12 Manfaat Lari Pagi Bagi Orang Kurus dan Proporsional

Ketika berbicara tentang lari pagi, maka hal pertama yang langsung terlintas adalah olahraga ini baik untuk menurunkan berat badan dan menyingkirkan lemak. Namun sebenarnya, kegunaan dari lari pagi melebihi kedua hal tersebut sebab sangat bermanfaat untuk tubuh secara menyeluruh baik fisik atau emosional selain banyak juga manfaat lari jarak jauh. Lari sudah menjadi jenis olahraga yang sering dilakukan seluruh orang di dunia karena tidak membutuhkan media atau peralatan yang banyak. Anda bisa berlari di sekitar rumah, pinggir jalan raya, lintasan, pantai dan dimana saja sehingga menjadi jenis olahraga favorit banyak orang. Memang banyak orang yang melakukan lari pagi ini untuk menguruskan badan, namun bukan berarti seseorang dengan berat badan proporsional atau kurus harus menghindari jenis olahraga ini. Agar lebih jelas, berikut akan kami berikan beberapa manfaat lari pagi bagi orang kurus yang penting untuk anda ketahui.

  1. Pencegahan Terhadap Osteoporosis

Tidak hanya orang berbadan gemuk atau obesitas yang rentan terhadap osteoporosis, namun orang kurus juga bisa terkena masalah tulang ini. Melakukan lari pagi dengan teratur namun tidak berlebihan sangat baik dilakukan untuk meningkatkan kepadatan tulang agar tidak mudah cedera khususnya mencegah osteoporosis yang termasuk dalam salah satu dari 20 manfaat lari pagi bagi kesehatan.

  1. Mengurangi Stress

Melakukan lari pagi bagi orang kurus juga baik dilakukan agar kadar stres bisa dikurangi. Berlari akan menghentikan pikiran terlalu berlebihan dan membuat tubuh serta pikiran anda menjadi lebih santai sebab lari pagi bisa secara langsung mengurangi aktivitas pada korteks frontal dan menjadi cara sehat untuk membebaskan diri dari stres sehingga bisa mengawali hari dengan lebih menyenangkan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Secara Menyeluruh

Lari pagi sebenarnya menjadi cara bagus untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dalam penelitian membuktikan jika lari pagi bisa meningkatkan kolesterol baik sekaligus meningkatkan kemampuan dan pemakaian dari paru paru. Selain itu, lari pagi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko pembekuan darah sehingga juga baik dilakukan bagi orang kurus.

  1. Mencegah Serangan Penyakit

Untuk para wanita, lari pagi baik itu pada orang gemuk atau kurus sama sama baik sebagai solusi kanker dan menurunkan risiko stroke. Banyak dokter yang sangat merekomendasikan lari pagi ini untuk para wanita karena bisa membantu arteri dalam mempertahankan elastisitas sekaligus menguatkan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Lari pagi sekitar 5 hingga 10 menit sudah cukup baik untuk menurunkan risiko kematian karena serangan jantung. Perlu diketahui jika serangan jantung atau gangguan jantung lainnya tidak hanya terjadi pada orang gemuk, namun juga harus diwaspadai untuk anda yang berbadan kurus. Setiap kali anda berlari, maka anda akan mengurangi detak jantung sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Stabilitas Sendi

Selain banyak manfaat lari bagi wanita, lari bisa meningkatkan kekuatan ligamen dan tendon yang juga penting untuk orang bertubuh kurus. Sendi akan lebih kuat menahan beban ketika rutin berlari sehingga anda bisa terhindar dari keseleo pada pergelangan kaki sehingga kurus bukan menjadi alasan untuk menghindari olahraga ini.

  1. Menjaga Organ Reproduksi

Seorang pria yang bertubuh kurus atau gemuk dan secara teratur melakukan lari pagi bisa meningkatkan kesehatan organ reproduksi mereka. Dengan melakukan olahraga sederhana ini, maka dorongan seks yang dihasilkan bisa lebih kuat sekaligus meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

  1. Meningkatkan Memori dan Kemampuan Belajar

Tidak hanya memberikan ketahanan tubuh lebih baik, namun manfaat lari pagi setiap hari juga bagus untuk meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Protein tunggal yang dinamakan dengan reseptor estrogen yang berhubungan dengan reseptor akan mengontrol pelepasan energi ke otot dan juga otak. Dengan ini, maka kualitas memori dan kemampuan belajar anda bisa semakin meningkat tidak peduli apakah anda bertubuh gemuk atau kurus.

  1. Meningkatkan Kualitas Pendengaran

Dari sebuah penelitian membuktikan jika lari pagi bisa meningkatkan aliran darah menuju ke telinga sehingga bisa meningkatkan pendengaran. Teknik pernapasan yang dilakukan selama berlari yang nantinya bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke pembuluh darah di telinga anda.

  1. Mengurangi Konstipasi dan Kembung

Lari pagi juga sangat baik untuk menurunkan risiko kanker usus. Selain itu, gejala seperti sindrom iritasi usus, konstipasi serta kembung juga bisa diturunkan sebab lari bisa menurunkan tingkat stres yang sangat berhubungan dengan beberapa penyakit sistem pencernaan tersebut.


  1. Meningkatkan Level Energi

Untuk anda yang menderita berbagai kondisi medis ataupun bertubuh sehat, lari pagi menjadi penambah sumber energi yang sangat baik dilakukan. Melakukan lari pagi secara teratur selama 6 minggu sudah bisa mengurangi dan mengatasi lelah lebih baik dibandingkan jenis olahraga lainnya. Lari pagi juga ampuh untuk melawan sindrom kelelahan kronis dibandingkan jenis perawatan lain seperti relaksasi, peregangan dan terapi pasif lain sehingga lari pagi menjadi bentuk olahraga yang bisa meningkatkan energi secara menyeluruh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jumlah stres oksidatif yang ada di dalam tubuh bisa berpengaruh pada kulit anda yang akhirnya menyebabkan kerusakan kulit sebab rusaknya struktur internal. Stres oksidatif tersebut umumnya terjadi ketika sumber antioksidan dalam tubuh tidak lagi bisa untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas secara menyeluruh. Lari pagi dengan teratur nantinya bisa membantu meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh sehingga bisa melindungi sel sekaligus melancarkan aliran darah yang akhirnya bisa dijadikan solusi kecantikan kulit dengan cara menunda penuaan pada kulit.

Begitu banyak manfaat lari pagi bagi orang kurus yang sudah kami jelaskan diatas membuktikan jika lari pagi bukan hanya sekedar olahraga untuk menurunkan berat badan namun juga bisa memberi dampak positif untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan kulit anda sehingga baik untuk dilakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga