11 Manfaat Olahraga Sore untuk Kesehatan

Olahraga banyak dilakukan di pagi ataupun sore hari. Sore hari biasanya dipilih karena waktunya yang memang luang dan dapat digunakan untuk berolahraga. Siswa yang pulang dari belajar atau pekerja yang baru pulang dari bekerja dapat memanfaatkan waktu sore hari tersebut untuk berolahraga. Olahraga yang dilakukan pada sore hari bisa bermacam-macam sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Beberapa jenis olahraga yang sering dilakukan pada sore hari yaitu:

  • Lari atau jogging

Suasana sore hari yang tidak terlalu panas biasanya sering dimanfaatkan untuk olahraga lari atau jogging. Olahraga ini bisa dilakukan di sekitar rumah atau di tempat umum seperti stadion dan alun-alun. Melakukan olahraga lari ini bisa dilakukan sendirian ataupun bersama-sama. Gunakan pakaian olahraga yang nyaman saat melakukan olahraga ini. Pemandangan sore hari yang indah bisa menambah semangat saat melakukan olahraga di luar ruangan.

  • Bela diri

Olahraga bela diri di sore hari banyak dilakukan oleh siswa setelah pulang sekolah. Biasanya ini termasuk dalam kegiatan ekstra kulikuler mereka. Olahraga bela diri dapat dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan, bisa di lingkungan sekolah ataupun di luar sekolah. Orang dewasa juga banyak yang baru mulai belajar bela diri. Mereka biasanya ikut ke organisasi bela diri atau klub bela diri untuk belajar di sana. Jenis olahraga bela diri yang bisa diikuti juga beragam misalnya karate, taekwondo, jiu jitsu, pencak silat, dan lain-lain

  • Olahraga bola

Olahraga bola seperti tenis, basket, dan futsal merupakan olahraga yang yang juga sering dilakukan pada sore hari. Olahraga tersebut bisa dilakukan oleh semua usia dan dapat dilakukan secara serius atau santai saja. Bermain basket bisa dilakukan sendirian atau bersama dengan orang lain. Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dan bermain bersama teman-teman.

  • Olahraga air

Olahraga air seperti berenang dan mendayung juga cocok dilakukan pada sore hari. Jika memiliki kolam renang sendiri di rumah maka bisa menggunakannya untuk berenang pada sore hari. Bisa juga dengan mengunjungi kolam renang umum , sungai, atau pantai guna melakukan olahraga air pada sore hari.

Jadi hampir semua jenis olahraga dapat dilakukan pada sore hari. Kita bisa memilih olahraga mana yang lebih kita sukai. Setiap orang memiliki pilihan yang berbeda dalam berolahraga jadi tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Melakukan olahraga sore memiliki beberapa manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Saat sore hari suasana juga cukup santai karena pekerjaan telah selesai dilakukan. Beberapa manfaat melakukan olahraga sore yaitu:

1. Menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan tubuh dapat diperoleh dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat bisa dilakukan salah satunya dengan berolahraga. Olahraga tersebut dapat dilakukan pada sore hari dengan berbagai jenis olahraga yang bisa dipilih. Manfaat dari setiap jenis olahraga mungkin berbeda-beda namun secara umum akan membuat  tubuh lebih sehat dan melatih otot-otot tubuh untuk lebih kuat. Apakah itu olahraga berenang atau berlari, otot-otot tubuh akan bergerak dan terlatih selama beberapa waktu.

Untuk menguatkan sistem imun tubuh juga diperoleh dari :

2. Menjaga kebugaran tubuh

Melakukan olahraga jogging membuat tubuh kita menjadi bugar. Mungkin saat kita melakukannya pertama kali maka yang kita rasakan kadang rasa lelah. Namun jika rutin melakukannya maka kita akan mendapatkan manfaat yang berkelanjutan.

3. Memperkuat otot

Saat melakukan olahraga jogging maka otot kaki akan paling banyak bergerak. Tangan dan bagian lainnya juga akan mengikuti gerakan dari kaki. Aktivitas tersebut bisa bermanfaat untuk memperkuat otot. Otot yang terbiasa bergerak akan berbeda dengan otot yang tidak sering digunakan untuk bergerak.

4. Mengatasi kegemukan

Melakukan olahraga jogging akan mampu membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat mengatasi kegemukan. Tentu saja kegemukan baru bisa diatasi dengan baik jika melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan.

5. Menjaga kesehatan jantung

Melakukan olahraga jogging di sore hari bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selama berolahraga jantung akan terlatih secara aktif.

Untuk memperoleh kesehatan jantung lainnya, diperoleh dari :

6. Menguatkan tulang

Selain memperkuat otot, kebiasaan jogging di sore hari dapat menguatkan tulang. Gerakan-gerakan jogging yang melibatkan tulang dan otot tubuh ini dapat memperkuat tubuh secara keseluruhan jika dilakukan dengan baik.

7. Memperlancar peredaran darah

Peredaran darah yang lancar juga bisa didapat dengan melakukan olahraga jogging pada sore hari. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh sehat dan organ-organ di dalamnya dapat bekerja dengan lebih baik.

8. Menjernihkan pikiran

Selain kesehatan fisik, jogging yang dilakukan di sore hari mampu menjernihkan pikiran. Jika ingin kita bisa memilih tempat jogging dengan pemandangan yang indah, misalnya di daerah perbukitan atau taman kota. Jadi saat melakukan jogging, mata kita juga ikut berekreasi menikmati pemandangan yang indah. Pikiran akan lebih jernih dan melupakan berbagai permasalahan.

9. Meredakan stress

Sore hari adalah waktu kita selesai belajar dan bekerja. Jadi setelah itu kita bisa mengalihkan kegiatan kita dengan hal yang kita sukai, salah satunya dengan berolahraga. Melakukan olahraga dapat membuat kita melupakan permasalahan yang sedang kita hadapi. Dengan berolahraga kita bisa fokus pada kegiatan olahraga tersebut. Apalagi jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang disukai. Kita akan merasa senang saat melakukannya dan tidak memikirkan persoalan berat yang dihadapi hari tersebut.

10. Berkumpul bersama teman-teman

Olahraga yang dilakukan secara berkelompok membuat kita bisa menjalin kedekatan dengan teman-teman satu tim tersebut. Jadi jika ingin dapat bermain bersama-sama teman tapi menyehatkan maka bisa memilih jenis olahraga tim atau pertandingan, misalnya saja futsal, sepak bola, basket, badminton, dan lain-lain. Melakukan olahraga bersama teman-teman akan membuat waktu kebersamaan kita menjadi lebih berharga dan menyehatkan kedua belah pihak.

11. Sarana bersantai

Olahraga di sore hari bisa dijadikan sebagai sarana bersantai setelah seharian bekerja. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat apalagi jika tubuh masih kelelahan sehabis bekerja atau belajar. Jika digunakan sebagai sarana bersantai maka pilih jenis olahraga yang sesuai misalnya berjalan-jalan atau bersepeda.

Kegiatan bersantai lainnya, juga bisa dilakukan dengan :