapat mengantarkan penyerahan Irian Barat kepada Indonesia oleh Belanda.

artikel terkait: 9 manfaat neraca pembayaran14 manfaat imunisasi berdasarkan jenisnya

  1. Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya

Dalam bidang ini, menurut Deputi Pendanan Luar Negeri Bappenas, PBB melalui lembaga yang dinaunginya bersama-sama membantu Indonesia. Salah satunya adalah dalam program pembangunan di kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Sepuluh lembaga naungan PBB tersebut yaitu UNDP, FAO, ILO, UNESCO, UNFPA, UNICEF, UNIDO, UNV, WFP dan WHO. Selain itu PBB juga membantu pemugaran candi Borobudur di Yogyakarta.

artikel terkait: manfaat devisamanfaat pendidikan pancasila

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share yaa :9